🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Cara Jumper Aki Mobil Dengan Tepat

Cara Jumper Aki Mobil

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Cara jumper aki mobil ini cukup penting untuk Anda ketahui. Mungkin, sebagian pengendara yang masih awam pasti merasa sangat asing dengan cara jumper aki mobil dan tidak begitu memahami sebenarnya fungsi cara jumper aki mobil ini untuk apa. Setiap pengendara pasti pernah mengalami suatu kejadian di mana mobil tidak bisa distarter secara tiba tiba. Ketika Anda mengalami kejadian seperti ini, kemungkinan besar aki pada mobil Anda sudah soak atau bisa jadi masa pemakaian mobil Anda sudah habis, kalau Anda mengalami hal seperti ini maka mau tidak mau solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan jumper aki mobil, oleh karena itu mengetahui cara jumper aki mobil bagi pengendara mobil cukup penting.

Cara Jumper Aki Mobil Dengan Tepat

Cara Jumper Aki Mobil

Untuk melakukan cara jumper aki mobil ini Anda harus memastikan bahwa Anda menyimpan seperangkat kabel jumper aki mobil di dalam mobil Anda. Memang Anda sebaiknya menyimpan jumper aki mobil ini di dalam mobil agar sewaktu waktu Anda berada disuatu tempat dan terjadi masalah saat starter mobil Anda bisa langsung menggunakan jumper aki mobil ini. Akan tetapi, saat Anda ingin melakukan jumper aki ini Anda harus mencari mobil normal yang kondisi akinya dalam keadaan yang baik, hal ini sangat penting karena bagaimana pun Anda membutuhkan bantuan transfer dari aki mobil milik orang lain untuk membantu menyalakan kembali mesin mobil Anda.

Sebenarnya saat melakukan transfer aki mobil ini bisa dilakukan pada mobil dengan tipe apa saja, tetapi sangat disarankan kepada Anda untuk melakukan transfer aki dengan mobil yang memiliki tipe yang sama dengan mobil Anda, hal ini karena mobil dengan tipe yang sama sudah pasti memiliki voltase aki yang sama dengan mobil Anda yang biasanya 12V.

Oleh karena itu, penting bagi para pemilik mobil untuk mengetahui cara jumper aki mobil sebagai antisipasi apalagi kalau Anda sedang melakukan perjalanan jauh di mana keberadaan bengkel mobil biasanya cukup sulit untuk Anda temukan. Memang selain bisa  sendiri, kalau terjadi masalah pada aki mobil yang membuat mobil Anda susah untuk distarter, Anda bisa membawa aki mobil Anda ke bengkel mobil. Salah satu bengkel mobil yang menyediakan fasilitas jumper aki adalah bengkel dokter mobil.

Dibaca Juga: Selain Aki, 5 Komponen Penyebab Mobil Tidak Bisa Hidup Sama Sekali

Di bengkel dokter mobil ini memang menyediakan fasilitas yang sangat lengkap seperti Anda bisa melakukan tune up mobil, jumper aki, sekalian melakukan service mobil pun juga bisa Anda lakukan disini, dan lain sebagainya. Memang bengkel dokter mobil ini telah menjadi rekomendasi terbaik dari review para pengguna mobil yang lain, mulai dari pelayanan yang baik, fasilitas yang lengkap dan memadai, mekanik yang handal dan sudah berpengalaman, hingga Anda bisa melakukan general check up mobil secara gratis menjadi nilai tambah untuk bengkel dokter mobil maka dari itu jika Anda masih bingung dengan cara jumper aki mobil Anda bisa mencoba untuk pergi ke bengkel dokter mobil.

Cara jumper aki mobil secara tepat yang harus Anda lakukan

Seperti yang Anda sudah baca dan pahami, jumper aki ini bertujuan untuk memancing aki mobil Anda yang sudah soal agar bisa kembali berfungsi dan untuk melakukan jumper aki ini Anda membutuhkan aki dari mobil lain sebagai donor untuk aki Anda yang sudah soak.

Tetapi, sebenarnya donor aki untuk aki mobil Anda yang sudah rusak ini bisa berasal dari aki mobil orang lain yang memiliki tipe yang sama dengan mobil Anda maupun dari aki yang memang sedang tidak digunakan tapi memang memiliki kondisi yang baik. Lalu, bagaimana cara jumper aki mobil itu sendiri, pasti beberapa pengendara mobil ada yang belum mengerti bagaimana cara jumper aki yang benar. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena berikut merupakan cara jumper aki, yaitu:

Mempersiapkan peralatan untuk melakukan jumper aki

Peralatan dari jumper aki ini tidak banyak, Anda hanya membutuhkan aki dari mobil lain yang memiliki tipe yang sama dengan mobil Anda agar memiliki voltase yang sama dengan mobil Anda dan pastikan bahwa aki mobil tersebut masih dalam kondisi yang baik serta kabel jumper.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Mengatur posisi mobil

Saat Anda akan melakukan jumper, pastikan bahwa mobil Anda sudah dalam posisi diam. Kalau mobil Anda merupakan mobil manual, posisikan mobil Anda dalam keadaan netral. Sementara kalau mobil Anda merupakan mobil otomatis, posisikan mobil pada posisi P atau parkir. Setelah itu, jangan lupa untuk posisikan rem mobil Anda supaya mobil Anda tetap dalam posisi.

Menghubungkan kedua aki dengan kabel jumper

Ketika akan menghubungkan kedua aki mobil dengan jumper. Ketika melakukan hal ini Anda harus hati hati karena Anda harus memahami secara pasti di mana kutub positif yang ditandai dengan ‘+’ dan kutub negatif yang di tandai dengan simbol ‘-‘ pada aki mobil. Kutub positif harus dihubungkan ke kutub yang positif begitupun juga sebaliknya sebaliknya, kabel kutub negatif harus dihubungkan ke kabel dengan kutub negatif jangan sampai kedua kutub ini dihubungkan pada aliran kutub yang berbeda karena bisa sangat membahayakan Anda.

Setelah itu kabel sudah terhubung secara tepat, hidupkan mesin mobil dari yang akan mendonorkan aki kepada mobil Anda lalu setelah itu Anda bisa menghidupkan mesin mobil milik Anda.

Ketika mobil sudah menyala, Hidupkan mobil untuk beberapa saat sembari menunggu aliran arus aki donor mencapai aki mobil yang sudah soak, kalau Anda melihat aki yang sudah soak telah hidup kembali Anda dapat mengakhiri proses pendonoran aki tersebut.

Setelah proses transfer aki sudah selesai, lepaskan lah kabel jumper. Untuk melepas kabel jumper ini tidak bisa Anda lakukan secara sembarangan, Anda harus berhati hati dan lepaskan lah kabel jumper satu persatu. Pertama, lepaskan terlebih dahulu kabel kutub negatif yang terhubung pada aki yang rusak terlebih dahulu, setelah itu lepas kabel negatif yang terhubung pada aki mobil donor. Kemudian saat kabel kutub negatif sudah lepas lanjutkan pada kabel kutub positif, lepaskan kabel kutub positif pada aki yang rusak lalu setelahnya lepaskan kabel kutub positif dari aki mobil donor.

Demikianlah ulasan mengenai cara jumper aki mobil secara tepat untuk para pengendara mobil yang masih awam sehingga tidak begitu memahami bagaimana cara jumper aki mobil. Tetapi, kalau Anda masih belum mengerti bagaimana caranya atau mungkin ragu untuk melakukannya, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa meminta bantuan dari bengkel mobil salah satunya adalah bengkel dokter mobil yang memang miliki fasilitas yang lengkap.

Anda bisa memperbaiki aki mobil Anda atau sekaligus ingin mengecek kondisi mobil Anda secara gratis disini pun bisa. Jika Anda tertarik dan ingin tahu lebih banyak, Anda bisa mengujungi website resmi bengkel mobil terdekat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5134

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.