📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

10 Penyebab Evaporator AC Mobil Rusak yang Wajib Diketahui!

penyebab evaporator AC rusak

Apakah Anda pernah mengalami masalah sistem pendingin mobil terkait penyebab evaporator AC rusak? Salah satu masalah yang sering terjadi adalah rusaknya evaporator AC.

Doktermobil.com akan membahas secara rinci tentang penyebab evaporator AC rusak dan memberikan informasi penting mengenai permasalahan tersebut.

Penyebab Evaporator AC Rusak

1. Penyumbatan oleh Kotoran dan Debu

Salah satu penyebab evaporator AC rusak adalah akumulasi kotoran dan debu di dalamnya. Partikel-partikel ini dapat menyumbat aliran udara, menyebabkan penurunan performa pendinginan, dan menyebabkan AC bekerja lebih keras dari biasanya.

Akumulasi kotoran dan debu ini biasanya terjadi karena filter AC yang kotor atau tidak diganti secara berkala.

2. Kekurangan Refrigeran

Refrigeran berperan penting dalam proses pendinginan di dalam evaporator AC. Jika terjadi kebocoran pada sistem pendingin atau terjadi kekurangan refrigeran, maka evaporator AC tidak akan berfungsi dengan baik.

Kekurangan refrigeran dapat menyebabkan evaporator tidak dingin atau bahkan berhenti bekerja sama sekali.

3. Permasalahan pada Kompresor

Kompresor merupakan komponen penting dalam sistem pendinginan AC mobil. Jika kompresor mengalami kerusakan atau kebocoran, maka tekanan pada sistem akan terganggu dan menjadi penyebab evaporator AC rusak.

Permasalahan pada kompresor juga dapat menyebabkan suara berisik ketika AC dihidupkan.

4. Sistem Bocor

Keberhasilan pendinginan di dalam evaporator AC juga tergantung pada keutuhan sistemnya. Jika terdapat kebocoran pada sistem, baik itu pada selang maupun komponen lainnya, maka sistem pendinginan tidak akan berfungsi secara optimal.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Sistem yang bocor juga bisa menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada komponen AC lainnya.

5. Penggunaan AC yang Tidak Tepat

Penggunaan AC yang tidak tepat juga dapat menyebabkan kerusakan pada evaporator.

Beberapa kebiasaan yang harus dihindari adalah menyalakan AC dengan kecepatan blower penuh segera setelah mobil dinyalakan, menutup ventilasi secara keseluruhan, atau menggunakan AC pada suhu terlalu rendah.

Hal-hal tersebut dapat menyebabkan tekanan berlebih pada sistem pendinginan.

6. Kualitas Refrigeran yang Buruk

Penggunaan refrigeran berkualitas rendah atau tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan juga dapat menyebabkan kerusakan pada evaporator AC.

Penggunaan refrigeran yang buruk dapat merusak komponen dalam evaporator dan menyebabkan performa pendinginan menurun.

7. Umur Evaporator yang Sudah Lama

Seperti halnya komponen lainnya, evaporator juga memiliki batas umur. Penggunaan yang intensif dan tidak adanya perawatan yang tepat dapat mempercepat usia kerja evaporator.

Jika AC mobil sudah cukup tua dan sering mengalami masalah, kemungkinan besar evaporator perlu diganti.

8. Kondisi Lingkungan

Kondisi lingkungan juga dapat mempengaruhi kinerja evaporator AC. Pada daerah yang berdebu atau berpolusi tinggi, risiko kotoran masuk ke dalam sistem AC lebih tinggi.

Selain itu, jika mobil sering terkena air hujan atau banjir, air yang masuk ke dalam sistem AC dapat menyebabkan kerusakan.

9. Kurangnya Perawatan Berkala

Perawatan berkala dan rutin sangat penting untuk menjaga kinerja dan daya tahan evaporator AC. Jika AC tidak pernah diperiksa atau dirawat, maka risiko kerusakan meningkat.

Pastikan untuk selalu melakukan perawatan secara berkala di bengkel terbaik di Dokter Mobil.

10. Masalah pada Sistem Elektrikal

Sistem elektrikal yang bermasalah juga dapat menyebabkan kerusakan pada evaporator AC. Pastikan semua komponen elektrikal terhubung dengan baik dan tidak mengalami gangguan untuk menjaga kinerja sistem pendinginan.

FAQ

1. Berapa biaya yang diperlukan untuk mengganti evaporator AC?

Biaya penggantian evaporator AC dapat bervariasi tergantung pada merek dan model mobil Anda, serta tingkat kerusakan yang terjadi. Sebaiknya konsultasikan masalah AC mobil Anda dengan teknisi di bengkel terdekat untuk mendapatkan perkiraan biaya yang lebih akurat.

2. Apakah kerusakan pada evaporator bisa diatasi sendiri?

Kerusakan pada evaporator AC umumnya memerlukan penanganan oleh teknisi yang berpengalaman. Sistem pendinginan mobil bersifat kompleks dan perlu pengetahuan khusus untuk memperbaikinya. Jika Anda tidak berpengalaman, sebaiknya hindari mencoba memperbaiki sendiri untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

mobil toyota mewah murah

Deretan Mobil Toyota Mewah Murah Meriah

Toyota telah lama dikenal sebagai produsen mobil terkemuka di dunia. Keunggulan kualitas dan ketahanan mobil Toyota mewah murah telah terbukti selama bertahun-tahun. Mobil Toyota Mewah

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form