📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Apa Saja Penyebab Kompresor AC Mobil Berat? Berikut Pemaparannya

penyebab kompresor ac mobil berat

Apakah Anda pernah mengalami masalah dengan kompresor AC mobil Anda? Jika ya, Anda tidak sendirian. Penyebab kompresor AC mobil berat adalah masalah umum yang dihadapi oleh banyak pemilik kendaraan.

Penyebab Kompresor AC Mobil Berat

1. Kualitas Kompresor yang Buruk

Salah satu penyebab kompresor AC mobil berat adalah kualitas kompresor yang buruk. Kompresor yang kurang berkualitas cenderung bekerja lebih keras untuk mencapai pendinginan yang optimal.

Seiring waktu, beban kerja berat ini dapat menyebabkan kompresor menjadi berat dan berdampak negatif pada kinerjanya.

Untuk menghindari masalah ini, pastikan Anda selalu menggunakan kompresor AC mobil berkualitas tinggi.

2. Kebocoran Refrigeran

Kebocoran refrigeran juga dapat menyebabkan masalah pada kompresor AC mobil. Refrigeran adalah zat yang bertanggung jawab untuk pendinginan udara dalam sistem AC.

Jika terjadi kebocoran, tekanan dalam sistem akan berkurang, dan kompresor harus bekerja lebih keras untuk mencapai pendinginan yang diinginkan.

Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan beban kerja berat pada kompresor dan akhirnya merusaknya.

3. Kotoran dan Debu yang Menumpuk

Kotoran dan debu yang menumpuk di sekitar kompresor AC juga dapat menjadi penyebab kompresor menjadi berat. Lapisan kotoran yang tebal dapat menghambat aliran udara dan mengganggu kinerja kompresor.

Pastikan untuk secara rutin membersihkan area sekitar kompresor AC mobil Anda untuk mencegah masalah ini.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

4. Kelebihan Beban

Ketika kompresor AC mobil terlalu banyak menghadapi beban, misalnya saat digunakan dalam kondisi cuaca yang sangat panas, kompresor dapat menjadi berat.

Kelebihan beban dapat menyebabkan kompresor bekerja di luar batas kemampuannya, yang akhirnya menyebabkan kerusakan.

5. Kurangnya Pelumasan

Pelumasan yang tidak memadai pada kompresor AC mobil juga bisa menjadi pemicu masalah beratnya kompresor.

Pelumasan yang cukup penting untuk memastikan bahwa bagian-bagian kompresor tetap bergerak dengan lancar dan beban kerja tidak menjadi berlebihan.

6. Umur Kompresor yang Sudah Tua

Seperti halnya bagian mesin lainnya, kompresor AC mobil juga memiliki batas usia. Jika kompresor sudah tua dan telah mencapai masa pakainya, kemungkinan besar akan muncul masalah beratnya kompresor.

Dalam hal ini, Anda perlu mempertimbangkan untuk mengganti kompresor dengan yang baru.

7. Gangguan Elektrik

Gangguan pada sistem elektrik mobil juga bisa menyebabkan kompresor AC menjadi berat. Pastikan sistem elektrik mobil Anda berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah yang dapat mempengaruhi kinerja kompresor.

8. Overcooling

Meskipun mungkin terdengar aneh, overcooling atau pendinginan berlebihan juga dapat menyebabkan masalah beratnya kompresor.

Suhu yang terlalu rendah dapat membebani kompresor dan menyebabkan kerusakan pada bagian-bagiannya.

9. Penyumbatan pada Saluran Udara

Penyumbatan pada saluran udara juga termasuk penyebab umum masalah beratnya kompresor AC mobil. Pastikan saluran udara dalam sistem AC bebas dari hambatan dan selalu dalam kondisi bersih.

10. Pemasangan yang Tidak Tepat

Terakhir, pemasangan yang tidak tepat atau kurang baik pada sistem AC mobil dapat menyebabkan masalah beratnya kompresor. Pastikan pemasangan dilakukan dengan benar dan oleh mekanik yang terpercaya.

FAQ

1. Apa yang menyebabkan kompresor AC mobil menjadi berat?

Beberapa penyebab umum kompresor AC mobil menjadi berat meliputi kualitas kompresor yang buruk, kebocoran refrigeran, kotoran dan debu yang menumpuk, kelebihan beban, kurangnya pelumasan, umur kompresor yang sudah tua, gangguan elektrik, overcooling, penyumbatan pada saluran udara, dan pemasangan yang tidak tepat.

2. Bagaimana cara mengatasi masalah beratnya kompresor AC mobil?

Anda dapat mengatasi masalah beratnya kompresor AC mobil dengan menggunakan kompresor berkualitas tinggi, memperbaiki kebocoran refrigeran, membersihkan area sekitar kompresor, menghindari beban berlebihan, melakukan pelumasan secara rutin, mengganti kompresor yang sudah tua, memperbaiki gangguan elektrik, menghindari overcooling, dan memastikan saluran udara bebas dari penyumbatan.

3. Berapa umur rata-rata kompresor AC mobil?

Umur rata-rata kompresor AC mobil dapat bervariasi tergantung pada penggunaan dan perawatan. Namun, secara umum, kompresor AC mobil bisa bertahan antara 8 hingga 15 tahun.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

manfaat oli kompresor ac mobil

Manfaat Oli Kompresor AC Mobil

Ketika musim panas tiba, udara sejuk dari AC mobil menjadi penyelamat bagi perjalanan yang nyaman. Tapi tahukah Kamu bahwa di balik kemampuan ini ada komponen

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form