📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Tips Mengisi Bahan Bakar di Pom Bensin Terdekat

mengisi bahan bakar di pom bensin terdekat

Untuk mengisi bahan bakar, orang-orang tentu harus mengunjungi pom bensin terdekat. Seperti yang kita ketahui, pom bensin terdekat umumnya tidak hanya menyediakan satu jenis bahan bakar saja.

Melainkan beberapa jenis bahan bakar yang dibedakan menjadi bensin dan solar serta berdasarkan kadar nilai oktan.

Untuk lebih memahami kiat-kiat penting saat mengisi bahan bakar di pom bensin terdekat, berikut ini tips mengisi bahan bakar di pom bensin terdekat.

Tips Hemat dalam Mengisi Bahan Bakar di Pom Bensin Terdekat

tips mengisi bahan bakar di pom bensin terdekat

Baru-baru ini harga bahan bakar di pom bensin terdekat sempat mengalami kenaikan sehingga menyebabkan kekhawatiran.

Namun Anda sudah tidak perlu khawatir, berikut telah kami rangkum ragam tips agar Anda dapat lebih hemat ketika mengisi bahan bakar di pom bensin terdekat.

  1. Isi Tangki Anda di Pagi Hari

Semua pom bensin terdekat menyimpan bensin mereka di tangki bawah tanah.  Seperti halnya semua materi kimiawi, bensin juga akam memuai saat dipanaskan dan menjadi lebih padat saat dingin.

Oleh karena itu, jika Anda membeli bensin di sore atau malam hari setelah matahari menghangatkan tanah, Anda akan mendapatkan lebih sedikit bensin di galon Anda daripada jika Anda mengisi bahan bakar pagi itu, ketika suhu tanah masih rendah.

  1. Isi Perlahan

Meskipun mengisi bensin di pom bensin terdekat mungkin bukan aktivitas favorit Anda, mencoba mempercepat proses sebenarnya dapat mengurangi efisiensi bensim Anda.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Menerapkan tekanan ke nosel bensin untuk mengisi tangki Anda secepat mungkin mengubah sebagian bensin menjadi uap.

Semua selang pompa dilengkapi dengan fitur pengembalian uap yang menyedot uap kembali ke tangki penampung.

Itu berarti Anda dikenakan biaya untuk bensin yang keluar, menguap, dan tidak pernah benar-benar masuk ke mobil Anda, artinya Anda mendapatkan lebih sedikit bensin daripada yang Anda bayarkan di pom bensin terdekat ini.

  1. Jangan Tunggu Sampai Bensin Habis Sebelum Mengisi di Pom Bensin Terdekat

Bensin mulai menguap ketika bersentuhan dengan udara, itulah sebabnya tangki penyimpanan bensin memiliki atap terapung yang berfungsi sebagai jarak bebas antara bensin dan atmosfer.

Berkendara dengan tangki yang hampir kosong membuat sisa bensin lebih cepat menguap.  Isi tangki Anda setiap kali bensinnya turun di bawah setengah  untuk efisiensi bahan bakar yang optimal.

  1. Tetap di Batas Kecepatan

Efisiensi bahan bakar biasanya menurun dengan cepat di atas 80 km per jam.  Menurut penelitian, semakin tinggi kecepatan berkendara (melebihi 80 km per jam), maka efisiensi bahan bakar kendaraan akan menurun.

  1. Jaga Ban Anda Terisi Angin

Tekanan ban yang rendah meningkatkan rolling resistance. Penelitian memperkirakan bahwa ban yang dipompa dengan benar dapat meningkatkan jarak tempuh hingga 3,3%, sedangkan ban yang kurang angin dapat mengurangi jarak tempuh bahan bakar hingga 0,3% untuk setiap penurunan tekanan 1 psi.

Oleh karena itu sangat penting untuk memeriksa tekanan ban Anda ketika suhu turun.  Para ahli menyarankan bahwa ban bisa kehilangan 1-2 pon tekanan udara untuk setiap penurunan suhu 10 derajat.

  1. Berkendara Secara Stabil

Hindari akselerasi dan pengereman yang keras bila memungkinkan.  Dalam pengujian, ledakan akselerasi dan pengereman yang sering mengurangi jarak tempuh kendaraanblama sebesar 2 hingga 3 mpg.

Setelah mencapai kecepatan, pertahankan kecepatan tetap.  Semakin keras Anda berakselerasi, semakin banyak bahan bakar yang Anda gunakan.

Pengereman yang tidak perlu membuang bahan bakar yang Anda gunakan untuk mempercepat.  Berkendara dengan lancar dan mengantisipasi pergerakan lalu lintas.  Akselerasi halus, menikung, dan pengereman juga memperpanjang umur mesin, transmisi, rem, dan ban.

Memahami Nilai Oktan, yang Perlu Diperhatikan Saat Mengisi Bensin

Bertentangan dengan kepercayaan banyak orang, bensin dengan nilai oktan yang lebih tinggi bukan berarti mengandung lebih banyak energi untuk menjalankan mobil Anda. Bensin umumnya dinilai dan dikategorikan berdasarkan nilai oktan.

Kategori Nilai Oktan pada BBM
Oktan Reguler pada Bahan Bakar Minyak Oktan 87
Oktan Mid-grade pada Bahan Bakar Minyak Oktan 89
Oktan Kelas Tinggi pada Bahan Bakar Minyak Oktan 91 dan Oktan 93

Peringkat oktan menunjukkan ketahanan bensin terhadap proses pre-ignition atau pra-penyalaan.

Inilah cara kerja dari proses pre-ignition. Pertama-tama, mesin mobil akan memampatkan campuran bahan bakar dan udara dan menyalakannya dengan percikan api.

Salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak tenaga dari mesin adalah dengan meningkatkan kompresi campuran bahan bakar-udara sebelum membakarnya, tetapi rasio kompresi yang lebih tinggi ini dapat menyebabkan bahan bakar menyala sebelum waktunya, maka disebut pre-ignition.

Proses ini juga dikenal sebagai “knock” karena menghasilkan suara ketukan yang lembut.

Bensin dengan oktan yang lebih tinggi akan lebih tahan terhadap proses pre-ignition. Itulah sebabnya mobil mewah atau sport yang memiliki mesin kompresi tinggi umumnya membutuhkan bensin berkualitas tinggi dengan nilai oktan 90 ke atas.

Beberapa dekade yang lalu, proses pre-ignition dapat menyebabkan kerusakan mesin internal yang serius dan mahal.

Mesin modern memiliki sensor ketukan yang mendeteksi kesalahan pada pre-ignition dan mengkalibrasi ulang mesin dengan cepat untuk menghindarinya.

Proses pre-ignition yang tidak sempurna masih buruk untuk mesin kendaraan Anda, tetapi kini dengan mesin kendaraan yang lebih modern, kecil kemungkinannya untuk terjadi.

Baca Juga: Nilai Oktan, Hal yang Perlu Diperhatikan dari Bahan Bakar

Menggunakan Bensin dengan Oktan yang Terlalu Rendah atau Terlalu Tinggi

Apabila Anda memiliki mobil kelas menengah atau kelas atas namun masih menggunakan bensin dengan nilai oktan yang terlalu rendah dibandingkan dengan nilai yang dianjurkan di pom bensin terdekat.

Maka mesin kendaraan Anda akan menghasilkan tenaga yang sedikit lebih sedikit dan mendapatkan jarak tempuh yang lebih rendah.

Meskipun jarang ditemukan, namun kerusakan mesin akibat penggunaan bensin dengan nilai oktan yang terlalu rendah masih mungkin terjadi.

Sebaliknya apabila Anda memiliki kendaraan yang cocok dengan bensin reguler tetapi Anda memilih untuk menggunakan bensin dengan nilai oktan terlalu tinggi, maka Anda hanya akan membuang-buang uang.

Banyak orang yang mengatakan bahwa bensin dengan nilai oktan yang tinggi memiliki kandungan zat aditif tertentu.

Pada kenyataannya, semua bensin mengandung zat khusus untuk membantu menjaga sistem bahan bakar Anda tetap bersih.

Sebenarnya, mengisi bensin di pom bensin terdekat dengan nilai oktan yang tinggi pada mobil kelas reguler atau rendah tidak ada salahnya. Bahkan, hal ini dapat meningkatkan akselerasi mobil.

Cara Mengetahui Kebutuhan Mobil Anda

  • Jika petunjuk penggunaan mobil Anda mengatakan untuk menggunakan bensin oktan 87, maka Anda dapat mengikutinya. Pikirkan semua uang yang akan Anda hemat dengan membeli bensin dengan oktan yang sesuai. Tidak ada keuntungan untuk menggunakan bensin dengan nilai oktan yang terlalu tinggi pada kendaraan yang hanya membutuhkan bensin reguler.
  • Jika mobil Anda memiliki label yang mengatakan “diperlukan bahan bakar kelas tinggi”, maka Anda harus selalu membeli bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih tinggi. Sensor ketukan mobil Anda seharusnya dapat mencegah masalah, tetapi lebih baik tidak mengambil risiko.
  • Jika buku panduan mobil Anda mengatakan “disarankan bahan bakar premium”, Anda memiliki fleksibilitas. Anda dapat dengan aman menggunakan bensin reguler atau menengah, tetapi Anda akan mendapatkan kinerja yang lebih baik dan kemungkinan penghematan bahan bakar yang lebih baik, dengan bahan bakar premium.
  • Coba ketahui penghematan bahan bakar Anda dengan tingkat gas yang beragam. Caranya adalah dengan isi tangki dan setel ulang odometer perjalanan, jalankan kendaraan, lalu isi ulang dan bagi jumlah jarak (kilometer) yang Anda kendarai dengan jumlah liter bensin yang diperlukan untuk mengisi ulang. Hasilnya adalah kilometer per liter. Dari sana, cari tahu jenis bensin apa yang memberi Anda kinerja dan nilai ekonomis terbaik.

Menggunakan Bahan Bakar Premium di Mobil Tua

Jika mobil Anda benar-benar tua, seperti mobil klasik era 1970-an atau sebelumnya, maka Anda mungkin perlu menggunakan oktan 89 atau lebih baik, dan Anda harus mendengarkan ketukan pada proses pre-ignition.

Jika Anda mendengarnya, itu mungkin berarti mobil Anda perlu diservis atau dilakukan pemeriksaan, bukan bensin dengan nilai oktan yang lebih tinggi.

Jika mobil Anda dibuat sejak akhir 1980-an, gunakan bahan bakar apa pun yang direkomendasikan dalam buku manual.

Jika mobil berjalan dengan buruk, itu bisa menjadi tanda bahwa bahan bakar atau sistem pengapian perlu dibersihkan atau diservis.

Lebih baik menghabiskan uang untuk servis mesin di bengkel terpercaya daripada membeli bensin yang lebih mahal.

Ketinggian dan Gas Oktan Rendah

Jika Anda mengemudi di pegunungan, Anda akan sering menemukan pom bensin terdekat dengan bensin beroktan lebih rendah.

Sebenarnya ada penjelasan ilmiah di balik hal ini, yaitu karena densitas udara lebih rendah di ketinggian, yang memengaruhi cara bahan bakar terbakar di mesin.

Dalam situasi ini, pilihlah bensin Anda sesuai dengan berapa lama Anda akan tinggal dengan kiat-kiat berikut:

  • Jika Anda menghabiskan waktu seminggu, aman untuk mengisi bahan bakar yang sesuai dengan apa yang biasanya Anda gunakan, seperti reguler atau oktan tinggi.
  • Jika Anda hanya lewat saja, rencanakan untuk mengisi bahan bakar di pom bensin terdekat dengan ketinggian yang lebih rendah dan ikuti nomor oktan pada pompa.
  • Jika mobil Anda membutuhkan 87, gunakan 87 atau lebih tinggi. Jika mobil Anda membutuhkan bensin oktan tinggi, belilah bensin yang cukup untuk membawa Anda kembali ke ketinggian yang lebih rendah, lalu naikkan oktan 91 atau 93 setelah Anda mencapai ketinggian biasa.

Baca Juga: Nilai Oktan, Hal yang Perlu Diperhatikan dari Bahan Bakar

Opsi Mesin Diesel

Di Indonesia, sebagian besar pom bensin terdekat menyediakan beberapa jenis solar yang berbeda untuk mobil diesel, yaitu biosolar, dexlite, dan Pertamina Dex. Di sebagian besar pom bensin terdekat, pompa solar akan berwarna hijau.

Ingatlah selalu untuk tidak memasukkan bensin biasa ke dalam tangki bahan bakar kendaraan diesel. Hal ini terjadi karena mesin pada kendaraan diesel tidak akan bisa dijalankan dengan bensin dan perbaikannya cukup mahal.

Rekomendasi Cara Lain Agar Hemat Bahan Bakar di Pom Bensin Terdekat

Selain beberapa tips mengisi bahan bakar secara hemat di pom bensin terdekat, masih ada cara lain yang dapat Anda coba untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan Anda.

Anda pasti sudah bertanya-tanya, bagaimanakah caranya? Ternyata caranya cukup mudah, yakni dengan melakukan pengaturan ECU mobil melalui DOMO Remap di Dokter Mobil.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form