New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
mobil tidak bisa hidup sama sekali

Selain Aki, 5 Komponen Penyebab Mobil Tidak Bisa Hidup Sama Sekali

Saat dinyalakan dan mobil tidak bisa hidup sama sekali, biasanya pemilik mobil akan langsung menyalahkan aki. Kasus ini lumrah terjadi. Sebagai komponen sumber tenaga, aki kerap disalahkan atas kondisi tersebut. Akan tetapi aki bukan satu-satunya sumber masalah dan penanggung jawab utama. Masih ada beberapa komponen lain yang mampu membuat mobil tidak bisa.

Bila Aki bermasalah, pengguna mobil cenderung bertindak mendorong mobil lalu pengemudi menggerakkan persneling ke gigi dua. Tindakan ini dipercaya ampuh mengatasi kondisi mesin mobil yang tidak menyala karena aki.

Tapi bagaimana jika masalahnya bukan aki? Atau bagaimana jika mobil yang digunakan adalah mobil matic?

5 Komponen selain aki yang wajib diperiksa bila mobil tidak bisa hidup sama sekali

Ada beberapa komponen mobil yang memiliki kemampuan seperti aki dalam hal membuat mobil tidak bisa hidup sama sekali. Apa saja komponen terebut? Ini dia daftarnya:

  1. Busi

Komponen busi bisa jadi adalah komponen yang menyebabkan mesin mobil Anda tidak bisa hidup. Busi punya peran penting dalam proses starter mobil.

Saat busi kotor, jumlah bunga api yang diperlukan mesin untuk starter tidak mencukupi. Oleh sebab itu, penting bagi Anda mengecek dan merawat kondisi busi mobil Anda.

  1. Koil

Koil adalah salah satu komponen yang sering diabaikan. Kebanyakan pengguna kendaraan akan mengecek kondisi busi tapi jarang mengecek kondisi koil.

Koil punya peran untuk menjalankan starter mobil. Koil akan menggandakan kekuatan listrik jadi ribuan volt. Bila fungsi ini terganggu, maka fungsi starter tidak akan berjalan.

Cek koil mobil Anda. Bila Anda mendapatkan suhu koil terlalu panas, kemungkinan besar koil mobil Anda bermasalah. Bila koil bermasalah, itu tanda Anda perlu mengganti dengan komponen yang baru.

  1. Alternator

Saat komponen alternator mengalami masalah, aliran listrik di mobil akan terganggu. Saat aliran listrik terganggu, sangat lumrah bila mobil tidak bisa hidup sama sekali.

Alternator bukan jenis komponen mobil yang mudah bermasalah dalam satu tahun. Komponen ini biasanya bermasalah jika sudah berusia 5 tahun ke atas.

Untuk mengetahui performa alternator dan mengatasi masalah yang ada di alternator, sebaiknya Anda merujuk ke bengkel kepercayaan Anda. Sebab, alternator perlu penanganan profesional dengan alat-alat profesional.

  1. Sensor WTS

Sensor WTS adalah salah satu komponen yang wajib Anda cek saat mobil tidak bisa hidup sama sekali. Bila sensor ini bermasalah, mobil akan membaca kondisi kendaraan tidak sesuai dengan kenyataan. Efeknya, mobil jadi tidak stabil, tidak bisa dinyalakan, atau mati mendadak.

Baca Juga : Mesin Mobil Pincang Saat Dingin

Untuk itu, sebaiknya Anda menuju bengkel kepercayaan Anda bila sensor WTS bermasalah. Sebab, selain melakukan perbaikan di sensor WTS, bengkel juga akan melakukan pengecekan ke berbagai komponen lain. Hal ini bertujuan menghindari risiko kerusakan karena kesalahan membaca sinyal dari sensor WTS.

  1. Pompa bahan bakar

Pompa bahan bakar bisa menjadi penanggung jawab kondisi mesin mobil yang tidak bisa hidup. Masalah pompa bahan bakar paling umum adalah kemampuan mengalirkan bahan bakar dari tangki menuju mesin.

Pompa bahan bakar berfungsi sebagai distributor bahan bakar. Bila fungsi ini terganggu, mesin mobil tidak bisa hidup.

Permasalahan pompa bahan bakar biasanya disebabkan oleh kondisi suhu yang dingin. Saat dingin, performa pompa jadi menurun. Sayangnya, saat kondisi mesin panas pun, pompa bahan bakar bisa ikut terganggu.

Oleh sebab itu, solusi saat mengatasi pompa yang terganggu ini adalah mengentakkan/memukul-mukul pompa. Solusi ini terbukti ampuh dan umum dilakukan.

Itulah 5 komponen yang bertanggung jawab bila mobil tidak bisa hidup sama sekali. Sebab itu, wajib bagi Anda mengecek dan menganalisis kelima komponen tadi. Bila analisa Anda membutuhkan bantuan mekanik bengkel, jangan ragu untuk ke bengkel kepercayaan Anda. Mengeluarkan uang di awal-awal gangguan mobil jauh lebih baik daripada mengeluarkan uang saat mobil sudah rusak parah.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!