📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab Pompa Bensin Bermasalah Serta Cara Perawatannya

pompa bensin bermasalah

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Pompa bensin atau biasa disebut juga dengan fuel pump merupakan salah satu aspek penting yang ada dalam setiap kendaraan bermotor termasuk mobil yang posisinya berada di dalam tangki bahan bakar. Pompa bensin harus rutin dirawat agar tidak mengalami kerusakan. Penyebab pompa bensin bermasalah biasanya berasal dari pemiliknya yang tidak merawatnya dengan baik.

Umumnya pompa bensin tidak butuh perawan yang khusus layaknya pada sparepart lainnya. Namun, melihat kondisi seperti saat ini dimana kualitas dari bahan bakar premium sedang dipertanyakan, menjadikan kamu sebagai pemilik kendaraan harus lebih memperhatikan perawatan pompa bensin agar tidak rusak.

Hal-Hal Yang Menyebabkan Pompa Bensin Bermasalah

pompa bensin bermasalah

Terdapat berbagai hal yang dapat menyebabkan pompa bensin bermasalah, sebaiknya kamu menghindari hal-hal ini jika tidak ingin pompa bensin mobil kamu mengalami kerusakan. Di bawah ini merupakan berbagai hal yang menjadi penyebab dari kerusakan pompa bensin.

  1.     Penggunaan bahan bakar yang salah

Penyebab pertama dan yang paling utama yaitu, penggunaan bahan bakar yang salah. Pompa bensin merupakan komponen yang berhubungan langsung dengan bahan bakar, sehingga dapat rusak karena bahan bakar itu sendiri. Pemilihan bahan bakar yang salah dan kualitasnya tidak baik akan memunculkan kotoran yang lama kelamaan akan mengendap dan menyebabkan masalah.

Pemilihan bahan bakar yang salah ini akan menyebabkan rusaknya pompa bensin terutama pada bagian filter atau penyaring bahan bakar dan saluran dari bahan bakar itu sendiri. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu memilih bahan bakar terbaik untuk mobilmu meskipun harganya lebih mahal, tetapi hal tersebut seimbang dengan manfaat yang diberikannya.

Selain memilih bahan bakar yang tepat, pastikan juga untuk tidak membiarkan tangki bahan bakar dalam keadaan kosong terlalu lama. Hal tersebut akan membuat pompa bensin bermasalah karena akan menimbulkan kondensasi yang diakibatkan oleh udara yang terdapat dalam tangki dan membentuk uap air.

  1.     Keberadaan air di tangki bahan bakar

Penyebab pompa bensin bermasalah yang selanjutnya yaitu, bisa saja karena keberadaan air di dalam tangki bahan bakar. Hal tersebut akan menjadi permasalahan yang serius, sebab bahan bakar seperti misalnya bensin sangat sensitive terhadap keberadaan air. Air dengan jumlah yang cukup banyak yang terdapat di pompa bensin akan mengakibatkan pompa bahan bakar bermasalah.

Baca Juga : Simak Cara Mengenali Penurunan Fungsi Pompa Bensin dan Tips Mencegahnya!

Air yang ikut dalam pompa bensin dan terhisap saat terjadinya pembakaran oleh mesin akan mengakibatkan kerusakan pada bagian pompa bahan bakar. Selain itu, hal tersebut juga akan pompa bensin menjadi berkarat hingga mampet. Sehingga, saat dilakukan pengisian bahan bakar penting untuk memastikan tidak ada air yang masuk kedalam tangki bahan bakar.

  1.     Aditif bahan bakar

Penyebab pompa bensin bermasalah selanjutnya yaitu, penggunaan aditif bahan bakar yang tidak tepat. Penggunaan aditif bahan bakar yang tidak tepat peruntukanya dapat menimbulkan kerusakan pada bagian pompa bensin, karena bahan yang terkandung di dalamnya belum tentu cocok jika ditambahkan ke bahan bakar mobil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  1.     Umur pompa bensin

Penyebab terakhir dan paling utama pompa bensin bermasalah yaitu, umur dari pompa bensin yang sudah terlalu lama. Pompa bensin yang sudah terlalu lama digunakan akan sangat mudah mengalami kerusakan. Sehingga, penting untuk melakukan pengecekan secara berkala untuk terhindar dari kerusakan yang mungkin terjadi kapan saja.

Cara Perawatan Pompa Bensin Yang Harus Dilakukan Secara Rutin

Merawat bagian pompa bensin perlu dilakukan secara rutin untuk mencegah terjadinya kerusakan. Perawatan tersebut diperlukan karena ketika pompa bensin bermasalah akan menyebabkan kinerja dari mesin jadi bermasalah. Di bawah ini merupakan beberapa perawatan yang bisa kamu lakukan untuk merawat pompa bensin agar tidak mudah rusak.

  1.     Lakukan pengisian bahan bakar secara teratur

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa penyebab pompa bensin bermasalah bisa saja diakibatkan oleh tangki bahan bakar yang terlalu lama dibiarkan kosong. Sehingga, untuk melakukan perawatan agar pompa bensin tidak mudah rusak yaitu dengan melakukan pengisian bahan bakar secara teratur dan tepat waktu serta pastikan juga untuk memilih bahan bakar yang tepat.

  1.     Jangan terlambat isi bahan bakar

Cara perawatan pompa bensin mobil yang berikutnya yaitu, isi bahan bakar pada saat waktu yang tepat. Waktu yang tepat ini yakni pada saat SPBU ( Stasiun Pompa Bensin Umum) baru saja mengisi bunker bahan bakar atau bisa juga di waktu tengah hari pada saat orang lain sibuk bekerja.

Cara tersebut memang terlihat sepele, tetapi memiliki dampak yang cukup besar. Hal tersebut dikarenakan tidak ada jaminan bahwa bunker yang terdapat di SPBU 100% terbebas dari bakteri dan berbagai macam kotoran yang dapat mengakibatkan transfer kotoran pada tangki bensin kamu. Sehingga, penting untuk memilih waktu yang tepat agar kotoran tersebut tidak berada di permukaan bunker.

  1.     Rutin menguras tangki bahan bakar

Cara selanjutnya yang perlu dilakukan dalam perawatan pompa bensin mobil adalah dengan rutin menguras bagian tangki bahan bakar.  Sebaiknya, kamu melakukan pembersihan dan pengurasan tangki juga pompa bensin setiap 15 ribu kilometer.

Untuk melakukan perawatan ini kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, jika memiliki kemampuan dan alat-alat yang lengkap. Namun, jika kamu ragu atau tidak bisa melakukannya sendiri lebih baik lakukan perawatan ini di bengkel terpercaya agar perawatan bisa lebih maksimal dan kamu tidak perlu ribet melakukannya sendiri karena sudah ditangani oleh tenaga yang ahli dibidangnya.

  1.     Lakukan pembersihan pompa bensin secara rutin

Perawatan rutin yang perlu dilakukan untuk menjaga kondisi pompa bensin yang selanjutnya yaitu, selalu rutin melakukan pembersihan pompa bensin setidaknya setelah lima tahun sejak pembelian mobil. Kemudian, lakukan pembersihan selanjutnya secara berkala yaitu sebanyak dua tahun sekali.

Baca Juga : Bengkel Mesin Mobil Mati Terbaik dan Terpercaya

Pembersihan tersebut penting untuk dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang berada dalam tangki bahan bakar. Selain itu, pembersihan rutin tersebut juga dapat membersihkan bakteri yang menempel di dasar tangki. Terlebih lagi untuk mobil yang kerap kali bagian tangki bahan bakarnya sering dibiarkan kosong atau terlambat mengisi bahan bakar bensin.

  1.     Lakukan perawatan ke bengkel terpercaya

Cara perawatan terakhir yang paling utama yaitu, selalu lakukan perawatan atau service secara rutin di bengkel yang terpercaya. Service rutin di bengkel seperti tone up dan general check up mobil sangat penting karena sebagai upaya untuk memelihara mobil dan mencegah kerusakan yang berakibat fatal dan membahayakan.

Dengan mengenali penyebab pompa bensin bermasalah dan mengetahui cara perawatannya akan sangat berguna. Selain itu, pastikan juga untuk selalu melakukan service mobil secara berkala di bengkel terpercaya, misalnya di bengkel Dokter Mobil yang memberikan pelayanan tone up dan free general checkup mobil untuk mengecek kondisi mobil kamu.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *