🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Cara Perawatan Honda Genio Dengan Benar

Honda Genio

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Motor matic merupakan jenis motor yang seringkali dijadikan pilihan, khususnya untuk para kalangan muda. Sejak dulu, penggunaan motor matic memang cukup banyak. Salah satu motor matic yang saat ini menjadi favorit adalah honda genio. Motor matic tersebut rilis pada Juni 2019 lalu. Motor ini disebut pula sebagai skutik, karena bentuknya mirip dengan motor Scoopy.

Salah satu fitur atau spesifikasi yang cukup unggul dalam motor ini adalah power charger box. Fitur itulah yang membuat motor ini menjadi favorit. Sehingga, memungkinkan para penggunanya untuk mengisi daya di box atau bagasi motor. Ukurannya boxnya cukup besar, yaitu 14 liter dan dilengkapi dengan power charger untuk mengisi daya pada smartphone.

Panduan Servis Motor Honda Genio

Honda Genio

Setiap kendaraan memang disarankan untuk rutin melakukan servis, terlebih jika kendaraan tersebut seringkali digunakan untuk jarak jauh dan frekuensi waktu yang intens. Maka, disarankan untuk melakukan servis rutin. Begitupun dengan honda genio yang disarankan untuk melakukan servis secara rutin, baik servis ringan ataupun servis secara keseluruhan.

Baca Juga : Harga dan Kelebihan Honda City Terbaru 2022

Terlebih, jika kendaraan baru saja dibeli. Maka, servis harus lebih rutin dilakukan. Apabila pada motor Genio ini, biasanya pembelian atau penggunaan awal diharuskan melakukan servis setiap bulan atau dalam jumlah KM tertentu. Untuk lebih jelasnya, inilah beberapa panduan servis yang dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu!

1.     1.000 KM Pertama

Untuk motor honda Genio yang terhitung baru, maka biasanya akan disarankan untuk melakukan servis pada jarak 1000 KM pertama. Apabila motor jarang dipakai jarak jauh, biasanya 1000 KM ini terhitung sekitar 1 bulan sejak motor dibeli atau digunakan. Namun, akan lebih cepat atau kurang dari 1 bukan apabila motor seringkali digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Pada servis 1000 KM honda genio ini, biasanya terdapat beberapa hal yang akan dicek oleh pihak bengkel. Diantaranya adalah ganti oli, mengganti oli menjadi salah satu jenis servis yang harus rutin dilakukan. Karena oli yang tidak diganti akan berbahaya pada mesin. Selain oli, biasanya akan dilakukan pengecekan bagian lainnya. Misalnya mesin, rem, dan sebagainya.

2.     4.000 KM

Apabila sudah melakukan servis 1000 KM, maka yang harus dilakukan setelahnya adalah servis 4000 KM. Sebenarnya, hal ini sudah dituliskan di buku panduan saat baru saja membeli motor Honda Genio. Sehingga, disarankan untuk melakukan servis secara rutin agar motor tetap optimal saat digunakan. Terlebih untuk servis oli, tetaplah lakukan servis yang rutin.

Untuk servis 4.000 KM, tidak jauh berbeda dengan servis 1.000 KM. Hal pertama yang akan dicek dan diservis biasanya adalah oli mesin dan gardan. Selain itu, akan dicek pula bagian lainnya seperti busi, aku, transmisi CVT, dan sebagainya. Umumnya, servis 4.000 KM dilakukan setelah 4 bulan penggunaan atau pemakaian honda genio.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

3.     8.000 KM dan Seterusnya

Untuk mempertahankan performa motor, maka disarankan untuk melakukan rutin dengan kelipatan 4.000 KM. Sebelumnya, servis dilakukan pada jarak 4.000 KM. Maka, selanjutnya adalah 8.000, 12.000, 16.000, 20.000, dan seterusnya. Atau dapat dikatakan pula servis sebaiknya dilakukan setiap 4 bulan sekali. Namun, hal tersebut perlu dipastikan dengan melihat kilometer secara rutin di speedometer.

Pasalnya, terdapat beberapa penggunaan motor yang seringkali digunakan dalam jarak jauh. Sehingga, kilometer akan lebih cepat bertambah dan akan kurang dari 4 bulan sekali. Sehingga, untuk patokan yang lebih valid maka cobalah memerhatikan kilometer secara rutin. Agar dapat mengetahui kapan sudah waktunya untuk melakukan servis pada motor.

Cara Perawatan Honda Genio

Selain servis yang dilakukan secara rutin, lakukanlah pula perawatan yang benar. Pasalnya, servis yang dilakukan secara rutin pun tidak akan mencapai titik optimal apabila tidak dirawat secara baik dan benar. Perawatan motor dapat dilakukan di rumah, tetapi untuk hasil yang lebih optimal maka dapat dilakukan di bengkel secara rutin.

Sebenarnya, cara merawat motor matic tidak berbeda jauh dengan motor lainnya. Namun, terdapat beberapa hal yang berbeda dan harus diperhatikan. Misalnya, pada sistem pembakaran injeksi atau karburator yang memang berbeda dengan jenis motor lainnya. Oleh karena itu, simak beberapa cara perawatan honda genio di bawah ini!

1.     Mengisi Bensin Sebelum Kering

Cara pertama yang cukup krusial adalah pada perawatan bensin. Biasanya, beberapa orang akan memilih untuk mengisi bensin apabila sudah benar-benar habis atau kering. Sebaiknya, hal tersebut dihindari untuk penggunaan motor ini. Pasalnya, motor ini memiliki sistem injeksi atau karburator. Sehingga, akan cukup berbahaya apabila bensin dibiarkan kosong.

Lakukanlah pemeriksaan bensin secara rutin pada speedometer. Jangan sampai mengisi bensin ketika speedometer sudah menunjukkan indikator E. Kehabisan atau kekeringan motor akan menyebabkan kerusakan pada mesin motor tersebut.

2.     Mengganti Oli Secara Rutin

Selain bensin, cara merawat motor honda genio adalah dengan melakukan pemeriksaan oli secara rutin. Usahakan selalu mengganti oli tepat waktu, misalnya pada 2-3 bulan sekali. Karena oli yang kotor akan menyebabkan sesuatu yang bahaya pada mesin. Karena oli yang kotor akan menyebabkan pengendapan dalam mesin dan hal tersebut harus dibersihkan.

Tentunya, pemilihan oli untuk motor pun tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Pasalnya, setiap merk oli yang berbeda biasanya ditujukan pula untuk jenis motor berbeda. Untuk motor honda ini, biasanya akan menggunakan oli SPX2.

3.     Merawat AKI

AKI pada honda genio pun harus dirawat secara rutin. Karena biasanya motor matic seringkali mengalami mati AKI. AKI yang mati akan berefek pada power di motor. Sehingga, motor biasanya tidak akan menyala atau cahaya lampu pun akan berkurang. Motor biasanya harus diselah atau menggunakan kick starter agar dapat hidup kembali.

Oleh karena itu, lakukanlah penggantian AKI secara rutin. Misalnya 7-8 bulan sekali. Karena AKI pun merupakan bagian yang cukup krusial pada motor yang terkategorikan sebagai motor matic. Sehingga, usahakan jangan sampai telat mengganti AKI.

4.     Perawatan Vanbelt dan Roler

Cara merawat motor honda genio terakhir adalah pemeriksaan rutin pada vanbelt dan roler. Vanbelt memiliki risiko untuk putus, sehingga dikhawatirkan akan putus ketika sedang mengendarai motor di jalan.

Baca Juga : Keunggulan Bengkel Spesialis Remap Mobil

Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin untuk vanbelt ini. Karena vanbelt yang putus akan menyebabkan motor tidak bisa berjalan. Sehingga, lakukanlah penggantian rutin untuk vanbelt yang sudah tidak layak untuk dipakai oleh motor.

Untuk melakukan servis yang optimal, maka lakukanlah servis di bengkel yang berkualitas. Salah satunya adalah Dokter Mobil yang merupakan bengkel profesional dan sudah memiliki standar ISO. Dokter Mobil menawarkan servis mobil berkala, misalnya untuk tune up mobil. Selain itu, terdapat pula free general checkup mobil yang disediakan untuk pelanggan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.