📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

8 Tips Merawat Mobil Setelah Digunakan Mudik Jarak Jauh

8 Tips Merawat Mobil Setelah Digunakan Mudik Jarak Jauh

Melakukan perawatan mobil setelah mudik tidak hanya akan membuat mobil Anda tampak bersih dan segar kembali, tetapi juga dapat memperpanjang usia mobil Anda. Dengan menerapkan tips merawat mobil secara rutin, Anda juga dapat menghemat biaya perbaikan yang lebih besar di masa depan.

Tidak perlu khawatir, karena tips-tips perawatan mobil setelah mudik tidaklah sulit dilakukan dan dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Yuk, simak 8 tips merawat mobil setelah digunakan mudik jarak jauh dan jangan lupa untuk selalu menjaga mobil kesayangan Anda agar tetap prima!

8 Tips Merawat Mobil Setelah Digunakan Mudik

Setelah menempuh perjalanan mudik jarak jauh dengan mobil kesayangan, merawat mobil menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Mobil yang sering digunakan untuk perjalanan jauh akan lebih cepat rusak dan mengalami kerusakan karena faktor kelelahan dan ketahanan mesin yang terus diuji. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas 8 tips merawat mobil setelah digunakan mudik jarak jauh agar mobil tetap awet dan nyaman digunakan.

1. Cek Kondisi Oli

Tips merawat mobil yang pertama adalah denga cek kondisi oli mobil Anda setelah menempuh perjalanan mudik sangat penting dilakukan. Pastikan level oli pada mobil Anda masih mencukupi dan tidak terlalu kotor. Jika oli terlihat kotor, segera ganti oli pada mobil Anda. Kotoran pada oli dapat mempercepat keausan pada mesin dan mengurangi kinerja mesin mobil Anda.

2. Periksa Air Radiator

Air radiator pada mobil berfungsi sebagai pendingin mesin. Setelah menempuh perjalanan jauh, pastikan air radiator pada mobil Anda masih mencukupi dan tidak terdapat kebocoran pada sistem pendingin mesin. Jika air radiator kurang atau terdapat kebocoran, segera ganti atau perbaiki sistem pendingin mesin mobil Anda.

3. Periksa Kondisi Ban

Tips merawat mobil selanjutnya yaitu cek ban. Perjalanan jauh dengan mobil dapat mempengaruhi kondisi ban. Pastikan tekanan angin pada ban mobil Anda masih dalam keadaan yang tepat dan sesuai dengan rekomendasi pabrik. Selain itu, pastikan tapak ban mobil Anda masih dalam kondisi baik dan tidak terdapat benda asing pada permukaannya.

4. Cek Kondisi Aki

Perjalanan jauh dengan mobil dapat mempengaruhi kinerja aki. Pastikan kabel aki pada mobil Anda tidak longgar dan tidak terdapat tanda-tanda korosi pada terminal aki. Jika terdapat tanda-tanda korosi, segera bersihkan terminal aki dan pastikan kabel aki terpasang dengan benar.

5. Bersihkan Mobil

Membersihkan mobil setelah menempuh perjalanan jauh sangat penting untuk menjaga tampilan mobil Anda tetap terawat. Bersihkan mobil Anda dengan cara mencuci dan memoles bodi mobil adalah tips merawat mobil selanjutnya. Selain itu, pastikan juga untuk membersihkan bagian dalam mobil Anda dan membuang semua sampah dan benda yang tidak diperlukan.

6. Periksa Sistem Rem

Sistem rem pada mobil yang sering digunakan untuk perjalanan jauh harus diperiksa secara rutin. Pastikan kampas rem pada mobil Anda masih dalam kondisi baik dan cek kondisi cairan rem. Jika kampas rem atau cairan rem kurang baik, segera ganti kampas rem atau isi cairan rem.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

7. Periksa Lampu

Pastikan semua lampu pada mobil Anda masih berfungsi dengan baik setelah menempuh perjalanan jauh. Lampu yang mati dapat meningkatkan risiko kecelakaan pada malam hari. Periksa lampu utama, lampu rem, lampu sein, dan lampu mundur pada mobil Anda.

8. Cek Kondisi AC

Tips merawat mobil yang terakhir yaitu cek kondisi AC mobil. Jangan lupa memeriksa kondisi AC pada mobil Anda setelah menempuh perjalanan jauh. Pastikan suhu yang dihasilkan dari AC mobil Anda masih dingin dan menyegarkan. Jika AC mobil Anda kurang dingin atau tidak menyegarkan, periksakan AC mobil Anda pada bengkel terdekat.

BACA JUGA: 6 Tips Hemat BBM Ketika Mudik, Perhatikan Hal Ini!

Merawat mobil setelah perjalanan mudik sangat penting untuk menjaga kondisi mobil tetap prima. Dengan melakukan 8 tips merawat mobil setelah digunakan mudik jarak jauh di atas, Anda dapat memperpanjang usia mobil Anda dan meminimalisir biaya perbaikan yang lebih besar di masa depan. Jangan lupa untuk melakukan perawatan mobil secara rutin agar mobil Anda tetap prima dan nyaman digunakan.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

7 Penyebab AC Honda Jazz Mati, Karena Blower Kotor

7 Penyebab Ac Honda Jazz Mati

Mengalami masalah dengan AC Honda Jazz mati? Jangan buru-buru panik! Salah satu alasan umum yang dapat menyebabkan matinya AC Honda Jazz adalah blower yang kotor.

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!