📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Scoopy 2021, Pahami Spesifikasi Dan Perawatannya

Scoopy 2021-Dokter Mobil

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Gaya motor klasik di tahun 2021 sempat menjadi booming kembali. Jenis motor yang membawakan tema klasik salah satunya adalah Scoopy 2021. Meskipun desain terkesan klasik tetapi tetap saja ada balutan modern. Motornya sendiri cocok dipakai untuk semua kalangan berupa kalangan tua maupun muda.

Anda yang tertarik untuk memiliki motor Scoopy sebaiknya mengerti tentang spesifikasinya. Setelah itu penting juga untuk tahu cara perawatannya supaya motor bisa dipakai dalam waktu yang lama. Semua informasi itu bisa Anda ketahui melalui pembahasan di bawah ini.

Spesifikasi Scoopy 2021

Scoopy 2021-Dokter Mobil

Pembahasan spesifikasi Scoopy ini akan dibagi menjadi beberapa poin seperti mesin, rangka dan kaki-kaki, serta informasi lainnya. Langsung saja kita mulai mengenai spesifikasi dari Scoopy 2021.

  1. Mesin

Bagian mesin dari motor yang satu ini sudah menggunakan SOHC berpendingin udara. Sistem bahan bakar berubah injeksi PGM FI. Sedangkan diameter langkahnya 50 x 55,1 mm.

Jenis transmisi yang terpasang sudah berubah otomatis atau V matic. Keterangan tentang rasio kompresi adalah 9,5 banding 1. Daya maksimum yang bisa dihasilkan oleh mesin mencapai 6,7 KW atau setara dengan 9,1 PS. Jumlah torsi maksimum yang bisa dihasilkan mesinnya sebesar 9,4 nm.

Scoopy 2021 memiliki jenis transmisi yang berupa pedal maupun elektrik. Sedangkan jenis kopling kering yang dipakai adalah otomatis, tipe kering, dan juga sentrifugal.

  1. Rangka dan kaki-kaki

Berdasarkan keterangan dari Astra motor, Scoopy 2021 memiliki tipe rangka berupa tulang punggung. Sedangkan suspensi depan menggunakan jenis teleskopik. Selain itu untuk suspensi belakang sudah dilengkapi dengan lengan ayun per peredam kejut tunggal.

Baca Juga : 6 Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic dan Perawatannya

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Kemudian kita akan melanjutkan membahas tentang ukuran dari ban depannya. Ukuran ban depan dari motor Scoopy 2021 mencapai 100/90. Beralih untuk rem depannya sudah berupa cakram hidrolik piston tunggal. Rem belakang dilengkapi dengan tromol dan sistem pengereman berupa combi brake system.

  1. Kapasitas dan Kelistrikan

Terakhir kita akan membahas mengenai kapasitas sekaligus bagian kelistrikan dari Scoopy 2021. Penyimpanan tangki bahan bakar mampu memuat cukup banyak karena sudah berkapasitas 4 liter. Kapasitas minyak pelumas sebesar 0,7 l dapat digantikan secara periodik.

Lalu untuk di bagian kelistrikan sudah menggunakan jenis baterai maupun aki yang berupa MF battery 12v 5Ah. Sistem pemasangan baterai sudah dilengkapi jenis transisterized. Bagian lampu depan juga sudah menggunakan lampu LED sehingga tidak boros tenaga bahan bakar.

  1. Desain

Kita semua sudah mengetahui kalau Scoopy 2020 1 memiliki desain lebih sporty meski punya kesan klasik. Terpasang speedometer dengan bentuk yang baru dan lebih modern serta informatif. Pemilik akan bisa menggunakan fitur power charger untuk melakukan pengisian baterai gadget sewaktu berkendara.

Tentu saja fitur tersebut sangat menarik terutama bagi para generasi milenial yang tidak bisa lepas dari gadget. Pilihan warna juga sangat netral sehingga bisa digunakan oleh semua kalangan baik tua maupun muda dan juga perempuan maupun pria.

Ketahui Perawatan Scoopy 2021 Biar Awet

Motor matic banyak digunakan oleh kalangan pria maupun wanita di zaman sekarang. Motor itu sendiri yang memungkinkan kapasitas untuk membawa barang yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis motor pria. Selain menggunakan tentunya pemilik motor harus tahu cara merawat. Tips merawat motor bisa anda ketahui melalui pembahasan di point berikut ini.

  1. Pengecekan Oli Secara Rutin

Mau Anda menggunakan motor jenis terbaru maupun paling lawas semua harus dilakukan pengecekan oli secara rutin. Pengecekan oli memungkinkan pengendara mengetahui apakah sudah saatnya diganti atau belum. Oli yang sudah kotor tidak akan bisa bekerja mengurangi gesekan antara mesin dengan baik.

Jika tidak dilakukan penggantian bisa-bisa komponen mesin motor jadi cepat rusak atau tiba-tiba kendaraan menjadi macet. Penting untuk melakukan penggantian oli setiap perjalanan sebanyak 10.000 km.

Apabila belum mencapai 10000 km dalam waktu lebih dari 6 bulan maka oli juga tetap perlu diganti. Penggantian oli secara teratur bisa membuat komponen mesin menjadi lebih awet dan motor dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  1. Periksa di Bagian Aki

Pemeriksaan lainnya yang perlu Anda lakukan ada di bagian aki mobil. Sama halnya dengan oli, aki juga perlu diperiksa secara rutin karena bisa habis. Aki yang habis akan membuat motor tidak bisa dinyalakan. Motor matic sebagian besar sudah menggunakan aki elektrik yang perlu diisi dayanya.

Kalau tidak bisa distarter sudah pasti penggunanya akan mengalami kerepotan sendiri. Namun pengisian daya di aki electric hanya bisa dilakukan oleh mekanik yang sudah ahli di bengkel.

  1. Jangan Dipakai Berlebihan

Semua motor matic hanya cocok untuk perjalanan dalam kota, seperti Scoopy 2021. Tidak disarankan pemiliknya untuk melakukan perjalanan antar kota karena penggunaan yang berlebihan juga bisa membuat mesin cepat rusak. Hindari pemakaian untuk perjalanan yang sangat jauh seperti antar provinsi maupun antar pulau yang mana bisa mencapai ratusan kilometer.

Jika terpaksa dilakukan maka pemiliknya harus memasukkan ke bengkel sebelum dan sesudah perjalanan yang jauh. Perawatan yang rutin bisa mencegah komponen cepat rusak akibat kepanasan terutama pencegahan dilakukan dengan mengganti bagian oli secara rutin. Bagaimanapun motor sama dengan manusia yang memerlukan istirahat dan tidak dapat terlalu diforsir.

  1. Melakukan Tune Up secara Berkala ke Bengkel Terpercaya

Cara lain yang bisa ditempuh untuk membuat mesin Scoopy 2021 Anda awet dan tahan lama adalah melakukan tune up secara rutin. Pemilik yang tidak melakukan tune up secara rutin suatu ketika akan mendapati motornya mendadak rusak.

Tune up yang rutin mampu menyelamatkan bagian komponen yang bermasalah dan memperbaiki sebelum terjadi kerusakan yang parah. Namun Anda harus membawa motor Scoopy 2021 itu ke bengkel yang terpercaya karena tidak semua bengkel bisa menangani tune up.

  1. Lakukan Pencucian dengan Rutin

Motor juga perlu dicuci secara rutin karena akan berdampak langsung terhadap ketahanan dari korosi. Kotoran yang menempel harus selalu dibersihkan dengan dicuci sampai bersih menggunakan sabun yang khusus. Kalau kotoran yang menempel masih sangat sedikit Anda bisa membersihkan dengan menggunakan lap yang bersih.

Bagi Anda yang ingin merawat motor Scoopy 2021 dengan awet perlu dilakukan di bengkel terpercaya. Bengkel yang terpercaya hanya ada di Dokter Mobil. Dokter Mobil memberikan pelayanan general check up terhadap motor dan mobil sekaligus servis berkala seperti tune up.

Baca Juga : Dokter Mobil Pilihan Tepat Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara

Semua mobil dan motor milik pelanggan akan diperbaiki dengan pelayanan terbaik oleh para teknisi handal kami. Seluruh teknisi kami sudah pasti bersertifikat dan berpengalaman. Tak hanya teknisi yang handal tetapi bengkel kami juga memiliki peralatan yang lengkap dan canggih. Berbeda dari bengkel konvensional yang lebih banyak mengandalkan kinerja dari mekaniknya saja.

Selain pelayanan terbaik kami juga selalu menyediakan suku cadang asli. Anda bisa percaya kepada keasliannya karena kami juga memberikan garansi untuk hal tersebut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *