🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Scoopy 2020, Pahami Cara Merawat Agar Selalu Awet

Scoopy 2020-Dokter Mobil

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Sekarang ini motor matic sudah semakin menjamur di masyarakat. Bahkan motor yang awalnya hanya digunakan oleh kaum perempuan ini kini semakin banyak dipakai kaum laki-laki. Alasannya sangatlah simple, mudah digunakan dan tinggal gas sudah berjalan menyesuaikan kecepatan. Salah satu motor yang menjadi pilihan saat ini adalah Scoopy 2020. Motor trendy ini memang sangat cocok dipakai di semua medan karena memang begitu nyaman digunakan.

Sejauh ini prawatan motor yang sudah memakai sistem injeksi ini memang membutuhkan perhatian khusus bagi pemiliknya. Namun jika hanya asal pakai, dalam beberapa tahun kedepan kondisi motor tidak akan nyaman dipakai lagi. Nah inilah beberapa sistem perawatan motor Scoopy yang harus Anda perhatikan.

Tips Perawatan Motor Scoopy 2020 yang Benar

Scoopy 2020-Dokter Mobil

Bagi pemilik Scoopy 2020 tentunya motor yang sudah memakai sistem injeksi ini harus selalu diperhatikan kondisinya, Hal ini aka nada kaitannya dengan bagaimana performa, kondisi mesin dan keiritan konsumsi bahan bakar bisa terus dipertahankan.

Meski cara merawat hampir sama dengan motor matic yang masih memakai sistem karburator, berikut ini beberapa perawatan rutin yang harus Anda terapkan di rumah maupun di bengkel.

Rajin Memanaskan Mesin

Pemilik Scoopy 2020 harus selalu rutin memanaskan mesin motor meski tidak digunakan. Langkah ini harus selalu menjadi awal sebelum memakai motor dalam beraktifitas. Untuk memanasi mesin motor, waktu yang tepat adalah pada pagi hari atau saat pertama kali mesin motor di hidupkan. Selama ini terkadang pemilik motor karena tergesa hanya menghidupkan mesin dan langsung digunakan.

Baca Juga : Bengkel Spesialis Tune Up Mobil Terbaik Untuk Mobil Anda

Lalu kenapa mesin motor harus dipanaskan lebih dulu sebelum digunakan? Dengan memanasi motor maka kondisi mesin akan semakin lebih menyesuaikan suhu luar. Semua komponen akan cepat dilumuri pelumas karena mesin hidup lama sebelum digunakan. Dengan sekali saja Anda memutar gas dijalanan, semua komponen mesin sudah siap bekerja.

Untuk memanaskan motor Scoopy 2020 sebenarnya yang ideal hanya membutuhkan 5 menit saja. Awali dengan menghidupkan kontak dan nyalakan mesin memakai starget kick atau ongkelan starter. Proses memanaskan motor sampai kondisi bunyi mesin sudah stabil jika sudah silahkan mematikannya. Dijamin semua komponen akan lebih siap dan enak digunakan dalam perjalanan.

Rutin Ganti Oli

Kemudian untuk melakukan perawatan terbaik untuk Scoopy 2020 milik Anda, silahkan rutin melakukan pergantian oli. Untuk panduan pergantian agar sesuai dengan jadwalnya, silahkan rutin juga mengecek buku servis oli. Disana akan dituliskan kapan waktu yang tepat dalam melakukan pergantian oli. Biasanya sekitar 2-3 bulan setelah menempuh jarak 2000 Km.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Mengingat motor matic memang memiliki jenis oli yang berbeda dengan motor manual, silahkan menentukan jenis oli yang sesuai dengan dealer. Rekomendasi oli yang terbaik adalah SPX 2 atau MPX 2. Untuk harga oli SPX 2 50 ribu dan MPX 2 adalah 35 ribu.

Oli CVT (Continous Variable Vransmission) memang sangat penting untuk transmisi motor matic. Oli ini akan menyeimbangkan kineja mesin dan kecepatan saat digunakan dalam berkendara. Dari sistem CVT inilah pergerakan motor matic dikontrol. Lakukan pergantian secara berkala untuk mempertahankan performa kecepatan dan kondisinya ketika digunakan dalam perjalanan jauh.

Bersihkan Filter Udara

Perawatan yang tidak kalah penting untuk Scoopy 2020 adalah rutin melakukan pembersihan filter udara. Dengan digunakan harian., kondisi filter akan semakin mudah kotor oleh debu yang menempel. Sejauh ini filter memang berguna untuk menyaring udara agar tidak masuk ke mesin. Jika kondisinya sudah kotor parah maka tarikan motor matic kamu akan semakin menurun bahkan berat.

Untuk membersihkan bagian filter, Anda bisa langsung membuka 4 baut yang digunakan untuk menutup filter box. Buka perlahan dan lepaskan bagian penyaring dari luar. Proses pembersihan hanya memakai kuas saja dengan langkah diketok-ketok sampai kotoran yang menempel hilang, Jangan memakai bahan pembersih karena fungsi filter akan terindikasi menurun.

Kondisi filter harus diperhatikan, jika sudah tidak berfungsi bahkan kotoran tidak tersaring sempurna, lebih baik Anda langsung menggantinya ke bengkel. Gunakan filter yang asli karena jika memakai yang imitasi bisa saja kotoran tidak tersaring maksimal dan menimbulkan mesin cepat kotor. Ingat, mesin injeksi membutuhkan kinerja mesin yang sempurna.

Bersihkan Ruang CVT

Motor Scoopy 2020 memakai sistem penggerak roda belakang yang dinamakan Vbelt. Anda harus selalu mengecek secara berkala kondisi Vbelt karena fungsinya memang vital. Untuk proses pembersihan, silahkan membongkar bagian belakang mesin dan bersihkan semua particle didalam dinding Vbelt. Lebih maksimal pembersihan setelah dikuas harus disemprot angin memakai kompresor supaya semua kotoran bisa keluar dari lubang rumah Vbelt.

Vbelt yang sudah dalam kondisi aus ditandai dengan retakan pada bagian geriginya. Silahkan mengecek dengan mencongkelnya memakai obeng. Jika kondisinya sudah jelek, lebih baik mengganti baru agar tidak terjadi putus ketika digunakan dalam perjalanan. Tentu ini akan membahayakan bukan.

Bersihkan Ruang Injektor

Untuk menjamin motor Scoopy 2020 bisa bertahan performanya, cek bagian injector. Bersihkan ruangan ini memakai carburator cleaner. Langsung saja buka bagian filter dan nyalakan mesin sambal di hidupkan sambal di Bleyer-bleyer lalu semprotkan cairan pembersih itu. Proses ini membutuhkan panduan pihak bengkel supaya tidak terjadi kesalahan.

Kebersihan bagian injector juga dipengaruhi dengan pemakaian bahan bakar yang sesuai standart. Jadi untuk lebihb mudah mempertahankan kinerja motor matic pemilik harus lebih jeli dalam pemakaian bahan bakar. Jangan asal membeli bahan bakar di pinggir jalan. Tetap pilihlah pertamax kerena sistem pembakarannya sangat sempurna.

Lakukan Servis di Bengkel Resmi

Menjaga kondisi mesin motor Scoopy 2020 memang membutuhkan penanganan yang serius dan benar-benar professional. Apalagi motor tipe mesin injeksi jika hanya asal dalam penanganannya akan memberikan dampak kurang bagus untuk jangka Panjang. Silahkan kunjungi bengkel resmi seperti Dokter Mobil.

Bengkel yang sudah berpengalaman ini akan memberikan solusi jika Anda ingin mendapatkan metode servis berkala yang berjalan sempurna. Memiliki mekanik yang handal dengan pengalaman tinggi dalam semua jenis penanganan kendaraan. Peralatan yang lengkap akan menjamin jika sistem pengerjaan motor Scoopy 2020 Anda akan berjalan cepat. Sekali datang langsung bawa pulang motor kesayangan setelah diservis.

Sudah bisa ditemukan di sejumlah kota besar, Dokter Mobil memang salah satu bengkel terkemuka yang mengedepankan kepuasan konsumen. Lokasi dan layanan yang tersedia sangat nyaman. Bahkan ada sistem free general checkup bagi Anda yang ingin mendapatkan perawatan ekstra untuk motor injeksi kesayangan. Mekanik akan memberikan banyak masukan untuk kinerja terbaik motor Scoopy Anda.

Baca Juga : 4 Tips Memastikan Bengkel Mobil Terbaik, Dokter Mobil Jadi Rekomendasi

Dokter Mobil juga memberikan garansi servis jika kondisi mesin motor Scoopy 2020 Anda masih belum maksimal performanya. Jadi dengan datang langsung kesana, Anda akan mendapatkan pengalaman sekaligus penanganan terbaik menyesuaikan kebutuhan. Masalah dan solusi akan langsung bisa Anda temukan di bengkel professional ini. Buktikan dan lakukan servis berkala Bersama Dokter Mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.