📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Inilah 3 Penyebab Avanza Tidak Bisa Distarter, Karena Aki?

Mobil yang tiba-tiba tidak bisa distarter memang bisa menjadi suatu masalah tersendiri, apalagi jika mogok terjadi saat jauh dari keramaian atau pada saat perjalanan jauh.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi kita bisa melakukan beberapa antisipasi dan pencegahan. Penyebab Avanza tidak bisa distarter memang bisa bermacam-macam.

Berikut kami berikan ulasannya mengenai penyebab Avanza tidak bisa distarter:

Kondisi Aki Drop

Aki sebagai salah satu komponen penting pada mobil tidak boleh disepelekan perawatan dan pengawasannya. Kondisi Aki yang drop bisa diakibatkan oleh kondisi air aki yang hampir habis atau bahkan kering.

Selain air aki yang habis, bisa juga disebabkan karena pengisian yang tidak benar. Pengisian aki yang tidak benar bisa membuat alternator tidak dapat berjalan dengan baik. Saat alternator tidak berjalan dengan baik, maka sekring pengisian dapat terputus

Switch Starter Tidak Berjalan Dengan Baik

Saat mobil tidak bisa di starter, banyak pengemudi mengira permasalahan hanya pada aki. Tidak jarang seorang pengemudi langsung memutuskan untuk mengganti aki tanpa mengecek komponen yang lain.

Padahal, ada beberapa penyebab lain yang bisa menjadi sebab masalah, seperti switch starter yang tidak berjalan dengan baik. Peran switch starter ini cukup penting karena menghubungkan antara aki dan motor starter.

Kunci Kontak Tidak Menyambung

Penyebab Avanza tidak bisa di starter berikutnya adalah kunci kontak yang tidak menyambung. Hal ini mungkin cukup rumit bagi yang tidak mengerti tentang dunia mobil secara mendalam.

Namun kunci kontak bisa saja tidak menyambung dengan baik dan ini disebabkan oleh beberapa hal seperti fuse atau sekring pada bagian fuse box mati.

Bisa juga disebabkan oleh soket kunci kontak yang kotor. Penyebab lainnya yang berkaitan dengan kunci kontak yang tidak bisa menyambung adalah sambungan soket kontak yang kendor.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Dari beberapa penyebab Avanza tidak bisa distarter di atas, ada beberapa solusi untuk mengatasinya. Terlihat sepele, namun mogok bisa terjadi saat jauh dari keramaian ataupun di saat-saat sedang tergesa-gesa, maka bisa sangat mengganggu bukan?

Berikut adalah beberapa solusi untuk mencegah Avanza tidak bisa distarter:

Selalu Pantau Kondisi Aki Secara Rutin dan Teratur

Melakukan maintenance atau perawatan secara rutin wajib dilakukan. Agar aki tidak bermasalah, dalam kurun waktu tertentu kita harus rajin melakukan pengecekan dan melakukan pengisian air aki secara rutin saat dibutuhkan. Bukan hanya rutin saja, namun juga harus dengan cara yang benar.

Mengetes Kinerja Switch Starter

Saat mobil tidak bisa di starter dan ternyata kondisi aki baik-baik saja, berarti ada masalah pada komponen yang lainnya. Bisa jadi masalah terdapat pada switch starter. Untuk mengetahui apakah switch starter sudah bekerja dengan baik atau tidak, kita bisa menggunakan bantuan alat sederhana seperti obeng.

Kita bisa menghubungkan koil pada switch starter secara langsung dengan menggunakan obeng. Jika dengan begitu mobil dapat menyala, berarti penyebab Avanza tidak bisa distarter bukanlah pada switch starternya.

Mengganti Sekring di Fuse Box

Saat mobil tidak bisa distarter, bisa jadi karena sekring di dalam di fuse box telah mati. Matinya sekring ini bisa menyebabkan sambungan kunci kontak terganggu atau bahkan tidak bisa disambungkan sama sekali. Untuk hal ini, satu-satunya solusi adalah menggantinya dengan yang baru.

Membersihkan Kotoran Kunci Kontak

Masalah pada starter mobil juga bisa terjadi karena sambungan soket kunci kontak yang kotor. Untuk itu, penyebab Avanza tidak bisa distarter dapat diatasi dengan cara membersihkan soket sambungan kunci kontak.

Cara membersihkannya cukup mudah, yaitu dengan cara membuka bagian soket kunci kontak dan dibersihkan dengan hati-hati.

Mengencangkan Sambungan Soket Kunci Kontak

Selain karena soket kunci kontak yang kotor, masalah pada saat starter bisa dikarenakan soket kunci kontak yang kendor. Ini bisa diatasi dengan cara mengencangkan soket kunci kontak.

Anda bisa meminta bantuan pada bengkel atau orang yang lebih berpengalaman, agar pengencangan soket dapat dilakukan tanpa merusak komponen yang lainnya.

Ternyata penyebab Avanza tidak bisa distarter bukan hanya dikarenakan kondisi aki, namun bisa berasal dari komponen lainnya. Smeoga sedikit tips ini bermanfaat dan selamat merawat mobil Anda.

Membedakan Masalah Aki dan Komponen Lain

Langkah-langkah:

  1. Periksa aki: Pastikan aki mobil Anda memiliki tegangan yang cukup. Gunakan multimeter untuk mengukur tegangan aki. Tegangan aki idealnya minimal 12,6 volt.
  2. Periksa kabel aki: Pastikan kabel aki tidak longgar, berkarat, atau rusak.
  3. Coba starter solenoid: Dengarkan suara klik saat Anda memutar kunci kontak ke posisi start. Jika tidak ada suara klik, maka masalahnya mungkin ada pada starter solenoid.
  4. Coba jumper start: Jika mobil Anda masih tidak bisa distarter setelah melakukan langkah-langkah di atas, coba jumper start dari mobil lain. Jika mobil Anda dapat distarter dengan jumper start, maka masalahnya kemungkinan besar ada pada aki.

Tanda-Tanda Switch Starter atau Kunci Kontak Bermasalah pada Avanza:

Switch starter:

  • Starter tidak berputar sama sekali saat kunci kontak diputar ke posisi start.
  • Starter berputar tapi mesin tidak hidup.
  • Suara starter terdengar lemah.

Kunci kontak:

  • Kunci kontak terasa longgar saat diputar.
  • Posisi kunci kontak tidak dapat diputar ke posisi start.
  • Lampu indikator tidak menyala saat kunci kontak diputar.

Cara Mengetes Switch Starter Tanpa Obeng:

  • Gunakan jumper kabel: Hubungkan kabel positif dari aki ke terminal positif pada starter solenoid. Kemudian, hubungkan kabel negatif dari aki ke terminal kecil pada starter solenoid. Jika starter berputar, maka switch starter bermasalah.
  • Gunakan alat diagnostic scanner: Alat diagnostic scanner dapat digunakan untuk melihat kode error yang terkait dengan switch starter.

Catatan:

  • Jika Anda tidak yakin dengan penyebab masalah, bawalah mobil Anda ke bengkel terpercaya untuk diperiksa oleh mekanik yang berpengalaman.
  • Berhati-hatilah saat melakukan tes switch starter karena dapat berisiko sengatan listrik.

Apabila saat ini mobil Avanza Anda tidak bisa distarter, maka langsung bawa mobil Anda ke Dokter Mobil. Karena hanya di Dokter Mobil yang mampu memperbaiki penyebab Avanza tidak bisa distarter Anda dengan tepat dan cepat.

Untuk reservasi, silahkan hubungi Dokter Mobil terdekat melalui WhatsApp (klik di sini) atau isi formulir reservasi (klik di sini). Atau Anda juga bisa langsung mengunjungi layanan Dokter Mobil terdekat.

Referensi:

101 Cara Merawat Toyota Avanza Mobil Sejuta Umat Andalan Keluarga – Dokter Mobil Indonesia. Tautan: https://www.youtube.com/watch?v=BZc33O6C7Fg ( Diakses: 28 November 2022)

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form