New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Perawatan yang Baik Mencegah Mobil Kurang Tenaga di Tanjakan

Cara Mengatasi Mobil Kurang Tenaga di Tanjakan

Cara mengatasi mobil kurang tenaga di tanjakan biasanya adalah dengan mencari masalah di mesin mobil. kemungkinan yang sering terjadi karena jarang ganti oli. Namun bisa jadi ada penyebab lain yang menyebabkan munculnya masalah ini.

Saat sedang di perjalanan apakah kamu pernah mengalami kondisi mobil kurang tenaga di tanjakan dan kendaraan milik kamu malah mundur? Pastinya hal ini sangat mengganggu, apalagi kalau kondisi jalanan sedang padat.

Kalau salah, bisa-bisa mobil yang tepat di belakang kamu akan tertabrak! Pastinya pemilik mobil di belakang akan marah dan mungkin saja minta ganti rugi. Gak mau kan, hal seperti ini terjadi pada kamu?

Cara Mudah Atasi Mobil Kurang Tenaga di Tanjakan

Lalu, apa solusinya? Kamu harus ketahui apa saja penyebab mobil kurang tenaga saat berada di tanjakan dan bagaimana solusi untuk menghadapi kondisi ini. Tanpa berlama-lama, mari sama-sama kita baca ulasan lengkap di bawah ini!

Pasokan udara yang tidak sesuai

Apakah kamu tahu, kalau ternyata udara punya peran penting dalam prima atau tidaknya sebuah mesin mobil? Kalau terjadi sebuah masalah pada induction system mobil kamu, tenaga mesin bisa hilang, alias mesin menjadi mati. Kalau pasokan udaranya berkurang, mesin tidak bisa bekerja secara maksimal. 

Biasanya, hal ini terjadi akibat adanya hambatan pada filter udara. Hambatan ini terjadi karena adanya kotoran yang menempel, sehingga filter tak bisa menyaring udara secara maksimal. Untuk itu, satu-satunya solusi adalah dengan menjaga kebersihan filter udara saat kamu hendak berkendara. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari mobil yang kekurangan tenaga saat ada di tanjakan.

Turbo Vane bermasalah

Kedua, turbo vane yang bermasalah. Untuk kamu yang memiliki mobil dengan mesin diesel, turbo vane bisa jadi penyebab utama mobil kamu kekurangan tenaga saat ada di tanjakan. Turbo vane memiliki fungsi mengatur tekanan yang berasal dari mesin turbo. Jika tekanan tidak diatur dengan baik, pasokan udara akan berlebihan dan akibatnya, rasio kompresi jadi semakin tinggi. 

Info Lebih Lengkapnya: penyebab mobil kurang tenaga di tanjakan

Kompresi yang tinggi akan menyebabkan mobil kamu jadi terlalu panas dan tidak bertenaga. Solusinya, kamu harus membawa mobilmu ke bengkel, sebab masalah turbo vane bukanlah hal sepele yang bisa dikerjakan oleh siapa saja. Dibutuhkan keahlian khusus untuk menyelesaikan kerusakan yang cukup rumit ini.

Kopling mobil mulai aus

Saat berada di tanjakan, pernahkah kamu menggunakan setengah kopling, karena menganggap hal ini mampu mempermudah mobil kamu bergerak? Ternyata, hal ini harus kamu hindari, lho. Alasannya, menggunakan setengah kopling bisa membuatnya cepat aus. Pergesekan antara pressure plate dan plat kopling merupakan penyebabnya. 

Untuk mengetahui apakah kopling mobil kamu sudah aus, perhatikan saat gigi mulai masuk. Apakah susah? Kalau lebih susah dari biasanya, kemungkinan besar kopling kamu sudah aus. Jangan coba-coba membawa mobil dengan kondisi seperti ini melewati jalan yang bertanjakan. Sangat bahaya! Untuk itu, segera bawa ke bengkel supaya mobil kamu segera mendapat perbaikan.

Muatan berlebihan menyebabkan mobil kurang tenaga

Jangan membawa penumpang atau muatan yang melebihi kapasitas mobil milik kamu. Dampaknya akan sangat terasa saat kamu melewati jalanan yang bertanjakan. Keselamatan kamu dan para penumpang akan sangat berbahaya. Karena itu, sebelum mengangkut penumpang atau beban, pastikan jumlahnya tidak melebihi kapasitas yang seharusnya, ya!

Ban terlalu lebar tidak cocok di tanjakan

Mobil dengan ban besar memang terkesan kokoh. Tapi ternyata, ban ini malah membebani mesin yang ada di mobilmu. Sehingga, mesin akan kesusahan membawa beban yang semakin berat. Untuk itu, sebaiknya kamu tetap menggunakan mobil yang direkomendasikan dari pabrikan mobil. Bisa saja kamu memodifikasi ban menjadi lebih lebar dan besar. Tapi, jangan lupa modifikasi juga mesinnya, supaya tetap seimbang dengan beban yang akan dibawa mobil tersebut. 

Nah, itulah beberapa penyebab mobil kurang tenaga dan tanjakan serta solusi yang bisa kamu lakukan untuk menyelesaikan masalah ini. Jangan anggap remeh kendaraan yang kurang bertenaga saat melewati jalan menanjak, karena kalau dibiarkan, hal ini bisa berbahaya untuk kamu yang mengendarai mobil tersebut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!