New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Mengatasi Bunyi Ngelitik pada Mesin Mobil Matic Kesayangan Anda

Ini Solusi Mengatasi Bunyi Ngelitik Pada Mesin Mobil Matic

Adanya bunyi ngelitik pada mesin mobil matic tentunya menyebabkan rasa khawatir. Wajar karena jika dibiarkan kerusakan mesin bisa terjadi. Lantas apa solusi yang harus dilakukan?

Bisa berkendara dengan bebas menggunakan mobil pribadi memang menyenangkan asalkan tidak ada bunyi ngelitik pada mesin mobil matic. Bayangkan, saat kamu hendak bepergian, dandanan sudah oke, lalu pas menyalakan mesin mobil, bukannya ready to go, kamu malah mendengar suara klitik klitik pada mobil kesayangan kamu. Pasti cukup mengganggu, kan? 

Cara Mengatasi Bunyi Ngelitik pada Mesin Mobil Matic

Lalu, apa sih, penyebab bunyi ngelitik pada mesin mobil matic dan bagaimana cara mengatasinya? Tumpas imajinasi di atas, jangan sampai kamu terganggu pas mau bepergian, mari simak ulasan lengkap di bawah ini!

  1. Cek kualitas bahan bakar

    Pertama, coba cek kualitas bahan bakar yang kamu gunakan pada mobil matic milik kamu. Apakah sudah sesuai standar? Perhatikan juga kadar oktannya. Kalau tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan, siap-siap mesin akan ngelitik saat dihidupkan.

    Jangan gunakan bahan bakar yang di bawah standar, supaya mesin mobil kamu tetap dalam keadaan prima dan siap digunakan kapan saja.

  1. Perhatikan saringan bahan bakarnya

    Apabila saringan bahan bakar atau pompa bensin milik kamu dalam keadaan kotor, penyaringan tidak akan sempurna, sehingga bahan bakar bisa ikut kotor. Apabila membiarkan kondisi ini cukup lama, mesin mobil akan terdengar ngelitik.

    Untuk itu, pastikan kamu tetap mengecek dan memperhatikan saringan bahan bakar secara berkala dan pastikan kondisinya tetap bersih. Dengan begitu, saringan mampu menyaring bahan bakar secara maksimal.

  1. Temperatur mesin terlalu panas

    Pernah mendengar istilah overheating? Benar! Ini adalah kondisi di mana mobil milik kamu mesinnya terlalu panas melebihi batas rata-rata. Sebenarnya saat temperaturnya mulai stabil, suara ngelitik akan hilang sendiri. Tapi jangan dianggap remeh dan dibiarkan begitu saja.

    Kondisi ini bisa saja terulang kembali dan membuat mobil kamu mogok di tengah jalan. Tetap periksakan ke bengkel mobil, atau kamu cek sendiri mulai dari radiator hingga kipas pendingin, apakah kondisinya bagus atau harus dibawa ke bengkel mobil.

  1. Sudah cek tekanan kompresi mobil kamu?

    Ternyata, tekanan kompresi yang sangat tinggi juga bisa jadi penyebab mobil kamu berbunyi ngelitik. Alasannya, tekanan yang terlalu tinggi ini membuat katup-katup tidak mampu terbuka secara sempurna. Akhirnya, klep akan berkerak dan menyebabkan lapisan karet yang kotor dan menyebabkan bunyi ngelitik pun terdengar saat mobil dihidupkan atau selama dikendarai. Cukup mengganggu, kan?

  1. Cek juga kondisi MAP mobil kamu

    Apa itu MAP? MAP adalah singkatan dari Manifold Absolute Pressure. Apabila kondisinya lemah, asupan udara yang bisa masuk ke ruang bakar tidak akan maksimal. Jumlah udara sangatlah lemah. Hasilnya, suara ngelitik akan terdengar. Jadi, saat kondisi ini terjadi, jangan lupa periksakan kondisi MAP mobil milik kamu, ya!

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu periksa saat bunyi ngelitik muncul di mobil matic yang kamu miliki. Tapi selain hal di atas, sekarang ada teknologi yang bisa kamu gunakan untuk menghindari bunyi ngelitik ini. Yaitu dengan memasang sensor di mobil kamu. Ada beberapa jenis sensor yang bisa kamu pilih. Yaitu knock sensor atau juga oxygen sensor.

Knock sensor adalah sensor yang bekerja untuk mendeteksi jika terjadi piston slap. Nantinya, informasi ini akan disampaikan ke mesin, dan dari mesin ini akan diatur waktu untuk menurunkan pengapian. Hal ini akan terjadi secara otomatis saat bunyi ngelitik terjadi. Tanpa melakukan apa-apa, mesin akan bekerja untukmu.

Kedua, ada oxygen sensor. Fungsinya adalah untuk mendeteksi kadar oksigen yang ada. Nantinya mesin akan menentukan waktu pengapian dan volume bahan bakar yang dibutuhkan. Praktis banget, kan?

Lihat Juga: Mesin Mobil Ngelitik saat Digas

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan, sebagai solusi bunyi ngelitik pada mesin mobil matic milik kamu. Lakukan hal-hal di atas, supaya performa mesin mobil kamu tetap prima, dan bisa digunakan kapan saja, tanpa ada masalah yang berarti dan perjalanan kamu tidak akan terganggu!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Solusi Permasalahan AC di Bengkel AC Terbaik untuk Mobil 
Tanda Kerusakan serta Apa Fungsi Stator pada Alternator
Dokter Mobil Pilihan Tepat Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara
 Ini Rekomendasi Service AC Mobil di Bekasi: Buka Akhir Pekan, Masalah AC dan Keunggulan 
Permasalahan Mobil: Mesin Mobil Keluar Asap