New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Penyebab Mesin Mobil Ngelitik Saat Digas dan Cara Mengatasinya

Mesin Mobil Ngelitik Saat Digas , Ternyata Ini Penyebabnya

Mengalami gejala mesin mobil ngelitik saat digas tentu cukup membuat khawatir. Namun masalah ini bisa diselesaikan dengan mudah. Syarat utamanya adalah mengetahui apa yang menjadi sumber penyebab masalah. Dengan demikian masalah mobil bisa diatasi, dan dapat mencegah terjadinya masalah yang sama di kemudian hari.

Untuk kamu yang sering bepergian dengan sebuah mobil apakah kamu pernah mengalami kondisi di mana mesin mobil ngelitik saat digas? Sering dikenal dengan istilah knocking, hal ini terjadi akibat combustion chamber yang meledak lebih cepat atau lebih lambat saat digas. Istilahnya, ledakan terjadi tidak pada waktunya. Sehingga terjadi tekanan yang menghasilkan suara mengelitik tadi. Itulah alasan disebut mesin mengelitik. 

Alasan Utama Mesin Mobil Ngelitik saat Digas

Supaya mesin mobil tidak ngelitik, kamu hanya perlu melakukan beberapa hal sederhana. Supaya tidak salah, mari simak penjelasan lengkapnya, tentang penyebab mobil ngelitik dan cara-cara menghindarinya. Baca ulasan ini hingga selesai, ya!

Pencampuran bahan bakar yang tidak tepat

Bukan mencampur beberapa jenis bahan bakar, lho. Karena pastinya, mencampur bahan bakar bukan hanya menyebabkan mobil ngelitik, tapi juga menjadikan mesin mobil cepat rusak. Pencampuran bahan bakar dan udara yang tidak merata di dalam combustion chamber bisa membuat mesin mobil ngelitik. Jadi saat mengisi bahan bakar dan udara, pastikan perbandingannya sudah tepat, ya!

Pengapian yang tidak sempurna

Tahukah kamu? Busi yang sudah lemah akan menghasilkan api yang kecil. Hasil pembakaran bensin yang disemprot oleh injektor tidak akan sempurna dan menyisakan uap bensin. Uap yang tersisa ini bisa terbakar lagi dan mesin mobil akan knocking saat digas. Sering-sering periksa kondisi busi

Ignition timing diubah

Ignition timing adalah proses pemanasan sebuah kendaraan. Cara penghitungannya adalah mulai busi memantikkan api dan ketika piston mulai langkah kompresi. Ignition timing punya pengaturan yang penghitungan yang sudah tepat untuk masing-masing mobil. Jadi, mengubahnya menjadi tidak sesuai standar akan menyebabkan mesin mobil ngelitik, karena kompresi piston dan percikan busi sudah tidak lagi tepat.

Untuk menghindari mesin mobil yang ngelitik, pastikan kamu tidak melakukan pengubahan ignition timing pada mobilmu, ya!

Temperatur mesin

Jangan menganggap remeh temperatur mesin yang terlalu panas. Bila panas mesin sudah di atas rata-rata, suara ngelitik akan terdengar sepanjang mobil digas. Tapi saat mesin sudah lebih dingin dan kembali normal, suara ngelitik tersebut akan segera hilang.

Mesin Mobil Ngelitik saat Digas Karena Kadar Oktan Rendah

Kadar oktan yang tidak sesuai merupakan salah satu penyebab yang paling sering dari mesin mobil ngelitik. Tidak sesuai artinya bahan bakar yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi pabrikan. Contohnya, kalau kamu menggunakan bensin oktan 88, padahal seharusnya minimal menggunakan oktan 92. Jangan heran kalau mobilmu akan mengeluarkan suara ngelitik saat dihidupkan. Hindari hal ini supaya mobil kamu awet, selalu ingat untuk tetap gunakan bahan bakar dengan oktan yang tepat, ya.

Ngelitik saat Digas Karena MAP lemah

MAP atau Manifold Absolute Pressure yang lemah bisa menyebabkan mesin mobil knocking. MAP punya fungsi untuk mengukur jumlah udara di intake manifold. Apabila komponen ini lemah, jumlah asupan udara yang bisa masuk ke ruang bakar akan lemah, sehingga terdengar suara ngelitik.

Jadi apabila suara ngelitik ini terdengar saat mesin mobil dihidupkan, jangan lupa periksa performa MAP milik kamu.

Saringan pompa bensin

Selain keenam faktor yang sudah disebutkan di atas, penyebab lain dari mobil ngelitik adalah saringan pompa bensin atau fuel pump. Apabila saringan tidak mampu menyaring secara maksimal, bensin yang masuk tidak bisa tersaring dengan baik dan bensin menjadi kotor. Kotoran ini akan menyebabkan suara ngelitik saat mesin dipanaskan. 

Nah, itulah beberapa faktor yang menyebabkan mesin mobil ngelitik saat digas, serta beberapa cara yang perlu kamu lakukan agar hal ini tidak terjadi. Lakukan cara-cara dan tips di atas, supaya mesin mobil kamu tetap awet dan terhindar dari mesin yang ngelitik, ya!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya