📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Komponen dan Ciri Ciri Kerusakan ECU

ciri ciri kerusakan ECU

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Ciri ciri kerusakan ECU mobil mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang. ECU atau yang dikenal sebagai Engine Control Unit ini sendiri merupakan salah satu bentuk aplikasi dari teknologi di bidang otomotif. Seperti yang Anda ketahui bahwa seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan teknologi terus berkembang dengan pesat salah satunya pada bidang otomotif. Jika mobil keluaran dulu masih menggunakan sistem mekanis, maka untuk mobil keluaran terkini sudah dilengkapi dengan tenaga elektronik yang sudah dipadukan dengan sistem komputer dan dalam aplikasinya disebut dengan Engine Control Unit (ECU)

Engine Control Unit (ECU) ini sangat umum ditemukan pada mobil keluaran terbaru atau mobil yang memiliki sistem Engine Fuel Injection (EFI). Engine Control Unit (ECU) ini sendiri hadir untuk menggantikan kegunaan dari sistem karburator atau sistem yang bisanya digunakan pada mesin mobil keluaran lama. Akan tetapi, walaupun sistem dari Engine Control Unit (ECU) ini dikenal sebagai sistem yang canggih karena menggunakan teknologi yang mumpuni bukan berati sistem tersebut tidak bisa rusak. Tentu, ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan sistem Engine Control Unit (ECU) ini menjadi rusak.

Lalu, bagaimana ciri ciri kerusakan ECU mobil itu sendiri? Apa yang menyebabkan sistem Engine Control Unit (ECU) ini menjadi rusak dan bagaimana mengatasi ciri ciri kerusakan ECU mobil? Jika Anda masih bingung bagaimana mengatasi kerusakan pada sistem Engine Control Unit (ECU) ini dan bagaimana ciri ciri kerusakan ECU mobil maka ada baiknya untuk membaca penjelasan yang akan kami berikan berikut ini.

Mengenal Apa Itu ECU (Engine Control Unit)

ciri ciri kerusakan ECU

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya bahwa pada mobil keluaran lama biasanya mobil masih menggunakan sistem yang mekanis. Sistem ini adalah tempat di mana pencampuran bahan bakar, pengukuran waktu pengapian, campuran udara terhadap bahan bakar dan kecepatan dari putaran mesin mobil. Akan tetapi, dengan perkembangan teknologi kini sistem ECU (Engine Control Unit) hadir pada mesin injeksi, tentu saja dengan adanya bantuan oleh sistem tersebut akan membuat mesin bisa dikendalikan dengan mudah. Hal tersebut karena mesin ECU sendiri dikendalikan dengan proses komputer yang memang telah ditanamkan di dalam sistem engine control unit (ECU) tersebut.

Pada dasarnya, keberadaan dari sistem engine control unit yang ada pada mesin injeksi mobil ini sangat penting karena komponen satu ini bisa menentukan berapa jumlah dari bahan bakar yang sudah  di suplai ke dalam sebuah mesin mobil. Nantinya, program komputer akan menerima beberapa data kemudian akan melakukan proses penggerakan mesin sesuai dengan berapa takaran yang dibutuhkan. Oleh karena itu, ketika Anda merasa adanya ciri ciri kerusakan ECU mobil maka Anda harus segera menangani ciri ciri kerusakan ECU mobil tersebut karena bagaimana pun jika ciri ciri ECU mobil tidak segera ditangani maka akan menyebabkan sebuah masalah.

Selain itu, jika terjadi ciri ciri kerusakan ECU mobil hal ini juga akan menyebabkan sistem engine control unit (ECU) menjadi tidak bisa lagi menentukan berapa durasi injeksi dari bahan bakar yang ada di bagian injektor atau dikenal sebagai suatu alat yang berguna untuk melakukan suplai bahan bakar dengan cara menentukan waktu yang tepat untuk memberi bahan bakar dan campuran udara terhadap mesin. Bahkan tidak hanya itu saja karena nyatanya engine control unit (ECU) juga mampu untuk mengatur berbagai sistem penting yang terdapat pada mobil Anda di mana pengatur yang dibantu oleh sisten ECU ini sendiri seperti identifikasi kunci mobil, menghidupkan alarm mobil ketika terjadi suatu gangguan, mengatur bagaimana kinerja kipas pendingan mesin mobil, dan lain sebagainya.

Ciri Ciri Kerusakan ECU Mobil

Lalu, bagaimana ciri ciri kerusakan ECU mobil itu sendiri? Bagi seorang pengguna mobil tentu penting untuk mengetahui bagaimana ciri ciri kerusakan ECU mobil mereka agar Anda bisa mengendarai mobil Anda dengan aman dan nyaman. Berikut adalah ciri ciri dari kerusakan engine control unit (ECU) yang sebaiknya Anda ketahui, yaitu:

  1. Sistem engine control unit (ECU) yang mengalami kerusakan biasanya akan membuat mesin mobil menjadi sulit untuk dihidupkan secara otomatis atau dengan menggunakan starter.
  2. Selain itu, sistem ECU yang rusak juga biasanya akan menyebabkan penggunaan dari bahan bakar mobil yang lebih boros padahal jarak tempuh yang dilalui tidak begitu jauh.
  3. Ketika Anda sedang mengendarai mobil, biasanya mobil seperti tersendat pada bagian mesin.
  4. Ketika sedang digunakan mobil terasa tidak nyaman karena mobil yang terasa berat ketika sedang dikendarai. Hal ini terjadi karena adanya pengurangan tenaga mesin mobil.

Anda juga bisa mengetahui jika terjadi kerusakan dengan melihat bagaimana kondisi lampu check engine yang berada di dashboard mobil. Jika lampu mati total atau menyala dengan sendirinya maka bisa bisa jadi ECU mobil mengalami kerusakan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Dibaca Juga: Komponen Kelistrikan Mobil Utama Yang Sebaiknya Diketahui

Beberapa Jenis ECU Mobil Yang Sebaiknya Anda Ketahui

Setelah mengetahui ciri ciri kerusakan ECU mobil maka ada baiknya Anda juga mengetahui apa saja jenis dari ECU (engine control unit) mobil secara unum. Berikut ada beberapa jenis yang sebaiknya Anda ketahui, yaitu:

  1. ECM (Engine Control Module)

Jenis engine control unit (ECU) yang pertama adalah ECM atau engine control module yaitu suatu sistem modul yang akan bekerja secara khusus untuk mengatur bagaimana kinerja mesin mobil. Sistem engine control module akan mengatur mulai dari proses starting, injeksi pada bahan bakar, penyalaan bagian busi, hingga kinerja pada proses pendinginan atau dikenal sebagai cooling.

  1. PCM (Power Train Control Module)

Power train module (PCM) ini sendiri merupakan suatu modul khusus yang akan mengatur kinerja dari sistem powertrain mobil Anda. Selain itu, modul ini juga akan memastikan aliran dari tenaga listrik dari mesin mobil juga bisa sampai pada bagian roda.

  1. BCM (Body Control Module)

Untuk sistem yang satu ini BCM atau yang dikenal sebagai body control module memiliki kinerja yang khusus untuk mengatur kinerja dari kelistrikan mobil mulai dari lampu, wiper yang bekerja secara otomatis atau manual, dan horn.  Selain itu, body control module juta bisa mengatur sistem hiburan yang ada pada dashboard mobil Anda.

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa jika Anda melihat adanya ciri ciri kerusakan ECU mobil maka ada baiknya jika Anda langsung mengganti sistem ECU tersebut dengan yang baru karena jika ciri ciri kerusakan ECU jika terus dibiarkan tentu akan membuat kondisi berkendara Anda menjadi terasa tidak nyaman. Untuk sistem dari engine control unit (ECU) ini sendiri pun tidak sulit untuk menemukannya, tetapi tentu saja Anda harus memperhatikan dengan baik bagaimana kondisi engine control unit (ECU) tersebut apakah barang yang asli atau bukan.

Salah satu rekomendasi dari sistem engine control unit yang baik adalah sistem ECU milik dokter mobil electric atau yang biasa disebut dengan Domo electric. Tentu, untuk sebagian besar orang dokter mobil ini sudah tidak akan asing lagi karena selain Anda bisa memperbaiki mobil dengan baik disana, dokter mobil juga memiliki berbagai alat mobil yang berkualitas untuk digunakan oleh mobil Anda. Selain itu, jika sistem ECU Anda mengalami kerusakan pun Anda bisa langsung melakukan pergantian tersebut di bengkel dokter mobil. Anda bisa menghubungi admin Dokter Mobil di (klik disini) untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan promo-promo terbaru dari Dokter Mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8227

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *