📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

7 Penyebab Busi Mobil Cepat Mati, Wajib Dicek!

Penyebab Busi Mobil Cepat Mati

Apakah Anda sering mengalami masalah dengan busi mobil cepat mati? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membahas penyebab umum yang dapat menyebabkan busi mobil cepat mati.

Temukan penyebabnya dan pelajari langkah-langkah pencegahan yang dapat Anda ambil agar busi mobil Anda tetap berfungsi optimal.

Penyebab Busi Mobil Cepat Mati

Ada beberapa faktor yang dapat menyebab busi mobil cepat mati dan perlu pergantian busi yang lebih sering dan lebih banyak lagi. Berikut adalah beberapa faktor penyebabnya:

  1. Keausan Busi yang Wajar

Busi adalah salah satu komponen paling penting dalam mesin mobil yang bertugas untuk menghasilkan percikan api yang membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar.

Seiring waktu, busi akan mengalami keausan akibat suhu dan tekanan yang tinggi. Ini adalah penyebab umum busi mobil cepat mati.

Proses pembakaran yang berulang mengakibatkan elektroda busi yang terbuat dari logam mulai mengikis.

Akibatnya, celah antara elektroda tersebut akan melebar sehingga membutuhkan tegangan yang lebih tinggi agar busi dapat memicu percikan api yang dibutuhkan.

Jika busi sudah dalam kondisi aus, busi akan bekerja dengan efisiensi yang menurun, pengapian menjadi tidak stabil, dan akhirnya busi bisa mati dengan cepat.

  1. Kerak Karbon

Deposito karbon atau kerak karbon adalah endapan hitam yang terbentuk pada elektroda busi akibat pembakaran tak sempurna bahan bakar.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Saat bahan bakar terbakar, sisa-sisa karbon dapat menempel pada elektroda, menghambat aliran listrik antara elektroda dan mengurangi efisiensi busi.

Jika jumlah deposito karbon terlalu banyak, busi akan mengalami kesulitan dalam memproduksi percikan api yang kuat. Akibatnya, busi mobil cepat mati.

Deposito karbon biasanya terbentuk akibat kondisi mesin yang tidak optimal, seperti penggunaan bahan bakar berkualitas rendah atau adanya masalah pada sistem pengapian atau injeksi bahan bakar.

  1. Pengaturan Pengapian yang Tidak Tepat

Pengaturan pengapian yang tidak tepat dapat memengaruhi kinerja busi dan menyebabkan busi mobil cepat mati.

Jika pengapian terlalu maju, artinya busi menyala terlalu dini sebelum piston mencapai titik kompresi yang optimal.

Hal ini menyebabkan busi terkena panas berlebihan dan dapat menyebabkan kerusakan pada elektroda busi.

Di sisi lain, jika pengapian terlalu mundur, busi akan menyala terlambat. Akibatnya, busi tidak akan memiliki waktu yang cukup untuk menghasilkan percikan api yang kuat.

Jika busi tidak mampu menghasilkan percikan api yang memadai, bahan bakar tidak akan terbakar secara efisien dan busi bisa mati dengan cepat.

  1. Kualitas Bahan Bakar yang Buruk

Kualitas bahan bakar yang buruk dapat menjadi faktor penyebab busi mobil cepat mati. Bahan bakar berkualitas rendah, seperti bahan bakar yang terkontaminasi atau mengandung kotoran, dapat merusak busi.

Kotoran dalam bahan bakar dapat menumpuk pada elektroda busi, mengganggu aliran listrik dan mempercepat keausan busi.

Selain itu, bahan bakar yang mengandung kotoran atau zat-zat yang tidak diinginkan dapat menyebabkan pengendapan deposito karbon yang lebih cepat.

Deposit ini akan menyumbat elektroda busi dan menghambat percikan api yang diperlukan untuk pembakaran bahan bakar yang efisien.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi dan memastikan kebersihan sistem bahan bakar agar busi tetap berfungsi optimal.

  1. Sistem Pengapian Rusak

Sistem pengapian yang rusak atau terganggu juga dapat menjadi penyebab busi mobil cepat mati.

Koil pengapian yang rusak, kabel pengapian yang aus, atau sensor yang rusak dapat menghambat aliran listrik yang diperlukan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara.

Ketika aliran listrik terganggu atau tidak mencukupi, busi tidak akan menerima sinyal yang cukup kuat untuk menyala.

Akibatnya, busi bisa mati dengan cepat. Penting untuk secara teratur memeriksa dan memelihara sistem pengapian mobil Anda.

Termasuk mengganti koil pengapian dan kabel pengapian yang aus, serta memeriksa sensor-sensor yang terkait dengan pengapian.

Baca Juga: Penyebab Pengapian Mobil Tidak Stabil

  1. Kesalahan pada Sistem Pengisian

Sistem pengisian yang buruk juga dapat menyebabkan busi mobil cepat mati. Jika alternator yang menghasilkan daya listrik atau tegangan baterai mobil Anda rendah, busi tidak akan menerima daya yang cukup untuk berfungsi dengan baik.

Busi membutuhkan daya listrik yang mencukupi untuk memicu percikan api yang kuat. Jika daya yang diberikan tidak mencukupi, busi tidak akan dapat menghasilkan percikan api yang cukup kuat untuk membakar campuran bahan bakar dan udara.

Pastikan sistem pengisian mobil Anda dalam kondisi baik dengan memeriksa alternator, baterai, dan kabel-kabel pengisian secara teratur.

  1. Pemasangan Busi yang Tidak Tepat

Pemasangan busi yang tidak tepat juga dapat menjadi penyebab busi mobil cepat mati. Setiap mobil memiliki spesifikasi busi yang disarankan oleh produsen.

Jika Anda menggunakan busi dengan spesifikasi yang tidak sesuai, seperti busi dengan gap yang salah atau busi yang tidak sesuai dengan jenis mesin mobil Anda, kinerja busi dapat terpengaruh.

Gap busi yang tidak tepat dapat menghambat percikan api yang optimal, sedangkan busi yang tidak sesuai dapat menyebabkan masalah pengapian.

Pastikan Anda menggunakan busi yang direkomendasikan oleh produsen mobil Anda dan ikuti petunjuk pemasangan dengan seksama.

Penutup

Dalam menjaga kinerja busi mobil agar tetap optimal dan menghindari masalah busi mobil cepat mati, perhatikan kondisi busi secara rutin.

Keausan busi, deposito karbon, pengaturan pengapian yang tepat, kualitas bahan bakar yang baik, sistem pengapian yang terjaga, sistem pengisian yang baik, serta pemasangan busi yang tepat, semuanya berperan penting.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

mobil derek hidrolik sedang ujicoba angkut mobil diatasnya

Mobil Derek Hidrolik

Mobil Derek Hidrolik, solusi andal untuk mengatasi kendaraan berat yang terjebak. Sistem hidroliknya memberikan daya angkat kuat, keandalan dalam berbagai kondisi, serta keamanan dan fleksibilitas

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!