📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Gejala Filter Udara Mobil Kotor, Yuk Kenali !

5 Gejala Filter Udara Mobil Kotor, Yuk Kenali !

Apakah Anda merasa mobil Anda kurang bertenaga? Atau mungkin ada aroma tidak sedap yang tercium di dalam kabin? Jangan khawatir, itu bisa menjadi gejala filter udara mobil kotor Anda perlu diperhatikan. Filter udara yang kotor dapat mengakibatkan beberapa masalah yang merugikan, mulai dari penurunan performa hingga kualitas udara di dalam kendaraan yang buruk.

Untuk menjaga mobil Anda tetap berfungsi dengan baik dan memberikan pengalaman berkendara yang optimal, penting untuk mengenali gejala filter udara mobil kotor dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Yuk simak baik-baik apa saja gejala yang timbul dari filter kotor tersebut!

5 Gejala Filter Udara Mobil Kotor

Apakah Anda pernah mengalami penurunan performa kendaraan atau munculnya masalah kesehatan saat berkendara? Jangan remehkan peran filter udara mobil dalam menjaga kinerja dan kualitas udara di dalam kabin. Filter udara yang kotor dapat menyebabkan berbagai gejala yang mengganggu, namun dengan mengetahui gejala filter udara mobil kotor, Anda dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat untuk menjaga mobil Anda dalam kondisi optimal.

1. Penurunan Efisiensi Bahan Bakar

Salah satu gejala filter udara mobil kotor yang umum adalah penurunan efisiensi bahan bakar. Filter udara yang kotor akan menyumbat aliran udara yang masuk ke mesin, mengganggu perbandingan udara dan bahan bakar yang tepat.

Akibatnya, mesin harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan tenaga yang sama, yang berarti Anda perlu lebih banyak bahan bakar untuk mencapai jarak yang sama. Jika Anda melihat penurunan drastis dalam konsumsi bahan bakar Anda, kemungkinan besar filter udara perlu dibersihkan atau diganti.

2. Performa Kendaraan Menurun

Filter udara yang kotor juga dapat mempengaruhi performa kendaraan secara keseluruhan. Ketika udara terbatas yang masuk ke mesin, pembakaran bahan bakar menjadi tidak efisien. Akibatnya, Anda mungkin merasakan penurunan akselerasi, kehilangan tenaga saat menyalip, atau bahkan mesin yang tidak responsif.

Jika mobil Anda terasa lambat atau kurang bertenaga, filter udara yang kotor bisa menjadi penyebabnya. Pastikan untuk memeriksa filter udara secara teratur dan membersihkannya atau menggantinya jika perlu.

3. Aroma Tidak Sedap di Kabin

Gejala filter udara mobil kotor selanjutnya adalah adanya aroma tidak sedap. Filter udara yang kotor juga dapat menghasilkan aroma tidak sedap di dalam kabin. Ketika filter udara tidak mampu menangkap kotoran, debu, dan partikel lainnya dengan efektif, bau tidak sedap dari lingkungan luar dapat masuk ke dalam mobil.

Ini dapat menciptakan suasana yang tidak nyaman dan mengganggu kenyamanan berkendara. Jika Anda mencium bau tidak sedap di dalam kabin, periksa filter udara dan pastikan untuk membersihkan atau menggantinya jika diperlukan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

4. Suara Mesin yang Tidak Biasa

Filter udara yang terlalu kotor juga dapat menghasilkan suara mesin yang tidak biasa. Ketika udara terbatas yang masuk ke mesin, bisa terjadi turbulensi atau hambatan yang mengganggu aliran udara yang normal. Hal ini dapat menghasilkan suara yang aneh atau tidak wajar, seperti desisan, mendengung, atau gemeretak. Jika Anda mendengar suara mesin yang tidak biasa saat mobil Anda berjalan, cek filter udara dan bersihkan atau gantilah jika diperlukan.

5. Sulit Menyalakan Mesin

Salah satu gejala filter udara mobil kotor adalah kesulitan dalam menyalakan mesin. Ketika filter udara terlalu kotor atau tersumbat, aliran udara yang masuk ke mesin menjadi terhambat. Hal ini dapat mengakibatkan kesulitan dalam menciptakan campuran udara dan bahan bakar yang optimal untuk pembakaran.

Akibatnya, mesin mungkin membutuhkan lebih banyak waktu atau usaha untuk menyala, atau bahkan bisa gagal menyala sama sekali. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menyalakan mesin mobil, periksa filter udara dan pastikan untuk membersihkannya atau menggantinya jika diperlukan.

BACA JUGA: 7 Ciri Blower AC Mobil Mati, Yuk Kenali !

Filter udara mobil yang kotor dapat mengakibatkan beberapa gejala yang merugikan, termasuk penurunan efisiensi bahan bakar, penurunan performa kendaraan, aroma tidak sedap di kabin, suara mesin yang tidak biasa, dan kesulitan dalam menyalakan mesin.

Mengenali gejala filter udara mobil kotor ini adalah langkah awal yang penting dalam menjaga kinerja dan kualitas udara di dalam mobil. Dengan membersihkan atau mengganti filter udara secara teratur, Anda dapat memastikan mobil Anda tetap berfungsi dengan baik dan memberikan pengalaman berkendara yang optimal.

Filter Udara Mobil Anda Kotor? Sini ke Dokter Mobil !

Bukan hanya mendapatkan informasi mengenai gejala filter udara mobil kotor, di sini Anda juga bisa mendapatkan pelayanan lainnya seperti General Check UpCheck MesinService AC, Tune Up, untuk membuat performa dan value mobil Anda menjadi lebih baik. Selain itu, ada layanan CHEKKO dari Dokter Mobil yang memberikan serfitikasi bahwa mobil bekas tersebut lulus inspeksi dan bisa anda beli dengan aman.

Mencari mobil bekas berkualitas dengan harga yang terjangkau bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan layanan CHEKKO dari Dokter Mobil, proses pembelian mobil bekas menjadi lebih mudah, aman, dan terpercaya. CHEKKO adalah layanan pemeriksaan mobil bekas yang dilakukan oleh tim teknisi handal dan berpengalaman di Dokter Mobil. Dengan CHEKKO, Anda tidak perlu khawatir tertipu oleh mobil bekas yang terlihat bagus dari luar, namun sebenarnya memiliki banyak masalah di dalamnya.

Khusus untuk anda yang tinggal di daerah Jakarta Utara dan sekitarnya, anda bisa datang ke cabang Dokter Mobil berikut ini:

  1. Dokter Mobil Kelapa Gading
    Lokasi: Blok QJ3 No, Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.

Atau apabila anda ingin melakukan reservasi kedatangan, anda bisa menghubungi customer service Dokter Mobil ke nomor berikut: 0877-7776-0597. Atau bisa juga mengajukan beberapa pertanyaan mengenai cara ganti oli mobil avanza dan servicenya tersebut melalui WhatsApp (klik di sini).

Jadi tunggu apalagi, setelah paham gejala filter udara mobil kotor, ayo ke Dokter Mobil ! Di sini anda bukan hanya mendapatkan pelayanan service terbaik, akan tetapi juga mendapatkan biaya promosi atau potongan harga yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja. Ayo ke Dokter Mobil sekarang juga!

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!