πŸ“’ Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Check Engine Menyala Tiba Tiba

Ketika lampu check engine menyala pada panel instrumen kendaraan mobil Anda, tentu ketika lampu check engine menyala secara tiba tiba padahal Anda sedang santai mengemudi pasti akan membuat pengemudi yang tidak begitu paham akan merasa panik. Biasanya langkah yang akan dilakukan ketika lampu check engine menyala secara tiba tiba, pengemudi akan secara otomatis menepikan kendaraan mereka pada tempat yang lebih aman. Hal yang berikutnya yang akan dilakukan adalah membuka kap mesin mobil, tentu keadaan lampu check engine yang secara tiba tiba menyala ini akan membuat para pengendara bertanya tanya.

Padahal nyatanya, masalah dari sistem lampu indikator check engine yang secara tiba tiba menyala ini permasalahannya terletak dibalik kap mesin mobil atau karena disebabkan oleh sesuatu yang berhubungan dengan mesin mobil.

Permasalahan Yang Sering Terjadi

Lampu check engine menyala

Memang permasalahan sistem lampu indikator yang secara tiba tiba menyala ini bisa disebabkan karena sesuatu yang berhubungan dengan mesin mobil, tetapi hal ini terjadi jika mobil Anda menunjukkan tanda tanda seperti mesin yang terus terusan mengalami kendala. Jika kendaraan Anda menunjukkan tanda tanda seperti itu, maka sebaiknya Anda tidak memaksakan mobil dan jauh lebih baik jika Anda segera memanggil derek mobil terdekat.

Sistem lampu indikator yang secara tiba tiba menyala ini sebenarnya tidak selalu memberi informasi jika mesin mobil maupun sistem elektronik mobil terjadi kerusakan yang fatal. Biasanya lampu indikator check engine menyala atau muncul ketika mobil Anda sedang dalam keadaan yang stand by dan lampu indikator check engine akan langsung mati ketika Anda menyalakan mobil. Akan tetapi, Anda harus waspada ketika sistem lampu indikator check engine menyala atau tetap berkedip padahal mesin mobil Anda pada saat itu sudah dinyalakan berati ada beberapa penyebab yang terjadi mulai dari soket mobil yang kendor, mobil yang kemasukan air, kebocoran yang terjadi pada sistem radiator, kabel mobil yang terputus, sensor mobil yang mengalami kerusakan, hingga ECU mobil yang mengalami kerusakan.

Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab dari lampu check engine menyala.

Bisa Disebabkan Karena Tutup Bensin Mobil Yang Tidak Rapat

Salah satu hal yang bisa menjadi penyebab lampu check engine menyala adalah karena tutup dari bensin mobil yang ditutup tidak rapat atau bisa saja tutup besin yang terbuka. Jika hal ini terjadi maka secara otomatis sistem dari ECU mobil akan mendeteksi hal tersebut sebagai sesuatu hal yang berbahaya bagi pengemudi maupun penumpang yang ada di dalam mobil serta lingkungan di sekitarnya.

Hak tersebut karena penguapan dari bahan bakar bisa menyebabkan terjadinya kebakaran dan hal hal yang berakibat fatal. Ketika Anda melihat jika lampu check engine menyala, tetapi Anda menyadari dan tidak merasakan jika ada kesalahan pada mobil maka bisa saja hal tersebut disebabkan karena tangki bahan bakar. Jika hal ini sudah terjadi maka lebih baik dan disarankan pada Anda untuk berhenti menyetir terlebih dahulu dan eratkan tutup tangki bensin mobil Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengecekan apakah ada kebocoran yang terjadi sehingga memicu lampu engine pada mobil bisa secara tiba tiba menyala.

Lampu Check Engine Menyala Secara Tiba Tiba Disebabkan Karena Filter Udara Yang Kotor

Tidak hanya karena tutup dari bahan bakar mobil yang tidak tertutup secara rata saja yang bisa membuat lampu engine mobil menyala, tetapi hal ini juga bisa disebabkan karena filter udara mobil yang sudah kotor sehingga perlu untuk diganti. Filter udara pada mobil ini memiliki kaitan yang erat dengan mass airflow sensor yang memiliki fungsi sebagai penentu jumlah dari bahan bakar yang harus digunakan jika didasarkan pada udara yang masuk ke dalam mesin mobil Anda.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers πŸ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❀️

Loading...
Cabang :
Service :

Jika filter udara pada mobil Anda sudah terlalu kotor maka secara otomatis hal tersebut akan membuat kotoran dari luar akan masuk dan tentu hal itu akan menghambat suplai dari udara yang masuk ke ruang bakar mobil. Sebagian besar mass airflow sensor ini dapat rusak karena pemasangan dari filter udara yang tidak tepat, filter udara yang sudah terlalu kotor hingga perlu diganti. Filter udara yang ideal adalah filter udara yang Anda lakukan pembersihan setiap 10.000 kilometer dan wajib dilakukan pergantian setiap 40.000 kilometer. Akan tetapi, tidak sedikit juga beberapa mobil yang membutuhkan pergantian filter udara yang lebih cepat jika dibandingkan dengan jarak ideal tersebut dan hal tersebut bisa terjadi karena faktor dari eksternal maupun lingkungan.

Lampu Check Engine Menyala Secara Tiba Tiba Bisa Disebabkan Karena Sensor Oksigen Mobil

Selanjutnya, lampu check engine menyala secara tiba tiba bisa terjadi karena disebabkan oleh sensor oksigen mobil. Untuk komponen yang satu ini memiliki fungsi untuk melakukan monitor terhadap oksigen yang terdapat di knalpot mobil serta menentukan berapa banyak bahan bakar mobil yang terbakar.

Ketika sensor oksigen ini mengalami kerusakan ataupun tidak bekerja dengan baik dan semestinya, tentu hal tersebut secara otomatis visa menganggu kinerja dari mesin serta merusak sistem catalytic converter. Β Secara umum, masalah disebabkan karena tertutupnya sensor oksigen oleh oli dari waktu ke waktu sehingga hal tersebut akan mengurangi kemampuan dari sisten sensor untuk melakukan pengolahan oksigen maupun bahan bakar.

Disebabkan Karena Sistem Catalytic Converter

Berikutnya sistem yang bisa membuat lampu check engine menyala secara tiba tiba adalah sistem catalytic converter di mana sistem ini memiliki fungsi yang mampu untuk mengubah karbon monoksida serta zat zat lainnya yang berbahaya dan di rubah menjadi senyawa yang lebih aman untuk lingkungan sekitar. Salah satu hal yang bisa menjadi penanda jika sistem ini mengalami masalah atau kerusakan adalah bahan bakar mobil akan lebih cepat habis. Selain itu, mobil Anda tidak memiliki performa tenaga yang mumpuni untuk melaju, bahkan jika pedal gas diinjak dalam dalam, selain jumlah gas buang mobil yang tidak stabil. Anda sebenarnya tidak perlu begitu mengkhawatirkan hal ini jika saja Anda termasuk salah satu yang sering melakukan servis secara rutin.

Penyebab lainnya adalah bisa saja sistem dari sensor oksigen yang mengalami kerusakan sehingga sistem dari catalytic convertor tidak bisa melakukan proses dari konversi ini secara maksimal dan baik.

Lampu Check Engine Menyala Secara Tiba Tiba Bisa Disebabkan Karena Busi dan Kabel

Bisa dikatakan jika sistem suku cadang yang satu ini memiliki ukuran yang kecil. Namun, jika suku cadang satu ini sudah bermasalah maka bisa memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kinerja mobil Anda nantinya dan untuk keadaan mobil dengan suku cadang busi yang bermasalah kinerjanya akan membuat konsumsi dari bahan bakar mobil menjadi lebih boros. Hal tersebut karena proses dari pembakaran bahan bakar yang kurang maksimal pada ruang mesin bahan bakar mobil.

Dibaca Juga: Mengenal Lebih Jauh Lagi dengan Permasalahan Sekring Putus Pada Mobil

Suku cadang busi ini yang memiliki tugas untuk mematik api supaya pembakaran yang terjadi di dalam ruang mesin dapat berjalan dengan baik. Tidak hanya itu, kabel suku cadang busi yang sudah mengalami getas atau tidak terpadang dengan baik maka akan mengurangi pembakaran serta kinerja busi. Ini lah yang akan memicu lampu check engine menyala secara tiba tiba. Oleh karena itu, jika hal tersebut terjadi maka salah satunya adalah Anda bisa memerikan keadaan dari suku cadang satu ini apakah terjadi masalah atau tidak.

Jika busi mobil sudah kotor, maka Anda bisa membersihkannya, tetapi agar lebih optimal dan maksimal Anda bisa mengganti busi dengan yang baru. Biasanya ideal pergantian busi ini Anda lakukan jika jarak pemakaian kendaraan sudah mencapai 20.000 kilometer.

Demikianlah penjelasan kami mengenai lampu check engine menyala secara tiba tiba. Seperti yang dijelaskan jika lampu check engine menyala ini bisa disebabkan karena komponen mobil yang mengalami masalah. Agar tidak semakin parah, sebaiknya Anda segera mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

Tentu dengan menggantinya di bengkel mobil resmi seperti bengkel dokter mobil terlebih bengkel dokter mobil juga memiliki brand baru yaitu domo electric. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 9829

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers πŸ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❀️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers πŸ‘‹
100% potongan-500-ribu

AC mobil butuh diservis? πŸ”§ Tapi dompet sedang kritis? Dokter Mobil hadir bawa promo HEMAT 500 ribu πŸ’Έ hubungi CS sekarang! πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡