📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab dan Cara Mengatasi Power Window Rusak

Power window

Salah satu bagian mobil yang bisa menambah kenyamanan pengemudi maupun penumpang adalah ketika sedang berkendara adalah dengan adanya sistem dari power window. Oleh karena itu, ketika power window rusak akan membuat kenyamanan pengendara menjadi terganggu. Memang bukan hal yang tidak mungkin jika jendela mobil yang tidak bisa terbuka atau sistem power window ngadat ini cukup kerap terjadi. Akan tetapi, ketika mobil Anda adalah salah satu yang mengalami sistem power window ngadat ini tidak perlu panik dan khawatir karena jendela mobil yang tidak bisa terbuka dengan baik bisa di atasi.

Pada dasarnya, power window rusak yang membuat jendela mobil tidak bisa dibuka dan ditutup secara baik ini bisa terjadi karena beberapa penyebab yang bisa menjadi pemicunya. Jika Anda masih cukup baru dengan masalah power window yang mengalami kerusakan ini, Anda bisa terus untuk membaca artikel ini karena kami akan membahasnya untuk Anda. Berikut adalah bagaimana cara mengatasi sekaligus perawatan yang baik terhadap power window rusak agar jendela mobil bisa terbuka dan tertutup dengan optimal.

Cara Untuk Mengatasi Power Window Mobil Ngadat

Power window

Pada awalnya, proses untuk bisa membuka kaca mobil bisa Anda lakukan dengan cara menggunakan engkolan di mana engkolan tersebut biasanya terletak pada door trim. Untuk kendaraan yang termasuk dalam keluaran lama, tentu proses engkolan agar kaca mobil ini bisa dibuka masih digunakan. Akan tetapi, dengan perkembangan teknokogi yang sudah semakin maju khususnya pada bidang otomotif hal tersebut membuat proses dari engkolan untuk membuka kaca mobil mengalami evolusi. Saat ini, mobil mobil keluaran terbari sudah menggunakan fitur daru power widow yang memiliki fungsi yang sama dengan engkolan, tetapi, fitur dari power window ini dirasa lebih efisien karena proses untuk menaik atau turunkan kaca mobil bisa dilakukan secara otomatis.

Memang secara sistem fitur power window ini lebih mudah dan praktis untuk Anda operasikan penggunaannya, tetapi fitur dari power window ini juga bisa mengalami kerusakan seperti power window matisehingga jendela kaca mobil tidak bisa tertutup secara maksimal ataupun mengalami kemacetan. Jika sudah seperti ini, tentu Anda harus segera mengatasinya karena jendela mobil yang tidak bisa terbuka atau tertutup secara optimal akan mengganggu proses berkendaraan Anda terlebih jika cuaca saat itu sedang hujan ataupun panas yang begitu terik. Untuk mengatasi masalah dari power window mati sebenarnya ada beberapa cara, tetapi Anda harus lebih dulu mengetahui apa yang menjadi penyebab dari power window yang mengalami masalah tersebut agar bisa mengatasinya.

Berikut adalah beberapa hal yang membuat window mati dan bagaimana cara mengatasinya:

Power Window Rusak Bisa Diakibatkan Karena Fitur Switch Maupun Saklar Mobil Yang Rusak

Fitur saklar yang ada pada kendaraan mobil Anda tentunya sangat berbeda dengan saklar dari lampu maupun saklar jenis yang lainnya. Bisa dikatakan sistem saklar yang ada pada power window mobil ini jauh lebih rumit jika dibandingkan dengan sistem saklar lainnya karena di dalam satu saklar dari power window mobil ini terdapat window down, window up, hingga window off. Sementara untuk jenis saklar lampu atau lain sebagainya hanya memiliki dua perintah saja yaitu power on dan off.

Ketika pengendara sedang berkendara tentunya jendela kaca mobil cukup sering untuk dinaik atau turunkan hingga berkali kali apalagi ketika cuaca pada saat itu sedang panas ataupun hujan. Tetapi, nyatanya melakukan hal tersebut dengan durasi berkali kali bisa memberi pengaruh terhadap saklar dari power window mobil di masa masa pakai dari saklar power window bisa berkurang. Ketika saklar dari power window sudah mengalami kerusakan maka bukan hal yang tidak mungkin jika hal tersebut akan membuat kaca mobil Anda jadi susah untuk dinaikkan atau diturunkan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Power window ngadat memang masih bisa untuk digunakan, tetapi karena saklar power window tidak terhubung dengan baik membuat jendela kaca mobil berfungsi dengan tidak optimal. Selain itu, jika hal ini secara terus menerus tetap Anda biarkan saja, maka buka hal yang tidak mungkin jika saklar power window menjadi rusak total. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk Anda mengatasi hal tersebut dengan cara mengganti saklar dari power window dengan yang baru.

Dibaca Juga: Seperti Inilah Cara Memperbaiki Power Window yang Macet

Penggerak Jendela Mobil Yang Sudah Aus

Kendaraan yang menggunakan sistem electric power sudah pasti akan menggunakan motor listrik yang berfungsi sebagai penggerak utamanya. Akan tetapi, seperti motor listrik yang lain, tentu saja motor listrik ini juga bisa mengalami kerusakan. Brush yang ada pada sistem motor listrik ini memang cukup sering mengalami kerusakan sementara fungsi dari komponen brush ini adalah untuk menyalurkan arus listrik dari sumber asal listrik tersebut ke rotor yang berputar. Komponen rotor yang berputar ini tentu akan terus bergesekan dengan brush dan karena terjadi gesekan yang terus menerus akhirnya akan membuat brush menjadi terkikis. Hal ini akan membuat komponen dari brush menjadi aus serta penyaluran dari listrik pada mobil tidak bisa dilakukan dengan baik dan optimal.

Biasanya, jendela kaca mobil yang mengalami kemacetan terjadi hanya pada satu pintu saja. Jika power window pada bagian depan kiri yang macet, maka Anda bisa mengatasi atau mencoba untuk menggunakan kaca mobil yang ada di sisi pengemudi. Akan tetapi, ketika Anda sudah mencoba namun kaca jendela mobil masih tidak mau bergerak maka bisa jadi hal tersebut disebabkan karena motor powernya yang mengalami kerusakan.

Namun, ketika kaca mobil macet tapi kaca mobil tetap bisa dinaik turunkan dengan menggunakan saklar dari sisi pengemudi maka kemungkinan saklar tersebutlah yang mengalami kerusakan. Untuk mengatasi hal satu ini sebenarnya sama ketika saklar mobil mengalami kerusakan. Selain itu, brush yang aus sebaiknya harus langsung diganti.

Rel Jendela Kaca Mobil Yang Sudah Terlalu Kotor

Bisa dikatakan jika rel dari jendela kaca mobil ini begitu rentan untuk terkenal kotoran baik itu berupa debu maupun kotoran cair. Ketika rel kaca jendela mobil sudah terkena kotoran maka hal tersebut tentu dapat menganggu pergerakan dari kaca mobil Anda di mana ketika kaca mobil dinaik atau turunkan akan menimbulkan suara suara yang mengganggu kenyamanan berkendara Anda.

Jika kotoran dari kaca jendela tersebut hanya dibiarkan saja tentu akan bertambah parah di mana power window mati dan membuat jendela mobil yang tidak bisa terbuka hal ini karena jendela mobil tertahan oleh kotoran pada relnya. Mungkin untuk sebagian orang akan menyepelekan hal seperti ini, tetapi jika terus dibiarkan tentu lama kelamaan bisa saja komponen mobil yang lain bisa kena. Untuk mengatasi permasalahan dari kaca mobil yang macet karena terkena debu maupun kotoran lainnya adalah dengan menyemprotkan silikon spray pada sela sela dari rel jendela kaca mobil.

Semprotan silikon tersebut tentu akan bekerja dengan baik untuk membersihkan segala kotoran sehingga kaca mobil ngadat pun bisa segera teratasi dengan baik.

Demikianlah penjelasan kami dari cara mengatasi dan merawat kaca mobil yang mengalami masalah. Jika terdapat komponen komponen dari power window yang bermasalah dan menyebabkan kendala maka sebaiknya Anda segera mengganti komponen tersebut di bengkel yang terpercaya seperti bengkel dokter mobil yang resmi dan banyak direkomendasikan orang orang. Selain itu, bengkel dokter mobil juga memiliki brand baru yaitu domo electric. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat. Dan anda juga bisa langsung reservasikan mobil anda di link berikut.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8922

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
100% potongan-500-ribu

AC mobil butuh diservis? 🔧 Tapi dompet sedang kritis? Dokter Mobil hadir bawa promo HEMAT 500 ribu 💸 hubungi CS sekarang! 👇👇👇👇👇