New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Seperti Inilah Cara Memperbaiki Power Window yang Macet

Bagaimana rasanya ketika power window pada mobil mengalami kendala macet? Bingung, panik sudah pasti melanda oleh beberapa pengguna mobil.

Macetnya window power dapat berpotensi membuat debu dan kotoran jalanan lebih leluasa masuk kedalam. Lantas bagaimana cara memperbaiki power window ? Imbasnya part pada AC mobil anda menjadi terganggu seperti evaporator atau kondensor terhinggapi partikel debu serta kotoran. Dampak yang ditimbulkan yakni udara AC menjadi tidak sehat untuk dihirup yang berpotensi menimbulkan gejala penyakit.

cara memperbaiki power window

cara memperbaiki power window

Electric Power Window merupakan suatu rangkaian mekatronik (mekanik dan elektronik) yang bertugas untuk membuka dan menutup kaca jendela pada pintu mobil hanya dengan sentuhan tombol.

Secara umum, mekanisme power window sama dengan kaca jendela manual yang menggunakan engkolan. Mekanisme engkolan ini umumnya banyak ditemukan di mobil yang sudah lawas. Hanya saja, titik putar engkolan dihubungkan ke poros motor listrik. Sehingga, ketika motor diaktifkan, mekanisme tersebut akan bekerja menaikturunkan kaca jendela.

Penyebab Power Window Menjadi Macet

Jangan panik, umumnya penyebab power window mengalami kemcetan disebabkan oleh dua hal, apa saja itu?

1. Motor sudah lemah

Penyebab selanjutnya yakni motor atau mesin yang sudah bermasalah. Permasalahan ini mau tidak mau harus mengganti part baru sebab sangat tidak memungkinkan jikalau diperbaiki.

2. Karet Sudah Memuai

Setiap jendela mobil pasti dilengkapi oleh karet tiap sisinya. Seiring dengan umur pakai tanpa diimbangi perawatan, karet tersebut dapat memuai hingga mengalami getas atau kering sehingga kinerja pergerakan kaca menjadi seret.

Cara Memperbaiki Power Window yang Macet

Jika anda menemukan gejala karet pada tiap sisi jendela sudah mengalami pemuaian, maka inilah cara memperbaiki power window yang macet.

Dokter Mobil punya solusi mudah untuk memperbaiki permasalahan tersebut. Sylicon Spray produk asal Jerman ini dapat membuat karet menjadi empuk kembali sehingga seret semakin berkurang. Produk ini sangat direkomendasikan sebab oli tidak mengandung residu. Residu yang dimaksud ialah dapat berpotensi menempelnya benda asing seperti debu dan kotoran dari jalanan. Oli biasa umumnya residu terkandung didalamnya. Lain halnya dengan Sylicon Spray bebas residu sehingga aman dari debu jalanan.

Baca Juga : Intip Tips Menghilangkan Bunyi Kretek Pintu Mobil Anda

Cara Pakai Produk

Untuk cara menggunakannya pun sangatlah mudah. Cukup semprotkan pada area tertuju lalu semprotkan dengan perlahan. Semprotkan tiap sisi karet jendela terutama bagian samping, sebab bagian inilah yang biasanya mendapatkan respon atau tekanan besar dari gesekan kaca.

Sylicon Spray juga dapat digunakan untuk trailing jok-jok mobil yang mengalami kemacetan. Jadi serba guna bukan?

Demikian ulasan mengenai cara memperbaiki power window dengan mudah dan aman. Yuk mulai sayangi mobil anda dengan memberikan perawatan terbaik untuk mobil anda. Anda juga bisa mengunjungi Dokter Mobil untuk keperluan mobil lainnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4123

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda
Fungsi Master Silinder Kopling Pada Kendaraan Anda
Rekomendasi Service AC Mobil Surabaya Untuk Mobil Anda