New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
jenis radiator coolant

Jenis-Jenis Radiator Coolant Untuk Menstabilkan Suhu Mesin

Pemilik wajib tahu jenis radiator coolant. Apabila mobil Anda kerap mengalami overheating , maka pemilik dapat menggunakan cairan radiator coolant. Sebab, penggunaan radiator coolant khusus ini dapat menstabilkan suhu mesin mobil yang kerap naik secara tiba-tiba. Hanya saja, harga radiator coolant khusus untuk mobil yang kerap mengalami overheating ini tidak murah.

Menggunakan radiator coolant sebagai pilih air radiator ini memang lebih disarankan. Sebab, air radiator hanya mampu menahan beban panas mesin mobil sekitar 80 derajat celcius saja.

Sedangkan, untuk radiator coolant khusus ini mampu menstabilkan suhu panas mesin mobil diatas suhu 100 derajat celcius. Selain itu, masih ada beberapa keuntungan-keuntungan lainnya apabila menggunakan radiator coolant sebagai pilihan air radiator.

Jenis-Jenis Radiator Coolant untuk Meredam Suhu Panas Mobil

daftar harga air radiator mobil avanza

Ada beberapa jenis cairan radiator coolant yang digunakan untuk mendinginkan suhu mesin mobil. Setiap jenis dari air radiator coolant ini memiliki kelebihan tersendiri. Maka dari itu, inilah daftar air radiator coolant yang kerap digunakan oleh pemilik kendaraan roda empat. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Air Mineral atau Air Biasa

Air mineral atau air keran menjadi salah satu jenis air radiator yang lumrah digunakan oleh beberapa pemilik kendaraan. Air biasa ini mampu menahan beban panas mobil hingga 80 derajat celcius.

Akan tetapi, air biasa hanya mampu menstabilkan mesin mobil dalam kondisi normal. Apabila mobil Anda kerap mengalami overheating, maka penggunaan air biasa dirasa kurang tepat.

 Radiator Coolant

Radiator coolant menjadi salah satu air radiator khusus yang kerap digunakan untuk menstabilkan suhu mesin diatas 100 derajat celcius. Selain itu, radiator coolant juga berguna untuk mencegah korosi dan meminimalisir kerak kotoran pada radiator mobil Anda.

Selain itu, radiator coolant juga mengandung propylene glycol. Kandungan tersebut berfungsi untuk mencegah adanya karatan di dalam radiator mobil Anda. Jadi, radiator coolant ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang kerap menggunakan mobil untuk bepergian jarak jauh.

Super Radiator Coolant

Super radiator coolant menjadi salah satu jenis radiator coolant yang sering digunakan oleh pemilik kendaraan. Air radiator yang satu ini biasanya digunakan pada mobil yang kerap mengalami overheating.

Super radiator coolant ini memang lebih kental dibandingkan dengan radiator coolant. Sehingga, Anda harus menambahkan air bersih sebelum dimasukkan  ke radiator. Kelebihan dari air super coolant radiator ini ada pada ketahanan panas.

Super radiator coolant ini mampu menyerap panas hingga 130 derajat celcius. Sehingga, mobil yang kerap mengalami overheating disarankan menggunakan air radiator jenis ini.

baca juga : Ini Dia Kerusakan Komponen AC Mobil yang Biasa Dialami oleh Toyota Avanza

Ini Dia Cara Mengganti Air Radiator Mobil

Proses ganti cairan radiator coolant ini sebetulnya cukup mudah. Hanya saja, beberapa pemilik kendaraan tidak mengerti cara-cara penggantian air radiator mobil. Yang harus diperhatikan, pemilik kendaraan dilarang membuka katup radiator ketika mesin dalam kondisi panas. Jika Anda nekat membuka katup radiator, maka air akan menyembur dan menyebabkan Anda luka bakar.

Untuk mengganti air radiator, pastikan kondisi mesin dalam keadaan hangat atau dingin. Kemudian, buka saluran pembuangan air radiator mobil Anda dengan menggunakan obeng. lalu, silahkan membuang sisa air radiator. Pastikan Anda menguras air radiator hingga habis.

Setelah itu,  tutup kembali saluran pembuangan radiator mobil Anda. Lalu, isi ulang dengan air radiator yang baru. Anda dapat menggunakan jenis radiator coolant yang dibutuhkan. Apabila Anda menggunakan super radiator coolant, jangan lupa encerkan menggunakan air bersih terlebih dahulu.

Silahkan tuang air hingga radiator penuh. Setelah terisi, maka silahkan tutup bagian katup radiator. Apabila Anda tidak memiliki peralatan untuk mengganti air radiator secara mandiri, maka Anda disarankan ke Dokter Mobil cabang terdekat agar dapat dibantu oleh montir guna mengganti air radiator.

Dokter Mobil, Bengkel Terpercaya yang Siap Membantu Anda Mengganti Air Radiator

Anda disarankan untuk ke bengkel mobil apabila tidak mampu mengganti air radiator secara mandiri dirumah. Oleh sebab itu, tim Dokter Mobil siap membantu para pemilik kendaraan yang ingin melakukan penggantian cairan radiator coolant.

Selain itu, kami juga menyediakan radiator coolant yang dibutuhkan oleh pemilik kendaraan. Jadi tunggu apalagi, segera hubungi tim Dokter Mobil yang dapat diajak untuk berkonsultasi dalam hal pemilihan jenis radiator coolant mobil Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Solusi Permasalahan AC di Bengkel AC Terbaik untuk Mobil 
Tanda Kerusakan serta Apa Fungsi Stator pada Alternator
Dokter Mobil Pilihan Tepat Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara
 Ini Rekomendasi Service AC Mobil di Bekasi: Buka Akhir Pekan, Masalah AC dan Keunggulan 
Permasalahan Mobil: Mesin Mobil Keluar Asap