💕Selamat Hari Kasih Sayang Domo Lovers💕  📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Fungsi dan Cara Mengatasi Kondensor Kotor

kondensor kotor

Kondensor AC mobil kini menjadi salah satu komponen mobil yang mudah kotor. Sehingga, untuk Anda yang mempunyai mobil harus mengerti cara membersihkan kondensor kotor.

Masih banyak dari kalangan masyarakat, khususnya pemilik mobil yang abai dengan komponen kondensor AC mobil. Pada saat tidak melakukan perawatan kondensor mobil secara berkala bisa menyebabkan permasalahan yang baru.

Salah satu dampak dari permasalahan kondensor kotor adalah AC mobil tidak dingin sama sekali. Bahkan, bisa saja bagian AC mobil juga mengeluarkan suara yang bising.

Semua risiko tersebut memang disebabkan, karena banyak kotoran yang menumpuk pada bagian kondensor. Fungsi dari kondensor AC menjadi salah satu komponen yang sangat vital.

Ketika terjadi kerusakan pada bagian komponen tersebut, Anda harus melakukan pergantian bagian kondensor AC dengan yang baru. Supaya lebih jelas lagi, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai cara mengatasi kondensor kotor. Bagi para pemilik mobil bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Kondensor Kotor

kondensor kotor

Semua pemilik mobil harus paham betul mengenai cara untuk mengatasi permasalahan dari kondensor kotor. Pembersihan bagian kondensor masih bisa dilakukan tanpa harus membawa ke bengkel terdekat.

Pada saat membersihkan kondensor mobil hampir sama di saat proses pembersihan intercooler AC mobil. Untuk beberapa cara yang dapat dilakukan pada saat membersihkan kondensor kotor adalah:

  • Mempersiapkan semua peralatan bongkar AC mobil

Pertama, Anda harus menyiapkan semua peralatan yang dipergunakan untuk membongkar AC mobil terlebih dahulu. Beberapa peralatan yang dibutuhkan adalah kunci inggris, kunci pas dan kunci soket. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan lap bersih untuk mengikat kotoran yang ada di kondensor kotor tersebut.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Membongkar AC mobil dan mencari kondensor dengan yang baru

Setelah semua peralatan sudah siap, maka bisa melangsungkan pembongkaran kondensor AC mobil. Lepaskan semua bagian kondensor AC mobil dan dibersihkan komponennya satu persatu.

Baca Juga: Jenis-Jenis Kerusakan Kondensor Mobil Beserta Solusinya

Pastikan disaat proses pengangkatan kondensor kotor ini dilakukan secara berhati-hati. Ketika kondensor terjatuh atau tertusuk secara tidak sengaja, maka Anda harus melakukan pergantian dengan yang baru.

  • Menyemprot bagian kondensor kotor dengan air

Proses pengangkatan kondensor sudah berhasil, Anda bisa langsung saja menyemprot bagian tersebut dengan menggunakan air. Sehingga, dengan cara tersebut bisa membuat semula kondensor kotor menjadi bersih lagi seperti semula.

Akan tetapi, sebelum menyemprot pastikan lagi air yang Anda gunakan sudah bersih. Selain itu, pastikan juga air yang Anda gunakan ini berasal dari air keran atau air mineral.

Jangan sampai melakukan perendaman kondensor AC mobil di dalam air sabun. Tanpa disadari, dengan hal tersebut bisa merusak semua fungsi dari kondensor AC mobil tersebut. Pada saat proses penyemprotan sudah selesai, Anda bisa langsung melakukan pengeringan pada bagian kondensor AC mobil terlebih dahulu.

Pastikan juga bagian kondensor mobil sudah benar-benar bersih dan tidak ada satupun kotoran yang menempel. Sangat disarankan, pada saat proses pembersihan Anda bisa menggunakan kuas supaya bisa menghasilkan kondensor yang benar-benar bersih.

  • Melakukan pemasangan kondensor AC mobil kembali

Pada kondensor mobil yang sudah tampak bersih dan tidak terdapat kotoran debu sama sekali, Anda bisa langsung saja memasang kembali komponen tersebut. Untuk proses pemasangan kondensor ini masih sama seperti di saat proses pelepasan.

Anda juga bisa saja menggunakan kunci pas atau kunci soket untuk mengencangkan baut bagian kondensor. Pastikan juga semua bagian kondensor AC mobil sudah benar-benar seperti awal semula.

Kondensor AC mobil adalah salah satu komponen yang paling penting dan harus diperhatikan. Ketika Anda melupakan satu komponen tersebut bisa membuat kabin mobil panas atau tidak dingin.

Kondensor AC mobil kali ini mempunyai fungsi untuk merubah zat gas freon menjadi gas cair. Selain itu, kondensor AC mobil juga mempunyai fungsi untuk merubah suhu panas menjadi dingin lagi. Sehingga, dengan kondisi tersebut bisa membuat para penumpang di dalam mobil merasa lebih nyaman lagi.

Fungsi Kondensor AC Mobil

Kondensor AC mobil atau yang sering disebut dengan heat exchanger mempunyai fungsi sebagai salah satu komponen yang membantu dalam perubahan zat gas ke dalam zat cair. Setelah itu, zat cair yang ada di dalam kondensor AC mobil ini dialirkan pada bagian komponen receiver dryer dan ekspansi valve.

Maka dari itu, dengan proses tersebut bisa merubah suhu panas di dalam mobil menjadi lebih dingin. Pada kondensor kotor kali ini bisa saja dihasilkan oleh debu yang terbawa pada bagian freon AC mobil.

Supaya kondensor mobil tetap terjaga dan kualitasnya terbaik, maka bisa membersihkan kondensor AC mobil paling tidak 2 Minggu sekali. Selain itu, pembersihan kondensor kotor kali ini juga bertujuan untuk memberikan perawatan dan mencegah terjadinya karatan.

Terkadang, seorang pemilik mobil tidak mempunyai banyak waktu untuk membersihkan bagian komponen mesin yang kotor. Sehingga, dari para pemilik mobil yang abai dengan perihal kebersihan.

Baca Juga: Cara Kerja Kondensor Beserta Fungsinya: Terlengkap!

Akan tetapi, untuk permasalahan membersihkan kondensor kotor bukan menjadi salah satu yang berat atau masih bisa ditangani. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah meminta bantuan kepada pihak bengkel mobil.

Setiap bengkel mobil yang ada saat ini sudah menyediakan layanan jenis tersebut. Sehingga, dengan hal tersebut bisa mempermudah kalangan pemilik mobil yang ingin membersihkan kondensor AC mobil.

Akan tetapi, perlu diingat lagi untuk pemilihan bengkel mobil tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pilih saja salah satu yang menurut Anda sudah mempunyai banyak pelanggan dan penilaian terbaik dari kalangan masyarakat.

Ada salah satu bengkel mobil yang dapat membersihkan kondensor AC mobil yaitu Bengkel Dokter Mobil. Kemungkinan besar untuk beberapa kalangan masyarakat sudah tidak asing lagi dengan nama bengkel tersebut.

Sampai dengan saat ini juga banyak dari kalangan masyarakat yang sudah menggunakan jasa layanan dari Bengkel Dokter Mobil. Bengkel Dokter Mobil adalah salah satu bengkel yang mempunyai pelayanan khusus pada permasalahan AC mobil.

Dokter Mobil Solusi untuk Kondensor Kotor

Semua mekanik yang ada di dalam Dokter Mobil juga tidak perlu diragukan lagi mengenai keahliannya. Semua keahlian atau skill yang dimiliki oleh seorang montir sudah ahli dan tidak perlu lagi diragukan hasil akhirnya. Tidak hanya itu saja, akan tetapi semua pengerjaan yang dilakukan oleh Bengkel Dokter Mobil juga memberikan masa garansi. Sehingga, di saat suatu ketika terjadi kerusakan bisa langsung dibawa lagi pada Bengkel Dokter Mobil.

Jangan sampai salah dalam pemilihan bengkel mobil di saat akan membersihkan kondensor yang kotor. Ketika ingin membersihkan komponen kondensor AC mobil bisa langsung saja berkunjung pada Bengkel Dokter Mobil.

Kini Bengkel Dokter Mobil tidak hanya melayani perbaikan atau membersihkan kondensor yang kotor saja. Akan tetapi, bengkel tersebut juga menyediakan beberapa sparepart yang berhubungan dengan komponen kondensor AC mobil. Lakukan reservasi service AC untuk cuci kondensor hingga pemeriksaan komponen AC mobil lainnya di Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil via WhatsApp. Anda juga bisa berkunjung langsung ke cabang Bengkel Dokter Mobil terdekat. Percayakan sepenuhnya masalah perbaikan gas mobil naik sendiri pada mobil kesayangan Anda di Bengkel Dokter Mobil.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai cara membersihkan kondensor kotor pada mobil. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin melakukan perawatan mobil bagian kondensor AC mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 9876

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya