📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Penyebab dan Cara Mengatasi Diesel Runaway

diesel runaway

Diesel runaway merupakan salah satu kondisi dimana mesin terus menyala dan berada di putaran tinggi meski kontak sudah posisi off. Artinya, mobil yang tidak mau mati di saat kunci sudah posisi off inilah yang sering disebut dengan diesel runaway.

Pada saat kondisi sudah seperti itu, maka tidak bisa lagi dikontrol dan bahkan diberhentikan secara manual. Biasanya, kondisi tersebut juga membuat komponen diesel runaway terus mengalami perputaran dan sampai dengan mengeluarkan asap mengepul pada bagian ujung knalpot.

Ketika sudah terjadi hal tersebut, para pengemudi atau pemilik mobil biasanya langsung panik. Permasalahan tersebut bisa saja terjadi, karena beberapa penyebab dan harus dipahami oleh para pemilik mobil.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi diesel runaway. Sedangkan, untuk Anda yang penasaran dengan salah satu permasalahan tersebut bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Diesel Runaway

Penyebab Diesel Runaway

Diesel runaway juga sering terjadi, karena ada kerusakan pada bagian komponen pompa bahan bakar. Untuk bagian mesin modern, biasanya penyebab permasalahan tersebut berasal dari komputer mesin atau yang sering disebut dengan ECU.

Permasalahan yang satu ini memang sangat jarang sekali terjadi. Namun, untuk para pengguna mobil dengan bahan bakar solar bisa saja mengalami permasalahan yang satu ini. Beberapa penyebab dari permasalahan diesel runaway adalah:

  • Terdapat komponen yang macet

Penyebab terjadinya diesel runaway adalah ada beberapa komponen dalam mobil yang macet. Sehingga, dengan hal tersebut memberikan pengaruh terhadap bagian komponen tersebut.

Selain itu, untuk penyebab yang satu ini bisa saja terjadi di saat ada kemacetan pada bagian komponen plunger atau element.  Pada saat engin runaway atau fuel injection mempunyai tipe in line, maka plunger yang macet akan akan bisa kembali lagi ke posisi idle.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Untuk permasalahan tersebut sangat jarang sekali terjadi. Pada permasalahan yang satu ini bisa saja terjadi, karena semua plunger saling terhubung. Artinya meski pedal gas sudah kembali pada posisi idle, akan tetapi untuk bospom akan terus mengalirkan bahan bakar solar dengan jumlah yang banyak.

Bisa saja di saat terjadi masalah di bagian diesel runaway bisa memberikan potensi terjadinya ledakan. Untuk besarnya ledakan ini juga akan tergantung dengan banyaknya bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar.

  • Terjadi control sleeve atau pinion macet

Pada faktor kali ini dibagi menjadi dua jenis yaitu bospom baik in line atau distributor. Bagian control sleeve yang macet, akan memberikan dampak terhadap ketidakmampuan pada bagian plunger untuk mengatur injeksi bahan bakar di bagian ruang bakar.

Jadi, pada bagian bospom inline dan bagian control sleeve ini terpisah. Sedangkan, untuk bagian bospom distributor dengan rotor head ini masih menjadi satu. Perbedaannya hanya pada bospom inline saja.

  • Bagian metering macet

Komponen metering pada mobil mempunyai tugas untuk mengontrol pasokan bahan bakar pada bagian rotor head bospom inline dengan tipe DPA, DPC dan DPS. Selain itu, untuk masalah diesel runaway juga bisa saja terjadi akibat adanya kotoran atau air yang membuat komponen tersebut tidak berfungsi dengan baik.

  • Terjadi kebocoran oli

Penyebab paling akhir dari permasalahn yang satu ini adalah terdapat kebocoran oli. Untuk hal yang satu ini dikuatkan dengan satu fakta, bahwa mesin diesel dengan bospom distributor juga pernah mengalami hal tersebut.

Pada hal yang satu ini menjadi salah satu jalur untuk bahan bakar dapat masuk ke dalam komponen rotor head. Namun, harus diingat lagi hal tersebut juga harus melalui yang namanya solenoid.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, Ketahui Penyebab Oli Mobil Bocor

Saat stop kontak dimatikan, maka untuk arus menuju solenoid juga ikut putus. Secara otomatis, untuk jalur bahan bakar ini harus mempunyai sifat secara tertutup. Sehingga, untuk tingkat kebocoran oli masih bisa terjadi pada celah piston ring dengan liner yang terlalu lebar.

Cara Mencegah Diesel Runaway

Setelah membahas perihal penyebabnya, sekarang Anda harus paham juga dengan cara mengatasi permasalahan tersebut. Perlu Anda ketahui untuk kejadian diesel runaway bisa saja terjadi secara tiba-tiba. Beberapa langkah yang harus dilakukan pada masalah satu ini adalah:

  • Menunggu sampai dengan solar benar-benar habis

Cara pertama bisa dilakukan dengan menunggu sampai dengan kondisi solar benar-benar habis. Pada saat berada di perjalanan, Anda bisa membawa kendaraan ke pinggir dan jauhkan dari keramaian.

Ketika sudah, pastikan juga mobil berhenti dengan menggunakan rem tangan. Setelah itu, segeralah tinggalkan mobil tersebut. Namun, untuk mobil yang membawa banyak penumpang bisa cepat-cepat untuk menurunkan semua penumpang.

Lalu, segera berikan peringatan pada pengguna jalanan untuk menjauh dan paling tidak terlalu dekat dengan mobil kalian. Tunggu saja sampai dengan bahan bakar mobil benar-benar habis.

Pada saat solar sudah habis, maka kondisi mesin mobil akan mati secara otomatis. Sekali lagi, hal yang perlu diingat adalah menarik rem tangan dan tinggalkan mobil. Satu hal pentingnya lagi adalah di saat kondisi tersebut sangat rentan terjadinya kebakaran mobil.

Langkah antisipasi yang bisa dilakukan adalah mengempeskan bagian ban mobil agar tidak dapat bergerak lagi. Ketika solar sudah habis, maka mesin yang awalnya nyala langsung mati seketika. Panggil juga tukang derek untuk membawa bengkel kalian ke bengkel terdekat.

Saat ini hampir setiap wilayah atau daerah mempunyai banyak sekali macam-macam bengkel mobil. Akan tetapi, perlu diingat lagi tidak semua bengkel mobil memberikan pelayanan yang terbaik.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk Anda melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu. Sehingga, dengan riset tersebut bisa dijadikan alat untuk menentukan mana bengkel yang mempunyai layanan terbaik.

Pemilihan Bengkel yang Tepat Untuk Mengatasi Diesel Runaway

Permasalahan diesel runaway menjadi hal yang tidak biasa-biasa saja. Artinya, Anda harus benar-benar memilih bengkel yang sudah ahli dalam bidangnya. Selain itu, pastikan juga semua mekanik sudah mempunyai banyak pengalaman di dalam permasalahan tersebut.

Sampai dengan saat ini ada salah satu bengkel mobil yang mempunyai kualitas terbaik yaitu Dokter Mobil. Bengkel Dokter Mobil adalah salah satu bengkel yang mempunyai layanan perbaikan mobil secara lengkap. Selain itu, Bengkel Dokter Mobil juga mempunyai orang-orang atau mekanik yang sudah ahli dalam bidangnya masing-masing.

Salah satu layanan yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan diesel runaway adalah Jet Clean. Jet Clean di Dokter Mobil akan melakukan pembersihan komponen-komponen yang berkaitan dengan ruang pembakaran secara menyuluruh dari kotoran kerak karbon yang menumpuk. Kerak karbon yang menumpuk ini seringkali menjadi pemicu aktivitas pembakaran jadi kurang optimal hingga mengakibatkan macetnya berbagai komponen, hal ini berujung pada diesel runaway jika terjadi pada mobil bermesin diesel.

Teknisi di Dokter Mobil akan memastikan bahwa proses Jet Clean akan dilakukan dengan maksimal hingga kerak karbon yang menumpuk tak tersisa. Selain itu, layanan Jet Clean juga menyediakan pemeriksaan mobil hingga di 32 titik secara GRATIS sehingga Anda bisa lebih memahami jika terdapat komponen yang bermasalah dan dapat mencegah kerusakan lebih lanjut.

Pertanyaan Seputar Jet Clean Dokter Mobil

Jet Clean adalah membersihkan seluruh bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, seperti piston, valve dan intake, injector, throttle body, catalytic converter dan EGR untuk mobil bermesin diesel.
Untuk harga yang dibanderol terkait layanan Jet Clean di Dokter Mobil, anda bisa langsung menghubungi kontak CS Dokter Mobil. CS kami akan senang hati untuk menjelaskan berbagai pertanyaan Anda seputar layanan Jet Clean ini.
Jet Clean bertujuan untuk mengembalikan performa mobil lama anda seperti baru kembali. Proses Jet Clean merupakan pembersihan kerak karbon sisa dari pembakaran, di beberapa komponen yang terhubung ruang bakar hingga saluran Injector. Karena kerak karbon yang menumpuk merupakan penyebab dari tenaga mobil berkurang, mengelitik, dan boros.
Tune up di bengkel-bengkel lain juga turut serta melakukan proses pergantian oli. Proses pergantian oli secara konvensional ini umumnya masih menyisakan sisa oli di pompa oli dan dinding mesin hingga mencapai 900 ml! Dokter Mobil memiliki cara mutakhir untuk mengganti oli agar lebih maksimal, yakni Cuci Darah. Cuci Darah merupakan metode penggantian oli mesin dengan cara dirontokkan sisa oli dan disedot hingga oli terkuras dengan bersih. Untuk performa yang lebih memuaskan untuk mobil kesayangan Anda, disarankan untuk mencoba layanan Jet Clean serta Cuci Darah di Dokter Mobil.

Maka dari itu, untuk Anda yang ingin melakukan perawatan pada mobil diesel Anda sebelum permasalahan diesel runaway ini terjadi,  bisa langsung saja lakukan layanan Jet Clean dengan melakukan reservasi Jet Clean Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil via WhatsApp. Anda juga bisa berkunjung langsung ke cabang Bengkel Dokter Mobil terdekat. Percayakan sepenuhnya masalah perbaikan mobil pada Bengkel Dokter Mobil.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai perihal permasalahan diesel runaway. Besar harapan dengan adanya informasi diatas bisa memberikan informasi kepada para pemilik mobil yang sedang mengalami permasalahan tersebut.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/