📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Penyebab Blower AC Mobil Lemah dan Cara Mengatasinya

blower ac mobil lemah

Tentunya dengan adanya kendala blower AC mobil lemah menjadikan kendala tersebut sangat mengganggu dan memberikan ketidaknyamanan dalam berkendara, dikarenakan ketika Anda sedang berkendara dengan menyalakan AC mobil telah menjadi sebuah hal yang wajib untuk dilakukan, terlebih ketika sedang melakukan perjalanan yang jauh.

Menyalakan ac mobil menjadi salah satu faktor penting untuk membuat baik pengendara maupun pengemudi tetap bisa merasa nyaman ketika sedang berkendara apalagi jika melihat bagaimana faktor cuaca di Indonesia yang memiliki musim tropis. Akan tetapi, bukan hal yang tidak mungkin ketika ac mobil dinyalakan Anda menyadari jika blower AC mobil lemah sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik dan optimal.

Sudah pasti kondisi di mana blower AC mobil lemah dan tidak bisa berfungsi dengan baik ini akan membuat Anda merasa karena sudah pasti komponen dari blower AC lemah akan membuat sirkulasi udara menjadi tidak lancar dan hal tersebut tentu mengharuskan Anda untuk membuka jendela sehingga udara yang ada di luar bisa masuk ke dalam membuat sirkulasi udara menjadi baik. Oleh karena itu, bisa dikatakan jika komponen sistem ac ini menjadi salah satu komponen yang penting karena memiliki fungsi untuk menghembuskan udara dari komponen evaporator ke kabin mobil dan membuat suhu udara pada mobil menjadi lebih sejuk.

Udara yang keluar dari lubang horizontal pada ac mobil ini berasal dari blower AC sehingga jika blower AC mobil lemah maka secara otomatis akan memberikan dampak karena komponen ini sangat penting dan memiliki nilai yang paling utama. Untuk menghindari kerusakan yang semakin parah tentunya Anda perlu untuk melakukan perbaikan, tetapi sebelum Anda melakukan perbaikan ada baiknya jika Anda mengetahui lebih dulu apa saja yang menjadi penyebab blower AC mobil lemah sehingga Anda melakukan antisipasi.

Blower AC Mobil Lemah Disebabkan Karena Kerusakan pada Sekring Mobil

blower ac mobil lemah

Pada dasarnya, komponen blower AC mobil lemah ini merupakan salah satu hal yang menandakan jika terjadi kerusakan atau masalah terhadap spare part pada mobil Anda dan jika Anda membiarkan hal tersebut tentu saja kerusakan akan semakin parah dan bisa saja komponen mobil lainnya juga bisa mengalami kerusakan.

Salah satu komponen yang bisa menyebabkan blower AC menjadi lemah adalah kerusakan yang terjadi pada sekring dari blower AC mobil. Sekring mobil ini bisa menyala dan digunakan karena memiliki energi listrik yang dialirkan oleh aki maupun dari dinamo. Oleh karena itu, ketika terjadi kerusakan pada sekring blower bisa menjadi salah satu alasan mengapa blower AC mobil lemah dan tidak bisa berfungsi lebih optimal dibandingkan sebelumnya. Sekring mobil yang mengalami kerusakan ini bisa disebabkan karena adanya kabel sekring yang telah putus sehingga membuat listrik yang memberikan aliran energi tidak bisa mengalir secara optimal.

Baca Juga: Kerusakan Rangkaian Kelistrikan AC Mobil Beserta Solusinya

Selain itu, sekring pada mobil ini pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan sekring yang ada pada rumah Anda di mana sekring mobil ini memiliki peran sebagai pengaman dari arus listrik.  Oleh karena itu, ketika sekring pada blower ini sampai putus dan menyebabkan blower AC lemah maka bisa menjadi salah satu penanda jika terjadi korsleting ketika Anda menyalakan AC mobil.  Jika masalah ini sampai terjadi maka ada baiknya jika Anda langsung membawa mobil Anda ke bengkel mobil dan melakukan perbaikan karena jika hanya dibiarkan saja maka bukan hal yang tidak mungkin jika kerusakan akan semakin parah. Tentu hal ini jangan sampai terjadi karena biaya perbaikan akan semakin mahal.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Blower AC Mobil Lemah Karena Kerusakan pada Komponen Relay Blower

Salah satu yang membuat blower AC mobil lemah ini juga bisa disebabkan karena terjadinya kerusakan pada komponen blower lainnya yaitu relay blower. Komponen dari relay blower ini memiliki peran sebagai pemisah penggunaan dari arus listrik yang menggunakan daya besar dengan penggunaan daya yang lebih kecil. Nantinya, arus listrik ini akan mengalir dari komponen mesin blower ke saklar komponen AC.

Pada dasarnya, komponen relay blower ini memang sengaja dipasangkan pada mobil agar blower mobil tidak mengalami overworked atau kerja yang berlebihan, bahkan hingga relay blower yang menjadi rusak karena harus relay blower perlu menyalurkan arus listrik dalam jumlah yang besar. Jika relay blower ini bisa sampai rusak akan membuat arus listrik tidak akan bisa mengalir dari aki ke mesin blower mobil sehingga membuat blower pun menjadi mati dan tidak dapat dioperasikan dengan baik dan optimal.

Blower AC Mobil Lemah Karena Kerusakan pada Resistor Blower

Salah satu alasan komponen blower mobil lemah adalah karena terjadinya kerusakan pada resistor blower. Komponen dari resistor blower ini merupakan sebuah komponen dari susunan tahanan listrik yang diatur besar atau kecilnya aliran listrik sehingga bisa mempengaruhi kecepatan putaran dari blower AC. Oleh karena itu, jika komponen dari resistor blower ini sampai putus maka tidak akan ada arus listrik yang akan mengaliri arus blower dan jika sampai hal ini terjadi maka blower AC pun tidak akan bisa menyala.

Baca Juga: Masalah pada Blower AC Mobil dan Cara Penanganannya

Ketika arus listrik mengalir melewati tahanan dari resistor yang besar akan membuat blower AC mobil menjadi berputar dengan lebih pelan dan begitu pula sebaliknya mesin blower akan berputar dengan lebih cepat ketika melewati tahanan listrik yang lebih kecil.

Blower AC Mobil Lemah Karena Kerusakan pada Motor Blower

Salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan blower AC mobil lemah ini adalah terjadinya kerusakan pada motor blower. Motor blower ini sendiri merupakan sebuah dinamo yang berputar jika komponen ini mendapat aliran arus listrik. Pada bagian ini juga memiliki beberapa komponen yang akan mendukung pergerakan dari komponen blower AC misalnya seperti komponen kumparan, carbon brush, hingga magnet. Beberapa komponen dari blower AC ini yaitu kumparan dan carbon brush memang cukup sering mengalami kerusakan.

Jika komponen ini sampai mengalami kerusakan maka akan membuat motor blower pada sistem AC ini pun akan mati dan kalau komponen ini sudah rusak maka tidak ada cara lain selain mengganti motor blower AC agar sistem blower AC bisa berfungsi dengan baik dan optimal.

Blower AC Mobil Lemah Jika Terjadi Kerusakan pada Saklar

Saklar pada blower ini memang menjadi komponen pada sistem ac yang paling jarang mengalami kerusakan. Akan tetapi, bukan hal yang tidak mungkin jika saklar blower ini juga bisa mengalami kerusakan. Saklar atau yang dikenal sebagai switch ini posisinya berada pada console AC dan memiliki ikon dengan bentuk kipas.

Jika saklar atau switch blower ini sampai rusak tentu saja akan memberikan sebuah pengaruh pada komponen blower AC sehingga akan menyebabkan fungsi dari blower AC menjadi tidak optimal karena jika sampai saklar atau switch blower ini rusak akan memerikan sebuah potensi di mana arus listrik tidak akan bisa mengalir ke komponen blower sehingga blower tidak dapat bekerja dengan optimal.

Penutup

Demikianlah penjelasan kami mengenai blower AC mobil lemah. Sebelum Anda mengatasi permasalah dari masalah blower AC mobil ini ada baiknya jika ada mengetahui lebih dulu apa yang menjadi penyebab permasalahan tersebut agar bisa di antisipasi dengan baik. Jika Anda sudah mengetahui penyebab masalah pada blower maka Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel mobil terpercaya untuk segera diperbaiki dengan baik.

Lakukan service AC dari mulai pemeriksaan hingga penggantian komponen di Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil via WhatsApp untuk cari tahu lebih lanjut seputar layanan service AC pada mobil Anda. Anda juga bisa kunjungi langsung cabang-cabang Dokter Mobil terdekat.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

cuci AC mobil berapa bulan sekali

Cuci AC Mobil Berapa Bulan Sekali

Cuci AC mobil berapa bulan sekali sih? Memiliki AC yang berfungsi dengan baik dalam mobil adalah salah satu kenyamanan penting saat berkendara, terutama di cuaca

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!