New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
rangkaian kelistrikan ac mobil

Kerusakan Rangkaian Kelistrikan AC Mobil Beserta Solusinya

Selain adanya kerusakan pada kompresor AC, suhu kabin mobil tidak dingin juga disebabkan oleh kerusakan pada rangkaian kelistrikan AC mobil. Sebab, rangkaian kelistrikan di bagian AC mobil ini bisa saja menyebabkan gangguan penyaluran suhu dingin dari kompresor menuju ke blower AC. Alhasil, suhu kabin mobil tetap terasa panas meskipun kompresor AC dalam keadaan normal.

Oleh sebab itu, pemilik kendaraan wajib membawa ke bengkel mobil terpercaya untuk tindakan servis guna mengatasi masalah pada rangkaian kelistrikan. Jika tidak segera diatasi, maka dapat menyebabkan kerusakan lain pada komponen AC mobil.

Namun, tidak semua bengkel mobil di Indonesia menerima servis AC mobil. Hanya bengkel spesialis saja yang mampu dan sanggup mengatasi kerusakan di bagian rangkaian kelistrikan pada AC mobil. Salah satu bengkel terpercaya di Indonesia yang merupakan spesialis servis AC mobil adalah Dokter Mobil.

Jenis-Jenis Kerusakan pada Rangkaian Kelistrikan AC Mobil Beserta Solusinya

rangkaian kelistrikan ac mobil

Memang, cukup sulit untuk mendeteksi adanya kerusakan pada bagian komponen kelistrikan AC mobil. Sebab, tidak ada ciri-ciri khusus jika ada salah satu komponen tersebut mengalami kerusakan.

Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk ke Dokter Mobil guna melakukan tune-up atau pengecekan di bagian AC mobil. Umumnya, kerusakan pada komponen AC mobil ini disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Pecahnya Magnetic Clutch

Magnetic clutch merupakan komponen AC mobil yang menjadi “motor penggerak”. Sebab, magnetic clutch berfungsi untuk menghubungkan antara kompresor AC dengan mesin penggerak mobil. Jika komponen ini aus atau pecah, maka kompresor AC tidak akan berfungsi secara normal.

Alhasil, suhu kabin mobil terasa panas. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka pemilik harus membawa ke bengkel spesialis AC untuk servis atau penggantian komponen magnetic clutch.

  1. Putusnya Saklar AC Mobil

Kerusakan rangkaian kelistrikan AC mobil ini biasanya disebabkan karena saklar putus. Putusnya saklar ini menyebabkan kompresor AC mobil tidak dapat dinyalakan, meski kondisi mesin dalam keadaan hidup. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka butuh montir bengkel berpengalaman guna penggantian saklar AC mobil yang putus.

  1. Relay Tidak Berfungsi Normal

Relay pada komponen AC mobil ini memiliki peran penting. Relay ini berfungsi untuk mendistribusikan arus listrik ke magnetic clutch, blower fan AC mobil, dan komponen sejenis lainnya. Jika relay tidak berfungsi normal, maka AC mobil tidak dapat mengeluarkan suhu dingin. Hal ini tentu mengganggu kenyamanan Anda dalam berkendara.

Tips Memilih Bengkel Mobil untuk Servis dan Penggantian Komponen AC Mobil

Fungsi Liqui Moly Diesel Purge

Apabila AC mobil tidak dingin atau mengeluarkan suara bising, maka Anda disarankan untuk segera membawa ke bengkel spesialis AC. Sebab, masalah pada komponen AC mobil ini cukup beresiko jika tidak ditangani oleh montir atau teknisi berpengalaman. Jadi, ada baiknya untuk membawa ke bengkel segera.

Memilih bengkel mobil juga tidak boleh sembarangan. Anda harus membawa ke bengkel spesialis AC. Sebab, servis atau penggantian komponen harus ditangani dengan benar dan sangat hati-hati.

Jika tidak, maka AC mobil tidak dapat berfungsi normal kembali. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk memilih Dokter Mobil sebagai pilihan bengkel servis AC kendaraan roda empat.

Mengapa Harus Memilih Dokter Mobil Sebagai Bengkel Servis AC Kendaraan Anda?

Pilihan tepat jika Anda memilih Dokter Mobil sebagai tempat mengatasi rangkaian kelistrikan ac mobil. Sebab, kami mempekerjakan montir serta teknisi khusus untuk servis dan penggantian unit komponen AC mobil terbaik, terlatih, dan berpengalaman.

Sehingga, masalah kerusakan rangkaian kelistrikan AC mobil dapat ditangani dengan cepat dan profesional. Selain itu, kami memberikan garansi servis jika dalam kurun waktu tertentu AC mobil kembali bermasalah.

Baca Juga : Treatment Ozone Mobil

Alamat bengkel Dokter Mobil ini pun juga tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Tercatat, cabang bengkel kami ini terletak di beberapa jalan utama di kawasan Jabodetabek, Surabaya, dan Makassar. Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi cabang bengkel Dokter Mobil terdekat jika Anda menemukan adanya kerusakan pada rangkaian kelistrikan AC mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 12368

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya