Artikel

Mengenal Sistem AC Mobil, Cara Kerja, dan Cara Merawatnya

Mengenal Sistem AC Mobil, Cara Kerja, dan Cara Merawatnya

Bagi anda pengguna mobil, sudahkah anda mengetahui lebih dalam sistem AC pada mobil anda? Tak dapat dipungkiri memang AC mobil sudah menjelma menjadi fitur terpenting dalam memberikan kenyaman penggunanya. Bukan hanya sekedar mengetahui saja, namun juga bertujuan agar anda tidak perlu sering membawa ke bengkel jika suatu saat nanti AC mobil anda mengalami masalah.

Kenali Lebih Dalam Sistem AC Mobil Anda

Ada apa aja sih dalam AC mobil anda? Yuk intip satu persatu dibawah ini;

1. Kompressor

Kompressor AC mobil berfungsi untuk mengalirkan refrigerant freon media pendingin di dalam sistem AC mobil. Kompresor AC mobil umumnya digerakkan oleh mesin mobil itu sendiri.

Agar kompresor bisa dihidupkan dan dimatikan sesuaikeinginan saat menggunakan AC, maka penghubung putaran ke mesin menggunakan kopling magnet.

2. Kondensor

Kondensor pada sistem AC mobil berfungsi untuk mengkondensasikan media pendingin di dalam sistem. Gas freon dirubah menjadi bentuk cair di dalam kondensor.

Ini dapat terjadi karena ada pelepasan panas ke udara luar melalui sirip-sirip kondensor.

3. Filter atau dryer

Filter atau dryer pada sistem AC berfungsi untuk menyaring partikel kotoran di dalam sistem.

Filter atau dryer juga menyerap uap air yang ikut beredar di dalam sistem. Kotoran yang ikut beredar di dalam sistem dapatmenyumbat saluran-saluranyang ada, sehingga dapat mengganggu kerjanya sistem AC.

Sedangkan uap air yang ikut beredar dalam sistem dapat terjadi pembekuan karena temperatur media pendingin bisa turun di bawah 0 0C, hal tersebut dapat menyumbat yang akhirnya mengganggukerjanya sistem AC.

4. Katup expansi

Katup expansi pada sistem AC berfungsi untuk menurunkan tekanan media pendingin. Refrigan atau freon yang berbentuk cair bertekanan tinggi diubah menjadi tekanan rendah dalam bentuk kabut. Akibat dari penurunan tekanan tersebut maka temperatur media pendingin menjadi turun drastis.

5. Evaporator

Evaporator berfungsi sebagai pemanas ketika angin yang dihembuskan oleh blower melewati heater. Heater mendapatkan panas yang berasal dari saluran radiator pada mesin mobil. Heater pada mesin mobil sering ditemukan pada mobil yang sengaja dibuat untuk daerah yang memiliki suhu udara dingin sehingga berfungsi sebagai penghambat di dalam kabin mobil.

Cara Kerja Sistem AC Mobil

Kompresor di gerakkan oleh mesin mobil, memompa dan mensirkulasikan media pendingin atau freon yang masih berbentuk gas ke dalam sistem dengantekanan tertentu.

Selanjutnya media pendingin tersebut dialirkan ke kondensor, di kondensor freon didinginkan dengan melepas panas ke udara luar lewat sirip-sirip kondensor.

Dikarenakan temperaturnya menurun maka media pendingin yang tadinya berbentuk gas dari kompresor akan berubah menjaddi media pendingin berbentuk cair.

Selanjutnya media pendingin tersebut dialirkan ke Filter atau dryer untuk dilakukan penyaringan maupun pengeringan terhadap uap air yang ikut beredar di dalam sistem.

Freon yang sudah difilter, di alirkan ke katup expansi untuk menurunkan tekanan freon, karena tekanan turun maka otomatis temperatur juga turun, akibat dari penurunan tekanan media pendingin berubah menjadi kabut dengan temperatur yang rendah.

Freon yang sudah turun tekanannya dan temperaturnya dialirkan ke evaporator, akibatnya evaporator menjadi dingin. Udara yang mengalir melalui sirip-sirip evaporator panasnya diserap sehingga temperatur udara tersebut menjadi turun. Udara yang sudah turun temperaturnya dialirkan kedalam ruang kendaraan sehingga terasa sejuk.

Sementara itu di dalam evaporator terjadi perubahan bentuk pada freon, yang semula berbentuk kabut dari katup expansi berubah menjadi gas pada evaporator. Media pendingin yang sudah dalam bentuk gas dari evaporator siap dihisap dan di sirkulasikan ke dalam sistem.

Bagaimana Cara Merawat Sistem AC Mobil ?

Kini anda sudah mengetahui pengenalan sistem komponen mobil dan cara kerjanya. Selanjutnya, anda juga wajib tahu cara merawat sistem AC mobil anda. Apa saja ya? Cek selengkapnya dibawah ini;

1. Jaga Kebersihan Pada Kabin Mobil

Tidak ingin berjerawat atau batuk-batuk hanya karena AC kotor?

Pastikan kabin mobil anda selalu bersih dari kotoran dan debu. Kabin yang kotor dan berdebu tentu tidak baik untuk kebersihan AC mobil dan juga kesehatan anda. Perlu diketahui bahwa kotoran dan debu tersebut dapat menempel pada kabin dan jok mobil hingga bersarang pada penyerapan sirkulasi udara pada AC mobil.

2. Hindari Membuka Lebar Kaca Saat AC Menyala

Hindari mengendarai mobil dengan jendela terbuka lebar saat AC dinyalakan. Hal ini berakibat berbagai kotoran debu jalanan dapat masuk secara bebas kedalam kabin mobil dan tersedot oleh AC.

3. Hindari Merokok Dalam Kondisi AC Mobil Menyala.

Perlu diketahui, asap mobil dapat tersedot melalui AC mobil. Asap rokok dapat membuat bagian evaporator menjadi berlendir dan kotor.

Jika ingin merokok di dalam mobil sebaiknya matikan AC dan bukalah kaca agar asap rokok tersebut keluar dan tidak menempel di kabin mobil.

4. Bersihkan Kondensor AC Mobil

Usahakan melakukan perawatan berkala pada bagian kondesor AC. Bersihkan kondensor saat mencuci mobil untuk membuang debu dan kotoran yang menempel. Jika dibiarkan, maka dapat menyebabkan kebocoran dan korosi.

Jika sudah terjadi, tentu biaya service yang dikeluarkan semakin membuat kantong anda membengkak.

5. Bersihkan Filter Kabin

Rutinlah merawat dan membersihkan filter kabin. Lakukan perawatan dengan cara saat melakukan servis di tukang servis AC mobil. Jika memang sudah dianjurkan untuk ganti, sebaiknya lakukanlah pergantian filter kabin secara berkala agar performa dapat terjaga secara maksimal.

6. Lakukan Selalu Servis Berkala Pada AC Mobil

Dengan melakukan servis berkala pada AC, akan menjadi lebih mudah dalam melakukan perawatan dan teratur dalam pergantian parts pada sistem pendingin AC mobil anda. Di Dokter Mobil, rasakan pengalaman servis berbeda dan gratis checknya loh..

Lihat Juga : Penjelasan Lengkap Tentang Sistem AC Mobil

Nah, itulah ulasan terkait Mengenal Sistem AC Mobil, Cara Kerja, dan Cara Merawatnya. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

Butuh Jasa Bengkel AC Mobil?

Dokter Mobil adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, DomoLovers..

Tidak perlu takut mengenai biaya service di Dokter Mobil karena estimasi biaya service dapat diperlihatkan di muka sebelum melakukan service. Selain itu beberapa service di Dokter Mobil bersifat free alias GRATIS.

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Latest Posts

Persamaan Dokter Manusia Dan Dokter Mobil? Cari Tahu Disini Yuk Biar Gak Bingung
Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak Yang Harus Anda Hindari!
Perbedaan Mobil Manual Dan Matic
Komponen Mesin Mobil Yang Perlu Anda Ketahui!
Jenis Jenis Mobil Honda yang Ada di Indonesia