📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

5 Tips Memilih Jasa Service AC Mobil, Agar Aman dan Terpercaya!

tips memilih jasa service ac mobil

Saat ini, banyak sekali pemilik kendaraan yang mengandalkan tips memilih jasa service ac mobil dalam rangka menentukan bengkel penyedia layanan servis AC terbaik bagi kendaraannya. Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan beberapa tips memilih jasa service ac mobil terbaik yang dapat Anda coba. Namun sebelum itu, mari kita simak bersama penjelasan lengkap mengenai mekanisme jasa service AC mobil di bawah ini.

Mekanisme Jasa Service AC Mobil

tips memilih jasa service ac mobil

Saat Anda membawa mobil Anda untuk mengikuti tips memilih jasa service ac mobil, teknisi akan memulai dengan mengecek suhu kabin saat mengoperasikan AC. Mereka kemudian akan melanjutkan untuk memeriksa tingkat zat pendingin yang ada dalam sistem. Ketika level refrigeran (freon) turun, itu bisa memengaruhi kemampuan AC untuk mendinginkan udara. Faktanya, salah satu alasan paling umum mengapa AC tidak mendinginkan mobil Anda dengan benar adalah tingkat freon yang turun. Dengan menggunakan alat pengukur tekanan dan mesin pengisian ulang gas AC yang presisi, maka teknisi akan mengeluarkan zat pendingin dan menambahkannya ke tingkat yang disarankan.

Saat mengerjakan ini, mereka juga akan memeriksa apakah ada kemungkinan kebocoran atau retakan pada saluran AC dan selang. Teknisi dapat menggunakan pewarna UV untuk lebih menentukan kemungkinan kebocoran dalam sistem. Kemudian tak lupa juga teknisi akan memeriksa komponen kompresor, yang merupakan komponen paling mahal dalam sistem AC mobil.

Baca Juga: Faktor Utama Penyebab AC Mobil Bau dan Cara Mengatasinya

Jika kompresor tidak berfungsi, maka seluruh sistem AC akan gagal. Jadi, jika ada kebocoran yang terlihat bisa jadi karena seal dan bearing yang buruk. Kompresor yang mengeluarkan suara mendesing saat beroperasi bisa menunjukkan hal yang sama. Cara terbaik untuk menjaga kompresor tetap bekerja adalah dengan memeriksanya dan memperbaikinya secara rutin. Selain itu, pastikan juga untuk meminta teknisi untuk mengganti oli kompresor.

Kondensor yang berada di depan mesin juga perlu diperiksa untuk sirip yang bengkok/rusak atau saluran yang tersumbat. Kondensor biasanya bisa tersumbat karena daun, debu, dan kotoran yang menumpuk. Ini juga benar-benar dapat menurunkan efisiensi pendinginan AC mobil. Jika demikian halnya, kondensor harus dicuci dengan tekanan air ringan agar siripnya tidak bengkok.

Selain itu, para teknisi biasanya juga akan melihat apakah komponen dryer atau pengering berfungsi dengan baik. Mereka juga melakukan pemeriksaan akhir pada evaporator untuk mengetahui adanya penumpukan uap air. Penumpukan kelembapan bukanlah hal yang baik. Hal ini dikarenakan kandungan air dapat meresap ke dalam komponen kelistrikan vital di bawah dashboard. Terakhir, teknisi akan membersihkan filter kabin atau filter HVAC (pemanas, ventilasi, AC) yang terletak di bawah glove box. Para ahli menyarankan setelah setiap 15.000 km, filter AC perlu diganti.

Tips Memilih Jasa Service AC Mobil

tips memilih jasa service ac mobil

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Bandingkan berbagai bengkel layanan AC mobil

Tips memilih jasa service AC mobil yang pertama dan cukup penting adalah membandingkan beberapa bengkel yang menyediakan layanan pemeriksaan dan servis AC mobil. Anda tidak boleh terburu-buru dalam membuat keputusan dan memilih bengkel secara asal. Sebaliknya, lakukan riset dan pilih beberapa bengkel ternama seperti Dokter Mobil. Bandingkan harga, layanan, dan fitur lainnya, lalu pilih yang terbaik sesuai kebutuhan Anda. Bandingkan juga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki sistem AC mobil. Di atas segalanya, Anda harus memeriksa layanan terbaru dari setiap bengkel layanan AC mobil.

  • Periksa kredensial setiap bengkel

Tips memilih jasa service AC mobil yang kedua dan tak kalah penting adalah memeriksa kredensial setiap bengkel yang menyediakan layanan AC mobil. Seperti yang sudah dibahas di atas, riset merupakan langkah awal untuk menemukan jasa perbaikan AC terbaik. Saat Anda mencari secara online, Anda akan menemukan banyak sekali informasi tentang setiap bengkel kendaraan.

Anda dapat menganalisis testimonial, peringkat, dan ulasan pelanggan terbaru dari bengkel yang dipilih. Ulasan terbaru ini akan memberi Anda gambaran  tentang nilai penyedia layanan di mata pelanggan. Jika ada bengkel yang memiliki ulasan yang layak, maka Anda dapat memilihnya. Ingat, Anda akan menemukan ulasan positif dan negatif. Karena itu, tips memilih jasa service AC mobil yang perlu kamu praktikkan adalah teliti secara menyeluruh dan buat keputusan Anda dengan bijak.

  • Memilih bengkel dengan staf dan peralatan yang ramah pelanggan

Tips memilih jasa service AC mobil yang ketiga adalah memilih bengkel dengan staf dan peralatan yang ramah pelanggan. Ketika Anda mencoba untuk memilih penyedia layanan perbaikan AC, pilihlah bengkel yang memiliki mekanik yang terlatih dan terampil. Kompetensi mekanik dan staf akan terlihat dalam seberapa cepat dan efisien mereka menemukan masalah dan memperbaikinya.

Staf harus ramah pelanggan dan mendengarkan masalah Anda dengan sabar. Yang terpenting, peralatan dan perlengkapannya harus baru dan efisien. Jika sebuah bengkel mobil menggunakan peralatan dan mesin lama yang tidak sesuai dengan standar pasar terkini, itu jelas menunjukkan bahwa mereka belum memperbarui pengetahuan dan keterampilan mereka.

  • Meminta beberapa saran dari teman dan kerabat Anda

Tips memilih jasa service AC mobil yang selanjutnya adalah meminta beberapa saran dari teman dan kerabat Anda. Salah satu tips memilih jasa service AC mobil termudah untuk menemukan penyedia layanan AC mobil terbaik adalah dengan meminta rekomendasi dari orang-orang terdekat Anda. Mintalah saran dari orang-orang yang memiliki mobil yang hampir sama. Satu hal yang perlu Anda pahami di sini adalah bahwa sistem pendingin udara setiap jenis mobil seperti sedan, SUV mewah, MPV, dll berbeda. Karena itu, Anda harus mempertimbangkan pabrikan dan tipe mobil Anda saat meminta rekomendasi dan saran. Saat ini, sebagian besar penyedia layanan AC mobil menerima perbaikan AC bagi semua jenis mobil.

  • Periksa garansi yang diberikan

Tips memilih jasa service AC mobil yang terakhir adalah memeriksa garansi. Penyedia layanan AC mobil profesional biasanya akan selalu menawarkan garansi atas layanan mereka. Ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kepercayaan pada layanannya dan juga merupakan tanda layanan pelanggan yang baik. Garansi pada suku cadang AC seperti filter, evaporator, pengering, kompresor, dll adalah suatu keharusan. Anda dapat langsung bertanya kepada perusahaan tentang syarat dan ketentuan garansi mereka. Poin ini sangat penting untuk diterapkan sebagai tips memilih jasa service AC mobil yang kredibel dan dapat diandalkan.

Rekomendasi Bengkel Untuk Memilih Jasa Service AC Mobil yang Terpercaya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, service AC mobil merupakan salah satu tindakan yang cukup penting, terutama apabila komponen sistem pendingin mobil sedang mengalami kendala. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi para pemilik kendaraan untuk memeriksakan kondisi dari komponen AC untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih serius. Di samping itu, penting juga dilakukan servis atau pembetulan pada komponen AC mobil apabila mulai terlihat tanda-tanda awal kerusakan.

Untuk melakukan pemeriksaan atau servis AC kendaraan, sangat disarankan untuk mendapatkan layanan professional dari bengkel terpercaya seperti Bengkel Dokter Mobil. Dokter Mobil merupakan bengkel mobil yang dapat mengatasi berbagai masalah pada kendaraan Anda, mulai dari pengecekan hingga servis. Layanan servis AC merupakan salah satu “spesialisasi” Dokter Mobil. Selain telah dipercaya oleh ribuan dan dari berbagai jenis mobil untuk diserahkan permasalahan AC mobil nya, Dokter Mobil juga sudah mengantongi standar ISO 9001:2015. Proses pemeriksaan dan servis di bengkel Dokter Mobil semuanya dikerjakan oleh para profesional terlatih dan menggunakan alat yang canggih serta sesuai standar. Sehingga layanan yang diberikan terkait permasalahan AC pada mobil-mobil pun dijamin memuaskan.

Tentu jika ac dingin, langkah pertama nya adalah harus di check terlebih dahulu, apakah cukup dibersihkan ac mobilnya, atau ada faktor lain. Dokter mobil melayani service ac dengan standar bengkel ISO 9001:2015. Datang sekarang, untuk lakukan General Checkup Mobil GRATIS. Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.
Hal pertama yang akan dilakukan adalah melakukan GENERAL CHECKUP. Kemudian akan dijelaskan kendala, dan tindakan terbaik yang perlu dilakukan. Setelah itu akan dilakukan beberapa tahap lanjutan, salah satunya pembersihan evaporator, kondensor, dan flushing. Semua menggunakan teknologi mutakhir dengan standar bengkel internasional ISO 9001:2015. Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.
Semua akan terlihat jika anda melakukan GENERAL CHECKUP MOBIL di Dokter Mobil. Mengenai pertanyaan ini, anda harus mulai mengecek Ruang Bakar Mesin Mobil. Lebih jelasnya, konsultasikan gratis ke CS kami.
Dokter Mobil menggunakan metode Karbon Clean dalam melakukan pengecekan Ruang Bakar Mesin Mobil. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi. Semua bisa dan datang ke Dokter Mobil PASTI BERES ! Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai mekanisme service AC mobil dan beberapa tips memilih jasa service AC mobil terbaik serta terpercaya. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa menentukan layanan service AC mobil terbaik tidaklah sulit apabila Anda mengikuti tips jitu yang tersedia. Bagi Anda yang ingin melakukan service AC mobil, sangat disarankan untuk mendapatkan layanan dari bengkel profesional seperti Dokter Mobil agar bisa mendapatkan hasil terbaik. Hubungi Dokter Mobil (klik di sini) untuk pecahkan permasalahan AC mobil Anda atau kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8567

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.