🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Service AC Mobil Terdekat dan Masalah yang Sering Terjadi 2022

Terdekat

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Secara umum, ada banyak sekali komponen pada kendaraan roda empat yang menjalankan fungsinya masing-masing. Salah satu komponen pada mobil yang cukup esensial adalah komponen pendingin atau AC. Melalui sistem pendingin mobil ini, pengendara serta penumpang dapat menikmati sirkulasi udara yang lancar serta kenyamanan suhu udara yang sejuk dalam kendaraan.

Meski dengan segala keunggulannya, komponen AC kendaraan pada dasarnya sama dengan komponen lainnya yang dapat mengalami kerusakan ataupun penurunan kualitas dari waktu ke waktu. Apabila permasalahan ini sudah terjadi, biasanya pengendara akan memilih solusi yang paling mudah yakni dengan service AC mobil terdekat.

Ciri-Ciri Masalah Pada AC Mobil Serta Solusi Untuk Service AC Mobil Terdekat

Service AC Mobil Terdekat

 

Masalah pada AC mobil sebenarnya merupakan hal yang biasa, namun tetap membutuhkan penanganan segera. Untuk dapat mengetahui masalah pada komponen pendingin mobil dapat dilakukan dengan memperhatikan ciri-ciri khususnya. Oleh karena itu, berikut telah kami rangkum ulasan lengkap mengenai ciri-ciri masalah pada AC mobil.

Suhu AC Tidak Dingin

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengetahui ciri masalah pada AC mobil adalah melalui suhu udara yang dikeluarkan. Dalam hal ini, AC mobil yang normal biasanya akan mengeluarkan udara yang sejuk cenderung dingin, terutama ketika suhu udara luar sedang tidak terlalu panas, dan mobil diparkir di tempat yang sejuk. Apabila AC mobil mengeluarkan udara yang tidak dingin dan cenderung hangat, bahkan ketika suhu udara luar sedang sejuk, maka dapat dipastikan terjadi masalah pada sistem pendingin mobil.

Apabila AC mobil mulai terasa tidak dingin, maka kerusakan kondensor sering menjadi penyebab utamanya. Kerusakan kondensor yang paling umum terjadi yakni ketika komponen tersebut kehilangan tekanan normalnya, sehingga kinerjanya menjadi tidak maksimal. Kondensor yang rusak tentu tidak dapat mengubah wujud freon dari gas menjadi cair dengan baik, serta pembuangan panas menjadi berkurang. Akibatnya, udara yang dihasilkannya pun cenderung tidak dingin.

Bunyi yang Mengganggu

Ciri berikutnya dari masalah pada AC mobil adalah timbulnya bunyi yang mengganggu. Pada umumnya, bunyi ini dapat terdengar dengan jelas terutama ketika mobil baru dinyalakan. Bunyi yang menandakan kerusakan komponen AC mobil cukup berbeda dengan bunyi mesin mobil yang normal, di mana suaranya lebih mirip seperti mesin rusak. Bunyi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya yaitu komponen trush bearing yang rusak, piston yang mulai aus, atau kualitas oli kompresor yang menurun.

Cara untuk melakukan pengecekan untuk masalah bunyi pada AC mobil sangatlah mudah, yakni dengan memeriksa kondisi oli kompresor terlebih dahulu di service AC mobil Terdekat dari rumah anda. Oli kompresor pada dasarnya berfungsi untuk mencegah gesekan antar komponen, serta menjaga kestabilan suhu agar tidak terlalu panas. Jika oli kompresor kurang atau menurun kualitasnya, maka kinerja komponen kompresor semakin berat dan akhirnya mengeluarkan bunyi.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Namun, apabila oli kompresor sudah berkurang banyak meski dalam jangka waktu singkat atau jarak tempuh yang tidak terlalu besar, maka ada kemungkinan terjadi kebocoran pada saluran oli yang dapat diperbaiki di service AC mobil terdekat.

 Tiupan Udara AC Melemah

Selanjutnya, ada ciri lain yang sering kali ditemukan oleh para pengendara dan menandakan kerusakan pada komponen pendingin mobil, yakni tiupan udara AC yang dirasa melemah. Biasanya, AC mobil sudah dirancang secara khusus dengan akses tombol yang lengkap, termasuk tombol untuk mengatur tiupan udara. Sesuai dengan namanya, tombol ini berfungsi untuk mengatur seberapa besar tiupan udara AC yang diinginkan dari lemah hingga kuat. Namun, apabila tombol pengatur tiupan AC telah diatur untuk menjadi kuat, namun tiupannya tetap lemah, maka dapat dipastikan terjadi kerusakan pada salah satu komponen AC kendaraan.

Sebagai informasi, terdapat salah satu komponen penting dalam sistem pendingin mobil yakni resistor blower. Komponen yang satu ini memiliki fungsi utama untuk mengontrol kecepatan kipas blower otomotif, serta kekuatan tiupan udara AC di dalam kabin. Tiupan AC yang melemah bisa jadi disebabkan oleh adanya masalah pada resistor blower, sehingga dibutuhkan pengecekan lebih lanjut di service AC mobil terdekat.

Dibaca Juga:Bengkel Terdekat Untuk Mobil JABODETABEK

Timbul Bau yang Mengganggu pada AC

Secara umum, AC mobil yang normal tentunya tidak akan mengeluarkan bau apapun. Pengendara bisa saja mengaplikasikan wewangian mobil agar udara AC terasa lebih wangi, namun wangi ini pada dasarnya memang bukan berasal dari komponen AC sendiri. Sebaliknya, apabila timbul bau tidak sedap pada mobil, umumnya hal tersebut disebabkan adanya kotoran atau bekas makanan yang berasal dari karpet mobil atau bagian lainnya dalam kabin, bukan dari komponen AC. Namun, apabila timbul bau pada AC meski sudah diperiksa tidak adanya sumber dari kabin, maka hal ini bisa jadi disebabkan oleh masalah pada komponen AC.

Biasanya, bau mengganggu yang berasal dari AC mobil disebabkan oleh beberapa hal, seperti terakumulasinya kotoran pada saluran dan evaporator AC, ataupun filter yang sudah lama tidak dibersihkan sehingga kotoran dan kuman semakin menumpuk. Untuk dapat mengatasi masalah ini, pengendara dapat melakukan pembersihan secara mandiri, atau mengunjungi service AC mobil terdekat untuk hasil terbaik.

Solusi untuk Masalah AC Mobil

Sebenarnya, cara yang paling mudah untuk mengetahui serta mengatasi masalah pada AC mobil adalah dengan mengunjungi service AC mobil terdekat. Selain itu, terdapat beberapa cara lainnya yang terbukti cukup efektif, di antaranya yaitu:

Melakukan Pengisian Freon AC Mobil

Solusi pertama untuk mengatasi masalah pada AC mobil adalah dengan membawa mobil anda service AC mobil terdekat dari rumah anda agar  melakukan pengisian freon AC mobil. Sebenarnya apabila kita menggali secara lebih dalam, secara teori freon AC tidak akan bisa habis karena terus mengalami siklus yang berputar.

Namun seperti yang kita ketahui, kualitas dari komponen mobil pasti akan menurun seiring dengan usia pemakaian. Dalam hal ini, komponen pada pendingin mobil seperti karet seal di sambungan selang atau pipa bisa saja mengalami penurunan dalam kualitas hingga mengalami kerenggangan atau berlubang yang mengakibatkan bocornya freon, untuk itu kalian harus mengechek kondisi AC mobil anda ke Service AC mobil terdekat dari rumah anda.

Apabila freon mengalami kebocoran, maka lama-lama akan habis sehingga performa dari sistem pendingin kendaraan pun tidak dapat bekerja secara maksimal. Ketika hal ini terjadi, ada baiknya bagi Anda untuk segera mengunjungi service AC mobil terdekat untuk dilakukan perbaikan komponen serta pengisian ulang freon.

Melakukan Pemeriksaan Rutin

Masalah AC Mobil

Pemeriksaan rutin sangatlah penting untuk dilakukan pada kendaraan Anda, baik untuk memeriksa komponen pendinginan ataupun komponen mobil lainnya. Untuk pemeriksaan komponen pendingin (AC) mobil sendiri sangat mudah, yakni dengan mengunjungi service AC mobil terdekat. Pemeriksaan rutin ini perlu dilakukan untuk menganalisis permasalahan pada komponen AC, serta memberikan solusi sesuai dengan penyebab masalah tersebut untuk itu kalian harus membawa mobil kalian ke tempat service AC mobil terdekat.

Terdapat pepatah yang harus selalu diingat oleh para pemilik otomotif yakni “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Apabila kita tidak melakukan langkah-langkah pencegahan seperti pemeriksaan rutin, maka masalah yang dapat terjadi di kemudian hari dapat menjadi lebih serius. Oleh sebab itu, rutin melakukan pengecekan kondisi sistem pendingin di service AC mobil terdekat bisa menjadi langkah preventif yang tepat.

 Mengganti Oli Kompresor

Sama seperti oli jenis lainnya pada kendaraan, oli kompresor juga cukup penting dalam membantu kinerja kompresor AC mobil agar suhunya tetap stabil serta terhindar dari gesekan yang mengurangi performa. Oleh karena itu, penggantian oli kompresor juga harus dilakukan agar kualitas sistem pendinginan kendaraan dapat terus terjaga. Idealnya, oli kompresor AC mobil dapat diganti di service AC mobil terdekat setiap satu tahun sekali, atau ketika mobil sudah menempuh jarak sekitar 20.000 kilometer.

Namun, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan yakni karakteristik oli kompresor. Secara garis besar, terdapat 2 karakteristik atau jenis dari oli kompresor AC mobil yakni oli yang berbentuk cair serta oli yang berbentuk gas. Kedua karakteristik oli ini perlu disesuaikan dengan jenis refrigerant yang digunakan pada sistem pendingin, yakni jika refrigerant AC mobil berwujud gas, maka jenis oli yang harus digunakan adalah oli yang berwujud gas. Sebaliknya, apabila refrigerant AC mobil berwujud cair, maka jenis oli yang harus digunakan adalah oli yang berwujud cair.

Dibaca Juga:Rekomendasi Bengkel Terdekat Terbaik Untuk Kendaraan Roda Empat

Mengunjungi DOKTER MOBIL

Service AC Mobil Terdekat

Terakhir, ada tips ampuh untuk mengatasi permasalahan pada sistem AC mobil yakni dengan mengunjungi DOKTER MOBIL. Mungkin, masih ada beberapa orang yang bertanya-tanya, seperti apakah DOKTER MOBIL itu? Sama seperti dokter pada umumnya, DOKTER MOBIL juga dapat mengobati berbagai penyakit, tetapi bukan penyakit pada manusia melainkan pada kendaraan. Oleh sebab itu, segala macam permasalahan mobil Anda dapat diatasi di bengkel DOKTER MOBIL  service ac mobil terdekat termasuk masalah pada sistem pendingin.

Layanan service AC mobil terdekat di DOKTER MOBIL cukup lengkap dan variatif, di antaranya yaitu Cuci Evaporator, Cuci Kondensor, Cuci Blower AC, Ganti Oli Kompressor, FOGGING & CDC64, serta layanan Ganti Filter AC. Selain itu, seluruh metode pengecekan dan service AC mobil terdekat di DOKTER MOBIL semuanya dilakukan oleh para profesional, sehingga pastinya aman dan terjamin.

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai ciri-ciri adanya permasalahan pada AC mobil serta solusi untuk mengatasinya, termasuk dengan service AC terdekat. Dari pemaparan di atas, dapat diketahui bahwa masalah pada AC mobil memang merupakan hal yang umum ditemukan, dan dapat diketahui melalui ragam ciri-ciri khusus. Selain itu, ada banyak sekali solusi untuk mengatasi permasalahan AC mobil, salah satunya dengan mengunjungi service AC mobil terdekat di bengkel DOKTER MOBIL. Layanan yang tersedia di bengkel DOKTER MOBIL sudah terbukti lengkap dan efektif, sehingga Anda dapat menikmati servis yang aman, profesional, serta dapat diandalkan.

Jangan lupa juga untuk kalian membaca atau mengunjungi Blogs Dokter Mobil untuk mengetahui update terbaru dari dokter mobil banyak promo yang akan kami berikan pada kalian dan kalian juga dapat mengetahui update terbaru mengenai otomotif.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1345

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.