New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Banyak Faktor Penyebab Tarikan Mobil Berat saat Menekan Pedal Gas

Tarikan Berat? Cek 5 Penyebab Tenaga Mobil Berat Disini

Tarikan mobil sudah terasa berat? Bukan tanpa sebab, penyebab tenaga mobil jadi berat ini jika dibiarkan lebih lanjut maka imbasnya kerusakan menjadi merembet ke komponen lainnya. Hal ini bisa menimpa jenis mobil apapun baik LCGC maupun menengah keatas. Salah satu pemicunya yakni karena tidak diimbangi perawatan rutin secara berkala.

Tangani sesegera mungkin dengan melihat penyebab selengkapnya dibawah ini;

Ring Piston

Penyebab yang pertama ialah ring piston sudah aus. Ausnya komponen ini disebabkan oleh gesekan secara terus-menerus dengan dinding silinder ketika mesin dihidupkan. Alhasil menimbulkan friksi yang sangat kecil.

Selain itu, ring piston juga dapat mengalami penumpukan kotoran yang disebabkan oleh kerak karbon. Kinerja ring piston pun menjadi terhambat.

Blok Silinder

Selain ring piston, part lainnya yang dapat memicu aus yakni blok silinder. Meskipun blok silinder memiliki ukuran dan ketebalan lebih dibandingkan ring piston, namun tak menutup kemungkinan blok silinder dapat mengalami keausan lebih cepat.

Ternyata ini sebabnya! Pemicunya yakni disebabkan oleh telat pergantian oli mesin. Keausan blok silinder dan ring piston akan terjadi dalam kurun waktu 3 tahun setelah pembelian mobil. Jangan heran bila indikasi ini dapat menimbulkan kerusakan komponen lainnya.

Klep atau Katup

Tahukah anda fungsi dan kegunaan dari klep atau katup? Part ini berfungsi sebagai pintu masuk material berupa udara dan bensin dari intake, dan sebagai pintu keluar gas buang dari mesin ke knalpot. Hal ini dapat menjadi pemicu tarikan mobil berat dan mesin tidak bertenaga.

Untuk menangkal kondisi tersebut, saat ini mesin mobil pada umumnya sudah menerapkan double katup atau lebih dikenal dengan DOHC yang berfungsi memperlancar pemasukan dan pengeluaran material terhadap mesin. Jika penyetalan celah katup kurang tepat justru akan menurunkan tekanan kompresi mesin.

Gasket Kepala Silinder

Komponen ini memiliki fungsi yang tidak kalah penting, yakni mencegah kebocoran gas pembakaran, air pendingin dan oli. Oleh sebab itu maka kondisi gasket kepala silinder harus tahan suhu panas dan tekanan dalam setiap perubahan temperatur mesin

Tanpa gasket, maka akan terjadi kebocoran kompresi pada sambungan ini karena dua-duanya sama-sama berbahan logam sehingga sama-sama keras.

Busi

Nah penyebab terakhir ialah busi yang sudah mengalami penumpukan kotoran. Tidak ada salahnya untuk mengecek kondisi busi dan perhatikan secara seksama. Jika kondisi busi sudah kotor, maka sebaiknya segera bersihkan busi dengan cairan khusus untuk mengangkat kerak membandel pada busi.

Jika masih nihil, maka solusi terakhir yakni mengganti dengan busi yang baru sebab kualitas busi yang sudah menurun juga mempengaruhi pemanik api pada busi.

Solusi Mudah Memperbaiki Tenaga Mobil Berat

Untuk memperbaiki tenaga mobil yang berat, maka solusinya yakni dengan melakukan servis tune up. Tahukah anda tune up pada mobil? Tune up merupakan salah satu jenis servis untuk membersihkan semua ruang pembakaran agar terbebas dari kerak karbon.

Baca Juga : Perbedaan Servis Bengkel Resmi dengan Tune Up Dokter Mobil

Dengan melakukan tune up, tidak hanya mengembalikan tarikan mobil yang berat namun dapat membuat bahan bakar kembali menjadi irit. Mau?

Itulah penyebab tenaga mobil berat dan solusinya. Jangan biarkan kerusakan semakin merembet ke komponen lainnya. Tangani segera ke bengkel ahlinya !

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya