New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Hal Sepele Ini Jadi Penyebab Mobil Overheating, Cegah Segera

Gejala overheating dapat menyerang semua jenis mobil, baik itu mobil LCGC maupun mewah sekalipun. Lantas apa penyebab mobil overheating ? Penyebabnya tak lain adalah suhu mesin yang sudah terlampau panas sehingga kinerja mesin menjadi terganggu. Biasanya gejala overheat terindikasi dnegan munculnya kepulan asap putih dari kap mesin.

Overheat sering di identikkan dengan kelalaian pengguna sebab hal tersebut tidak diimbangi dengan perawatan berkala yakni membawa mobil ke bengkel servis. Mau tidak mau anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk memperbaiki overheat.

Masalah overheat bisa saja disebabkan oleh permasalahan dibawah ini, apa saja itu? Yuk tilik selengkapnya;

1. Radiator Kering

Hal pertama yang patut anda curigai adalah radiator. Bukan tanpa sebab, radiator merupakan komponen part untuk menangkal suhu mesin panas. Bisa saja radiator sudah dalam kondisi kering karena air radiator sudah habis. Mengapa air radiator dapat habis?

Sistem sirkulasi radiator mengalamai kebocoran dan suhu mesin menguap dengan drastis. Alhasil proses pendinginan mengalami gangguan. Tidak heran bila overheat muncul.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mengganti air radiator setiap menempuh 20 kilometer. Pastikan air radiator menggunakan coolant terbaik untuk spesifikasi mesin mobil anda.

2. Radiator Bocor atau Rusak

Tidak hanya kering, namun radiator pun dapat berpotensi memicu terjadinya kebocoran. Mengapa dapat terjadi? Hal ini disebabkan oleh korosi dari air radiator. Korosi inilah yang dapat menyebabkan radiator mengalami pengikisan hingga dapat bocor.

Pemicunya ialah air radiator yang jelek hingga menimbulkan endapan kotoran.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menguras air radiator minimal 2 – 3 bulan sekali.

3. Seal Tutup Radiator Sudah Rusak

Selanjutnya, seal penutup radiator dapat mengalami kerusakan seiring dengan intensitas penggunaan mobil. Seal dapat mengalami getas hingga permukaannya menjadi mengeras. Alhasil tutup radiator tidak dapat berkinerja dengan baik.

Oleh sebab itu disarankan untuk mengganti tutup radiator setiap 5 tahun sekali. Meskipun part tersebut memiliki life time, namun jangan lupakan untuk sesekali mengecek kondisi seal, sebab bisa saja seal dapat getas lebih cepat.

4. Motor Fan Tidak Berfungsi

Terakhir, motor fan pada mobil anda juga patut harus mendapatkan pengecekan. Motor fan berfungsi untuk mengusir hawa panas di mesin mobil untuk menjaga temperatur suhu mesin tetap dalam kondisi stabil.

Dampak dari motor fan mati ialah tidak ada hembusan angin untuk mendinginkan coolant di radiator. Tidak heran bila overheat muncul sebab hawa panas pada mesin.

Solusinya tidak lain ialah segera membawa ke bengkel terdekat untuk dilakukan perbaikan lebih lanjut. pastikan bengkel yang hendak anda tuju memang spesialis dibidangnya.

Itulah ulasan mengenai penyebab mobil overheating. Semoga dapat menjadi alternatif rujukan permasalahan mobil anda. Senang dapat membagi informasi seputar dunia otomotif untuk Anda..

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Solusi Permasalahan AC di Bengkel AC Terbaik untuk Mobil 
Tanda Kerusakan serta Apa Fungsi Stator pada Alternator
Dokter Mobil Pilihan Tepat Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara
 Ini Rekomendasi Service AC Mobil di Bekasi: Buka Akhir Pekan, Masalah AC dan Keunggulan 
Permasalahan Mobil: Mesin Mobil Keluar Asap