New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Jarang Diketahui, Inilah Penyebab Mesin Tidak Bertenaga

Permasalahan sejuta umat yang kerap menghampiri pengguna mobil ialah mesin brebet atau ngempos. Lalu apa sih penyebab mesin tidak bertenaga? Jangan dibiarkan terlalu lama, sebab kondisi ini dapat mengikis kenyamanan berkendara anda sehingga lambat laun dapat mengikis komponen part mesin lainnya. Tilik penyebab selengkapnya dibawah ini;

Jalur BBM

Penyebab pertama ialah bahan bakar mesin yang bermasalah. Penyebabnya pun beragam, bisa jadi tangki tercampur dengan air banjir, serta endapan kotoran. Alhasil kotoran inilah menjadi bersarang di filter. Jika filter sudah kotor maka sudah menjadi kewajiban untuk diganti dengan yang baru.

Selain itu, fuel pump juga dapat menjadi bermasalah sehingga bensin yang dikeluarkan oleh injektor tidak tercapai keseluruhan sehingga pembakaran tidak sempurna.

Baca Juga : Segera Atasi Penyebab Mobil Boros BBM Agar Tidak Merembet

Injeksi atau injektor pun juga dapat mengalami pecah pada bagian ujung sehingga tidak dapat menyala atau mati total. Part tersebut juga dapat mengalamo penumpukan kotoran sehingga berdampak ketika melakukan penyemprotan BBM tidak bisa mengkabut secara sempurna. Otomatis pembakaran menjadi jelek.

Jalur Angin

Tidak hanya BBM saja, namun jalur angin juga dapat mengalami permasalahan sehingga menghambat tarikan menjadi brebet atau ngempos.

Penyebab pertama yaitu filter yang kotor. Semakin kotor filter udara maka udara yang masuk semakin sedikit. Alhasil kinerja mesin juga mengalami gangguan. Solusinya yakni ganti filter udara, gunakan filter berbahan dasar cotton. Jangan pakai berbahan dasar kawat sebab kotoran dapat loss masuk kedalam.

Selanjutnya yakni bocor di turbo. Sebab jarak dari turbo ke intech atau throttle bersifat langsung. Turbo tidak bisa menekan dengan baik sehingga berimbas tenaga menjadi brebet.

Wasapadai juga hal ini, sensor MAF/MAP juga dapat mengalami permasalahan serius. Sensor tersebut dapat berpotensi kotor sehingga data yang diberikan tidaklah berjalan dengan akurat. Itu sebabnya jika melakukan perawatan sebaiknya cek juga kondisi sensor agar bersih terbebas dari kotoran.

Terkahir EGR. Part ini hanya berlaku pada mobil jenis diesel seperti Pajero, Fortuner, Innova, dll. EGR dapat mengalami penumpukan kotoran seiring dengan berjalannya waktu intensitas pemakaian. Sehingga valve intake, thorttle, tertutup dengan kotoran sehingga berimbas pada tarikan menjadi berat.

Itulah sekelumit penyebab mesin tidak bertenaga. Segera bawa mobil anda ke bengkel spesialis sekarang juga agar mobil bebas dari brebet atau ngempos. Pastikan mobil anda ditangani oleh bengkel tepat ya..

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda