New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Segera Atasi Penyebab Mobil Boros BBM Agar Tidak Merembet

Segera Atasi Penyebab Mobil Boros BBM Agar Tidak Merembet

Berkendara dengan mobil pribadi memberikan efek kenyamanan tersendiri bagi penggunanya. Namun jika anda akhir-akhir ini merasa harus bolak-balik lebih cepat ke mengisi bensin, ketahui hal ini sudah menjadi pertanda mobil boros bbm

Jangan anggap spele mobil boros bbm, bisa jadi terdapat beberapa komponen bermasalah. Duit tekorr, bbm makin ambyarr.. Memang solusi terbaik ialah membawa ke bengkel spesialis terdekat. Tidak harus selalu ke bengkel. Sebagai pengguna cerdas dan bijak, anda dapat menganalisa penyebab mobil boros bbm agar dapat memberikan penanganan tepat.

Selengkapnya simak dibawah ini;

1. Jarang Mengganti Oli

Kapan terakhir anda mengganti oli mobil? Oli yang jarang diganti akan mengendap dalam tanki hingga berubah menjadi kerak membandel.

Untuk menguras oli lama beserta kerak, anda harus melakukan flushing oli agar tank bersih dan siap dimasuki oleh oli baru.

Percuma saja jika oli sudah diganti namun didalamnya masih terdapat sisa endpan oli lama. Tidak hanya membuat performa menjadi menurun, namun bbm boros.

Sebaiknya ganti oli saat kilometer sudah mencapai angka 10.000km atau waktu 6 bulan, tergantung mana yang dicapai terlebih dahulu. Acuan ini telah menjadi standarisasi pabrik dan mekanik pada umumnya. Namun tidak harus. Mengapa?

Baca Juga : Cara Memilih Oli yang Bagus dan Tepat untuk Mobil Diesel

Khusus bagi warga perkotaan, intensitas kemacetan hampir setiaop hari dihadapi tiap agenda perjalanan. Waktu terbuang lama melewati kemacetan padat merayap. Disaat seperti inilah oli mobil bekerja lebih ekstra untuk turut menstabilkan suhu mesin agar terhindar dari overheat. Jadi, tidak perlu menunggu waktu 6 bulan atau 10.000km untuk mengganti oli mobil.

2. Filter Udara Kotor

Kapan terakhir anda melakukan servis ringan pada mobil? Ketahui ini, mobil yang jarang mendapatkan perawatan servis secara berkala dapat memicu pengendapan kerak pada filter udara ruang pembakaran. Sebab kotoran inilah yang menjadi penghambat kinerja mobil.

3. Ausnya Piston dan Ring Piston

Tahukah anda? Dalam sehari piston dapat terus bergesekan hingga lebih dari satu juta. Tidak heran akibat gesekan inilah yang menyebabkan piston cepat aus dan terkikis. Alhasil performa berkendara juga ikut menurun. Tarikan loyo, bbm juga cepat abis.

Demikian informasi mengenai penyebab mobil boros bbm. Kini anda sudah mengetahui betapa pentingnya perawatan mobil secara berkala pada mobil anda agar tidak menimbulkan gejala kerusakan lainnya.

Baca artikel menarik lainnya di Dokter Mobil

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya