šŸ“¢ Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ā© Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

4 Cara Memilih Oli untuk Mobil Diesel yang Bagus & Tepat

4 Cara Memilih Oli untuk Mobil Diesel yang Bagus & Tepat

Kebiasaan sembarangan memilih oli untuk mobil diesel dapat berakibat fatal. Performa mobil bisa turun dan mengganggu kenyamanan berkendara. Oleh sebab itu, mesin mobil perlu mendapatkan pelumas yang tepat.

Bagaimana cara memilih oli untuk mobil diesel yang tepat? Apakah anda rela berkendara dengan mesin yang tidak mampu menjaga mesin dari gesekan dan overheating? Jangan sampai mobil harus bolak-balik masuk ke bengkel hanya karena kerusakan akibat salah pakai oli mobil.

Cara Memilih Oli untuk Mobil Diesel yang Bagus dan TepatĀ 

Meskipun montir bengkel keterpercayaan anda memberikan rekomendasi terbaik untuk penggunaan jenis oli, namun anda juga harus mengetahui cara memilih oli tepat untuk mobil diesel anda. Dibawah ini, sekelumit tips atau cara memilih oli yang bagus dan tepat untuk mobil diesel. Yuk simak dibawah ini;

1. Pahami Karakter Mesin

Cara paling simpel untuk memilih oli yang tepat untuk mobil ialah dengan melihatĀ manual bookĀ yang disertakan saat pembelian. Umumnya di dalam buku tersebut dijelaskan mengenai spesifikasi mesin dan jenis oli yang tepat. Hal paling penting ialah kecocokan dengan mesin serta kualitasnya, bukan merek.

Untuk mobil bermesin diesel di daaerah tropis seperti Indonesia, sangat disarankan memilih oli dengan titik didih yang lebih tinggi. Hal ini juga akan membantu mesin menghadapi situasi daerah perkotaan yang identik dengan macet.

2. Kekentalan Oli

Walau memiliki fungsi yang sama, namun oli tidak dapat melindungi mesin secara maksimal jika kandungannya tidak sesuai dengan karakter mobil Anda. Biasanya perbedaan tersebut dapat dilihat dari kekentalan cairan oli. Tingkat kekentalan aliasĀ viscosity-gradeĀ ini ditunjukkan denganĀ nomor Society of Automotive EngineerĀ (SAE).

Semakin besar angka yang berada di belakang kode SAE, maka itu menunjukkan konsentrasi cairan yang lebih kental. Sebagai contoh, oli dengan kode SAE 15W-40. Kode tersebut menunjukkan bahwa kekentalan pada kondisiĀ winterĀ (WAE) adalah 15 sementara saat panas 40.

3. Bahan Pembuatan Oli

Oli mobil dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan bahan yang digunakan. Jenis yang pertama ialah oli sintetis yang dibuat dari berbaga bahan kimia dengan sifat aditif. Sementara itu yang kedua ialah oli mineral yang terbentuk dari ekstraksi minyak bumi, dengan kata lain lebih alami.

BACA JUGA: Inilah 3 Penyebab AC Mobil Panas Keluar Angin dan Solusinya !

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers šŸ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ā¤ļø

Loading...
Cabang :
Service :

Oli sintetis dapat berguna lebih maksimal ketika digunakan untuk mobil-mobil pabrikan baru. Kelebihan dibandingkan oli mineral pun lebih banyak, di antaranya yaitu:

  • Kadar penguapan lebih rendah karena cenderung stabil jika terkena suhu tinggi
  • Tahan terhadap gesekan dan melumasi mesin dengan lebih baik
  • Lebih ekonomis karena tahan terhadap oksidasi
  • Dapat menjaga kebersihan mesin karena mengandung detergen

4. Hindari Oli Palsu

Sekarang ini begitu banyak oli abal-abal yang beredar di pasaran. Kadang-kadang oli ini dipatok dengan harga yang relatif lebih murah, namun sang penjual kerap memberikanĀ gimmickĀ yang membuat Anda percaya. Berhati-hatilah, kenali ciri-ciri oli palsu di bawah ini:

  • Oli umumnya berwarna kunging jernih seperti minyak kelapa sawit. Oli yang palsu biasanya lebih pekat dan warnanya hitam gelap
  • Oli palsu akan terasa kasar saat dipegang dengan kedua jari karena terdapat kandungan logam
  • Bau dari oli palsu sangat tengik seperti hasil dari bekas pembakaran

Namun sekali lagi perlu diingat bahwa oli aslipun belum tentu cocok dengan kriteria mesin dan penggunaan mobil. Jadi ada baiknya konsultasikan kepada mekanik secara mendetail kebutuhan anda. Dengan demikian mekanik dapat memberikan pilihan oli terbaik.

KESIMPULAN

Untuk mobil diesel, oli untuk mobil diesel disarankan menggunakan:

Oli Diesel SAE 5W-40 Jenis oli diesel ini diperuntukan khusus untuk mobil dengan teknologi commonrail. Misalnya mobil-mobil SUV keluaran terbaru.
Oli Diesel SAE 5W-30 Cocok untuk jenis mobil yang hendak melalui medan yang cukup berat dan cuaca cukup ekstreme.
Oli Diesel SAE 15W-40 Oli diesel ini cocok untuk mobil diesel tua atau dengan usia di atas 100.000 KM

Cara Ganti Oli Untuk Mobil Diesel

Walaupun anda sudah mendapatkan jenis oli untuk mobil diesel yang tepat, namun saat ganti oli diperlukan prosedur yang tepat. Cara ganti oli dapat mempengaruhi kerja mesin kedepannya.

Dalam setiap proses ganti oli, mobil diesel WAJIB untuk melakukan penggantian filter oli. Dengan demikian, oli akan selalu bersih ketika diolah mesin. Sayangnya, banyak bengkel yang kurang kooperatif. Oli lama diganti baru, namun filter oli tidak diganti karena mereka tidak memiliki stock filter oli.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk melakukan penggantian oli di bengkel mobil yang memang memiliki stock filter oli yang sesuai dengan jenis mobil anda. Jika diperlukan, anda bisa membeli atau memesan terlebih dahulu filter oli dari toko lain.

Selain masalah filter oli, mobil diesel juga sangat disarankan menggunakan metode cuci darah ketika melakukan ganti oli. Cuci darah mobil adalah sebuah proses mengganti oli mobil menggunakan mesin canggih. Ada beberapa keuntungan dengan menggunakan mesin cuci darah saat proses ganti oli, diantaranya:

Proses Pengerjaan Cuci darah membersihkan ruang mesin 3x lebih cepat dibandingkan cara biasa
Hasil Ganti oli dengan cuci darah akan 5x lebih bersih daripada ganti oli cara biasa
Ketepatan Ganti oli bisa lebih akurat karena volume oli tidak akan kurang ataupun kelebihan
Oli Lama dan Kotoran Mesin cuci darah mampu mengangkat oli lama dan kotoran hingga 100%
Before After Ada perbedaan performa mobil sebelum dan setelah proses cuci darah
Performa Mesin Setelah cuci darah, mesin akan bisa bekerja layaknya baru. Bekerja lebih optimal

Untuk mendapatkan sistem ganti oli dengan teknologi cuci darah bisa dilakukan dengan datang ke bengkel Dokter Mobil terdekat.

Semoga pembahasan mengenai oli untuk mobil diesel ini membantu kita semua mendapatkan pelumas yang tepat. Sehingga performa mobil tetap optimal. Senang bisa menjadi sumber informasi yang bermanfaat untuk kita semua.

Ganti Oli untuk Mobil Diesel yang Tepat di Dokter Mobil

Kalau anda masih bingung dalam memilih merk oli untuk mobil diesel yang tepat dan terbaik, anda bisa mengunjungi Dokter Mobil. Nantinya tim Dokter Mobil akan menyampaikan kepada anda oli mana yang tepat untuk mobil diesel kesayangan anda.

Untuk mendapatkan rekomendasi terbaik dari Dokter Mobil, anda bisa menghubungi Dokter Mobil melalui WhatsApp (klik di sini). Semua oli untuk mobil diesel, semuanya tersedia di sini. Kami akan membantu anda dalam memilih oli mana yang tepat dan membantu mengganti oli tersebut.

Apakah biaya oli dan ganti olinya di Dokter Mobil mahal? Tenang! Ganti oli di Dokter Mobil harganya sangat bersabahat kok! Bahkan anda bisa mendapatkan potongan harga dengan ketentuan dan syarat berlaku. Semua mekanik dan peralatan serta perlengkapan yang ada di Dokter mobil adalah canggih dan modern. Jadi tunggu apalagi, yuk ganti oli untuk mobil diesel sekarang juga!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4621

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers šŸ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ā¤ļø


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya