πŸ“’ Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Fungsi Fusible Link Dan Tipe-Tipe Lainnya

Fungsi Fusible Link

Fusible link merupakan komponen yang memiliki pengaruh yang sangat penting bagi sistem kelistrikan pada mobil. Mari simak fungsi fusible link dan beberapa jenisnya berikut ini supaya dapat merawatnya dengan baik dan benar.

Fungsi Fusible Link

Fungsi Fusible Link

Fusible link adalah komponen di sistem kelistrikan pada mobil yang mempunyai fungsi untuk memberi pengaman pada sistem kelistrikan di mobil. Sistem kelistrikan pada mobil yang tidak terlindungi dengan baik akan dapat menimbulkan risiko kelistrikan mobil konslet akibat arus listrik eror dan dapat menimbulkan kejadian seperti mobil terbakar. Alhasil, berbagai kerugian tentu akan datang, mulai dari kerugian finansial maupun kerugian materiil, dan bahkan hingga ancaman kehilangan nyawa juga anggota keluarga akibat peristiwa mobil yang terbakar.

Sebuah rangkaian kelistrikan pada mobil dibutuhkan suatu komponen pengaman seperti fungsi fusible link yang berfungsi untuk mengamankan komponen-komponen kelistrikan lain ketika terjadi kelebihan arus maupun terjadi hubungan arus pendek atau mobil konslet.

Fungsi Fusible Link Pada Kendaraan

Fusible link memiliki peran yang penting untuk menahan arus agar tidak terjadi korsleting atau arus listrik eror, tentu Anda harus memahami dengan baik dan benar apa itu fusible link, jenis fusible link, dan juga cara merawatnya, agar fusible link pada sistem kelistrikan mobil yang Anda miliki dapat terjaga dengan baik dan terhindar dari risiko mobil konslet yang mengakibatkan mobil terbakar.

Secara umum fungsi fusible link hampir sama dengan komponen fuse atau sekering pada kendaraan. Perbedaan utama dari fungsi fusible link ini dengan fuse pada umumnya adalah dari kapasitas arus maksimum yang dapat dilalui komponen pengaman tersebut.

Fungsi fusible link sebagai komponen pengaman rangkaian kelistrikan saat terjadinya hubungan arus pendek (mobil konslet) atau terjadi kelebihan arus.

Kegunaan Komponen Fusible Link

Fungsi fusible link adalah untuk arus yang lebih besar dikarenakan ukuran pada fusible link yang lebih besar dan elemen yang lebih tebal.

Sama halnya dengan fuse pada umumnya, ketika terjadi konsleting kelistrikan pada mobil maka sekring akan terbakar dan akan putus. Hal ini juga terjadi pada komponen fusible link, ketika terjadi konsleting listrik maka elemen pada komponen fusible link juga akan terbakar dan akan putus yang menyebabkan arus listrik eror dan mengalami kekonsletan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers πŸ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❀️

Loading...
Cabang :
Service :

Jika fusible link sudah terbakar dan putus maka fungsi fusible link sudah tidak bisa digunakan lagi dan harus diganti dengan yang baru.

Tipe-tipe Komponen Fusible Link

Fusible link mempunyai dua tipe yaitu fusible link tipe cartridge dan fusible link tipe link. Untuk fusible link tipe cartridge juga dilengkapi dengan terminal dan pada bagian sekering menjadi satu unit. Rumah fusible link tipe cartridge juga berwarna, warna ini menjadi kode kapasitas untuk arus maksimum yang dapat melewati fusible link tersebut.

Kode Warna Pada Fusible Link Tipe Cartridge

Fusible link tipe cartridge bisa diidentifikasi kapasitas arus yang dapat melewatinya melalui warna pada rumah fusible link.

Berikut ini adalah kode warna dan tingkatan kapasitas arus pada fusible link tipe cartridge :

  • Β Warna Merah Muda

Arus 30 A

Luas penampang 0,3

  • Hijau

Arus 40 A

Luas penampang 0,5

  • Merah

Arus 50 A

Luas penampang 0,85

  • Kuning

Arus 60 A

Luas penampang 1,0

  • Hitam

Arus 80 A

Luas penampang 1,25

  • Biru

Arus 100 A

Luas penampang 2,0

Perbedaan Fuse Atau Sekring Pada Umumnya Dengan Fusible Link

Pada komponen fusible link, kapasitas arus listrik yang dapat melewati komponen fusible link tersebut lebih besar dibandingkan dengan fuse atau sekring pada biasanya.

Berbicara tentang fusible link, mungkin Anda langsung membayangkan fuse atau sekring pada umumnya. Sama-sama bekerja di sistem kelistrikan pada mobil, perbedaan fuse atau sekring pada biasanya dengan fusible link terletak pada besarnya kapasitas arus yang bisa melalui pengaman pada komponen tersebut. Fusible link bisa menahan arus listrik hingga sampai 100 A, sedangkan, fuse atau sekring pada umumnya hanya mampu menahan arus maksimal 30 A. Hal tersebut dikarenakan fusible link memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang fuse atau sekring pada umumnya, sehingga tidak memungkinkan untuk dapat menampung kapasitas arus listrik yang besar untuk melewatinya.

Cara Merawat dan Memeriksa Fusible Link Kendaraan

Berbagai macam hal tentu bisa menjadi penyebab korsleting listrik atau arus listrik eror, mulai dari kabel mesin yang bisa saja bertumpuk pada kutub aki, bisa juga karena kabel yang terkelupas, atau adanya kabel yang meleleh, dan bisa saja terjadi karena salah melakukan pemasangan sistem audio, hingga pemasangan aksesoris mobil lainnya seperti lampu dan juga klakson mobil. Menghindari beberapa macam hal dalam penyebab tersebut, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga komponen fusible link tetap dapat berfungsi dengan baik, antara lain:

  1. Melakukan Servis Mobil Rutin

Bagi Anda yang mungkin tidak terbiasa atau kurang terbiasa dalam melakukan beberapa pengecekkan pada mesin mobil secara mandiri, ada baiknya jika anda melakukan servis serta beberapa pengecekan secara berkala di bengkel mobil terdekat ataupun pada bengkel resmi terpercaya terdekat yang dapat anda kunjungi atau juga anda bisa melakukan pengecekan pada dealer resmi kendaraam amda. Servis rutin pada mobil akan memberikan banyak manfaat bukan hanya dari segi pengecekkan sistem kelistrikan mobil saja, namun juga mulai dari ban, oli, hingga komponen penting yang berada pada mobil lainnya juga akan mendapatkan perawatan intens sehingga akan dapat lebih menjamin keselamatan Anda dalam berkendara.

Dibaca Juga: 20+ Daftar Cabang Bengkel Terdekat di Kota Anda 2022

    1. Melakukan Pengecekkan Visual

Aabila Anda tidak sempat untuk melakukan servis rutin, jika Anda merasakan ada sesuatu keganjilan yang ada pada mobil saat sedang Anda gunakan, maka segeralah melakukan pengecekkan secara visual pada sistem kelistrikan di mobil Anda. Anda juga dapat melakukannya hanya dengan hanya memeriksa apakah ada komponen pada kelistrikan mobil Anda yang meleleh, terputus, atau atau mungkin bertumpuk. Anda juga dapat melakukan pengecekan lebih lanjut dengan cara melakukan perbaikan sendiri atau menghentikan pemakaian kendaraan Anda untuk sementara waktu sampai Anda bisa membawanya ke bengkel untuk dilakukannya pengecekan juga dilakukan perbaikan pada mobil Anda.

  1. Melakukan Pengetesan Mesin Mobil

Melakukan pengecekkan komponen dan fungsi fusible link pada sistem kelistrikan di mobil bisa dilakukan secara khusus dengan cara menghubungkan kabel pengetesan dengan komponen terminal fusible link. Jka Anda ingin melakukan pemeriksaan fusible link dengan cara yang satu ini, maka ada baiknya untuk memastikan bahwa mesin mobil atau sistem kelistrikan mobil sedang tidak bekerja sehingga pengecekkan yang Anda lakukan bisa berjalan dengan aman.

Sudah Anda memahami apa saja fungsi fusible link pada sistem kelistrikan pada mobil lengkap dengan komponen dan cara merawatnya, pastikan bahwa Anda sudah melakukan perawatan dan pengecekan dengan baik dan benar agar aliran listrik pada mobil dapat bekerja dengan lancar. Jika komponen fusible link sudah rusak, maka segeralah untuk melakukan penggantian pada komponen fusible link tersebut agar kemungkinan mobil konslet bisa dihindari.Β  Carilah pada bengkel terdekat dari tempat Anda berada untuk melakukan penggantian komponen dan mengerti fungsi fusible link.

Namun, pastikan juga bahwa Anda telah membeli fusible link dan melakukan penggantian di tempat servis yang tepat. Anda juga bisa melakukan penggantian dan melakukan pengecekan kendaraan anda pada Bengkel Dokter Mobil. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat. Dan anda juga bisa langsung reservasikan mobil anda di link berikut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8797

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers πŸ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❀️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers πŸ‘‹
100% potongan-500-ribu

AC mobil butuh diservis? πŸ”§ Tapi dompet sedang kritis? Dokter Mobil hadir bawa promo HEMAT 500 ribu πŸ’Έ hubungi CS sekarang! πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡