💕Selamat Hari Kasih Sayang Domo Lovers💕  📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab Terjadinya Aki Mobil Soak Dan Cara Mengatasinya

aki mobil soak

Aki mobil soak adalah salah satu masalah yang umum kali terjadi pada mobil. Penyebab dari aki mobil yang soak ini biasanya dikarenakan intensitas penggunaan pada mobil, selain itu pengguna aksesoris tambahan pada mobil juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Ada berbagai faktor yang bisa menjadi pemicunya. Oleh karenanya, sangat penting bagi kita untuk mengetahui penyebabnya tersebut.

Selain untuk menghindari terjadinya masalah pada mobil terutama di bagian listrik mobil. Mengetahui penyebab aki mobil soak juga diperlukan agar kita tidak mengalami kerusakan yang lebih parah dan mobil yang mogok secara tiba-tiba. Terlebih, masalah aki ini haruslah segera ditangani dengan tepat dan benar agar tidak menimbulkan masalah lain yang lebih besar seperti terjadinya konsleting listrik mobil yang pastinya akan berbahaya.

Mobil Yang Jarang Dipakai Penyebab Aki Mobil Soak

aki mobil soak

Sebenarnya ada banyak hal yang menAndai terjadinya aki mobil soak. Salah satu ciri yang gampang dikenali adalah indikator aki mobil yang terus menyala. Hal ini dikarenakan aki adalah bagian terpenting dari komponen mobil yang mengatur masalah listrik pada mobil, sehingga apabila terjadi masalah indikator aki mobil akan langsung menyala untuk memberikan peringatan. Tetapi, meskipun begitu ternyata mengetahui penyebab dari aki mobil soak ini juga tidak mudah.

Terdapat beberapa faktor yang memungkinkan menjadi penyebab, salah satunya adalah mobil yang jarang dipanaskan. Mobil yang jarang dipakai atau dipanaskan akan tidak akan bisa mendapatkan suplai listrik mobil yang cukup, sehingga kerja aki mobil juga tidak maksimal. Aki yang tidak bisa bekerja secara maksimal ini kemudian akan menjadi tekor, sehingga untuk menghindari hal ini sebaiknya selalu panasi mobil Anda paling tidak selama 15 menit setiap seminggu. Dengan rutin memanaskan mobil, maka aki juga akan bisa mendapatkan suplai listrik mobil yang cukup sehingga lebih awet.

Tanda aki habis juga bisa dilihat dari suara klakson dan juga starter mobil yang lebih sulit dan suara klakson yang tidak terlalu nyaring. Tanda aki habis yang lainnya adalah pada lampu mobil dimana pada saat dinyalakan, sinarnya menjadi tidak terlalu terang dan lebih redup.

Penggunaan Mobil Berintensitas Tinggi Sebabkan Aki Mobil Soak

Apabila sebelumnya penyebab dari aki soal adalah karena mobil yang jarang dipakai, kini mobil yang sering dipakai juga bisa menyebabkan aki mobil soak. Penggunaan mobil dengan intensitas yang tinggi dalam waktu lama tentu akan mempengaruhi kinerja dari aki. Karena penggunaan dalam waktu panjang dan secara terus menerus akan membuat aki menjadi bekerja lebih ekstra. Apabila dilakukan secara terus menerus dalam waktu yang lama, maka aki juga akan habis.

Oleh karenanya sangat penting bagi Anda untuk memeriksa kondisi dari aki mobil secara rutin dan berkala. Selain itu, Anda juga harus lebih peka terhadap tanda aki habis yang diberikan oleh mobil. Baik dari segi lampu indikator aki mobil yang terus menyala, ataupun klakson dan lampu yang tidak seperti biasanya, hingga proses starter yang sedikit lebih lama. Dengan begitu, amda bisa mencegah aki mobil Anda mengalami permasalahan yang lebih serius.

Air Aki Yang Habis Bisa Sebabkan Konsleting Listrik Mobil

Penyebab selanjutnya dari masalah aki mobil adalah air aki yang sudah habis. Seperti yang diketahui aki adalah bagian yang mengatur sistem kelistrikan yang ada pada mobil. Sehingga apabila terjadi masalah pada aki mobil sistem kelistrikan juga akan terganggu dan menyebabkan konsleting listrik mobil. Sebelum hal itu terjadi, akan lebih baik jika kita rajin mengecek kondisi aki.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Salah satu masalah yang biasa dihadapi oleh aki mobil adalah air aki yang sudah kering. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya perawatan yang Anda lakukan sehingga menyebabkan aki mobil menjadi kering tanpa Anda sadari. Sangat penting untuk melakukan pengecekan rutin pada aki untuk menghindari terjadinya hal ini. Dengan Anda sering melakukan pengecekan, maka Anda bisa tau kapan waktu yang tepat untuk mulai mengganti aki ataupun mengisi ulang air aki Anda.

Untuk melihat kondisi dari air aki Anda, Anda bisa  melihatnya secara langsung pada indikator aki mobil yang terdapat di wadah aki mobil. Apabila pada indikator tersebut sudah menunjukkan bahwa air aki berada pada batas minimal, segera lakukan isi ulang air aki. Lalu, apabila Anda melihat bahwa air aki mobil Anda sudah mulai berubah warna dan menjadi keruh, sebaiknya segera kuras air aki tersebut dan menggantinya dengan air aki yang baru.

Kapasitas Aki Mobil Yang Kecil

Kapasitas dari lampu mobil sebenarnya juga suatu hal yang cukup berpengaruh. Memiliki kapasitas aki yang kecil, berarti kebutuhan yang diperlukan juga harus lebih kecil agar tidak memakan banyak tenaga. Apabila Anda menggunakan kapasitas aki yang kecil, sebaiknya kurangi kebutuhan listrik pada mobil Anda yang tidak diperlukan. Dengan kebutuhan listrik yang tidak imbang dengan ukuran kapasitas aki, akan membuat aki mobil soak dan habis.

Dibaca Juga: Penyebab Aki Mobil Tiba Tiba Tekor dan Cepat Sekali Habis

Aksesoris Mobil Yang Berlebihan Bisa Membuat Aki Cepat Soak

Penyebab aki mobil soak yang satu ini sebenarnya tidak jauh dari kapasitas aki mobil yang berukuran kecil. Kapasitas aki mobil juga menjadi penentu tentang seberapa besar tenaga listrik yang bisa dihasilkan. Sebenarnya, tidak ada larangan untuk menggunakan aki mobil yang kecil dan memberikan aksesoris tambahan pada mobil. Tetapi, penggunaan aki berkapasitas kecil ini juga harus diseimbangkan dengan pemakaian yang diperlukan.

Seperti contohnya adalah pada penggunaan atau penambahan aksesoris mobil yang berlebihan. Memodifikasi mobil sebenarnya adalah hak bagi pemilik mobil, Anda bisa menambah berbagai macam aksesoris untuk mempercantik mobil Anda seperti sound system yang lebih bagus, lampu-lampu yang berkelap-kelip, ataupun menambahkan lampu projektor.

Tetapi perlu diingat kembali bahwa setiap penambahan aksesoris tersebut juga akan memakan tenga listrik mobil yang jauh lebih besar. Sehingga, sebelum Anda mulai menambahkan beberapa aksesoris kedalam mobil Anda, sebaiknya pastikan bahwa kapasitas aki Anda cukup untuk bisa menyuplai semua kebutuhan listrik tersebut. Karena apabila tidak kemungkinan an terjadi konsleting listrik mobil yang disebabkan aki yang sering mengalami tekor, apabila dibiarkan lama kelamaan juga akan membuat aki mobil soak.

Aksesoris yang paling memakan banyak listrik biasanya terletak pada sound system dan juga lampu projektor. Sehingga akan lebih baik apabila Anda mencari tahu terlebih dahulu tentang spesifikasi aksesoris yang akan Anda pasang. Dengan begitu, Anda jadi bisa menyesuaikan kebutuhan aki mobil Anda. Apakah aki mobil perlu diganti ke kapasitas yang lebih besar atau tidak.

Lakukan Servis Rutin Di Bengkel Dokter Mobil Indonesia

Setelah mengetahui tentang penyebab aki mobil soak, maka ada baiknya Anda juga selalu melakukan servis rutin untuk menghindari kerusakan pada mobil. Terlebih apabila Anda sudah mulai mendapati tanda aki habis, sesegera mungkin Anda perlu untuk menggantinya, hal ini bertujuan untuk menghindari aki mobil soak yang kemudian akan mengganggu kinerja dari mobil Anda. Lalu, dimana bengkel servis yang terpercaya dan bisa saya gunakan untuk melakukan servis mobil? Anda bisa mendatangi bengkel dokter mobil, karena bengkel dokter mobil adalah ahli kelistrikan mobil yang sudah ahli serta terpercaya.

Dengan para pekerja yang sudah berpengalaman dan profesional, anda bisa melakukan diskusi terkait permasalahan mobil yang Anda alami agar bisa segera ditangani dengan tepat. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat. Dan anda juga bisa langsung reservasikan mobil anda di link berikut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8722

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya