📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Beberapa Penyebab Dari Alarm Mobil Tidak Berfungsi 

Alarm mobil tidak berfungsi

Alarm mobil tidak berfungsi memang terkadang bisa membuat was-was, terlebih apabila kita memarkirkan mobil kita di tempat umum yang ramai. Hal ini sebenarnya bisa saja terjadi karena beberapa alasan. Alarm mobil yang tidak berfungsi ini biasanya mengalami gangguan atau kerusakan pada beberapa komponennya. Terkadang pula, alarm mobil tidak berfungsi dengan benar karena adanya gangguan yang terjadi pada sistem kelistrikan mobil yang membuat alarm menjadi tidak bekerja secara optimal.

Ada banyak kemungkinan yang bisa menyebabkan masalah ini terjadi. Terkadang, penyebabnya juga bisa dikarenakan baterai remot yang habis atau kabel yang putus. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja penyebab dari alarm mobil tidak berfungsi agar bisa memperbaikinya. Berikut adalah beberapa penyebab yang mungkin terjadi yang menyebabkan alarm mobil tidak berfungsi.

Kabel Putus Bisa Menjadi Penyebab Alarm Mobil Tidak Berfungsi

Alarm mobil tidak berfungsi

Penyebab dari alarm mobil tidak berfungsi yang pertama adalah adanya konslet yang terjadi pada kabel mobil. Kabel mobil yang terputus bisa menjadi salah satu penyebab dari gangguan ini. Kabel yang terputus dan menyebabkan gangguan ini biasanya disebabkan karena proses instalasi yang tidak tepat. Sehingga menyebabkan kabel tersebut menjadi kendor dan kemudian terputus, dan terjadilah gangguan pada alarm mobil tidak berfungsi.

Penyebab lainnya dari kabel terputus adalah adanya tikus yang menggigit kabel alarm tersebut. Seperti yang sudah diketahui bahwa tikus merupakan hewan penggerat yang sangat mengganggu karena sering menggigit apapun yang dilihatnya. Sehingga, terdapat kemungkinan jika kabel terputus ini juga dikarenakan gigitan tikus, yang bisa saja menyebabkan konslet pada sistem kelistrikan mobil. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya lakukan pengecekan terhadap instalasi kabel mobil mulai dari modul, actuator, dan juga central lock.

Apabila kondisi kabel bisa dikatakan masih layak, maka Anda bisa menyambungnya kembali dengan selotip hitam atau peralatan lainnya. Tetapi, apabila kerusakan yang terjadi cukup parah, sebaiknya anda menggantinya dengan kabel yang baru agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

Baterai Remot Yang Sudah Habis Bisa Jadi Penyebab Lain Alarm Mobil Tidak Berfungsi

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, penyebab lain dari alarm mobil tidak menyala adalah karena baterai dari remote mobil yang sudah habis. Ciri-ciri yang bisa kita ketahui apabila baterai remot habis adalah jarak pada saat kita melakukan remote dengan mobil menjadi tidak bisa terlalu jauh. Selain itu, hal ini juga ditandai dengan meredupnya lampu indikator remote. Apabila ini terjadi, berarti baterai dari remote mobil Anda sudah mulai habis dan perlu diganti.

Satu-satunya solusi yang bisa dilakukan hanyalah mengganti baterai remot mobil Anda ke baterai baru yang lebih berkualitas dan tahan lama. Biasanya, usia dari remote baterai ini adalah sekitar 1-2 tahun. Sehingga, apabila Anda merasa usia dari baterai remot anda sudah mencapai usia tersebut, segeralah ganti dengan baterai yang baru. Hal ini tentunya untuk menghindari tidak berfungsinya alarm mobil pada saat dibutuhkan.

Dibaca Juga: 20+ Daftar Cabang Bengkel Terdekat di Kota Anda 2022

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

ECU Mobil Soak

Seperti yang diketahui bahwa alarm mobil bisa berbunyi karena adanya aliran listrik, sehingga apabila terdapat masalah, hal itu juga tidak akan jauh dari sistem kelistrikan mobil. Salah satu bagian yang berperan dalam sistem kelistrikan yang ada pada mobil tidak lain tidak bukan adalah aki mobil. Sehingga, aki mobil yang soak juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Sebagai pusat dari tenaga listrik, aki tentulah memiliki peran penting dalam listrik mobil, apabila terdapat konslet yang terjadi, alarm mobil juga akan menjadi salah satu komponen yang akan terkena dampaknya.

Lalu, bagaimana kita bisa mengetahui apakah aki yang kita miliki mengalami soa atau tidak? Hal ini cukuplah mudah, aki yang mengalami Soak akan membuat suara dari Alarm mobil menjadi terdengar lebih lirih. Cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengganti aki mobil dengan yang baru. Aki mobil yang soak akan menyebabkan berbagai macam masalah dan gangguan pada sistem kelistrikan mobil, oleh karenanya Anda perlu untuk menggantinya dengan yang baru agar aki bisa kembali bekerja secara optimal seperti semula.

Adanya Gangguan Frekuensi Yang Terjadi Pda Alarm

Alarm mobil yang menggunakan remote pada dasarnya memanfaatkan frekuensi sinyal dalam penggunaannya. Oleh karenanya, terkadang alarm mobil juga bisa mengalami gangguan. Gangguan Frekuensi sinyal yang terjadi ini yang menyebabkan alarm mobil menjadi mengalami konslet. Dalam kasus ini, penyebab yang biasa dialami adalah karena adanya sinyal pemancar yang berada di dekat mobil.

Seperti, apabila Anda secara tidak sengaja memarkirkan mobil Anda berada di dekat menara pemancar seperti pemancar provider telepon BTS, hal ini tentu akan bisa mengganggu fungsi alarm mobil Anda. Selain tower BTS, ada pula beberapa tower pemancar lainnya yang bisa mengganggu sinyal alarm mobil Anda dan menyebabkan konslet. Apabila hal ini terjadi, sebaiknya pindahkan mobil anda ke tempat yang sedikit jauh dari pemancar, atau anda bisa mendekatkan remote tersebut ke mobil anda agar sinyalnya bisa menjadi lebih kuat. Karena apabila remot didekatkan, receiver alarm akan bisa lebih mudah menerima gelombang radio tanpa adanya gangguan frekuensi pada saat dikirimkan.

Sekering Alarm Yang Rusak

Penyebab dari alarm mobil tidak berfungsi yang selanjutnya adalah karena adanya kerusakan yang terdapat pada sekring alarm. Gangguan ini didapatkan apabila sekring yang terdapat dalam alarm terputus, sehingga menyebabkan alarm menjadi tidak bisa berbunyi. Karena sekring adalah bagian di alam alarm yang berfungsi sebagai jembatan untuk mengantarkan arus listrik, sehingga apabila sekring ini terputus, secara otomatis alarm akan menjadi tidak bisa difungsikan. Untuk cara mengatasi masalah ini adalah Anda bisa membuka secara manual doortrim dari pintu mobil Anda, kemudian carilah tempat sekring tersebut berada.

Tetapi sayangnya, letak dari sekring mobil ini akan berbeda-beda tergantung dari jenis mobilnya. Sehingga apabila Anda mengalaminya, sebaiknya buka buku panduan mobil yang Anda miliki dan carilah dimana tempat dari sekring Anda berada. Karena pada umumnya sekring mobil ini terletak pada bagian depan bawah, yaitu lebih tepatnya pada bagian bawah dashboard pengemudi atau bisa juga terletak di bagian mesin mobil. Apabila Anda sudah menemukannya, segera lakukan penggantian pada sekring mobil yang sudah rusak tersebut.

Membawa Mobil Anda Ke Bengkel Servis Mobil Terpercaya Di Bengkel Dokter Mobil Indonesia

Setelah mengetahui tentang penyebab dari alarm mobil yang terkadang mati dan tidak berfungsi, maka anda pasti memerlukan solusi untuk melakukan perbaikan. Ada beberapa cara yang memang bisa menjadi solusi bagi alarm mobil Anda seperti yang sebelumnya sudah saya jelaskan. Tetapi, apabila hal itu dirasa terlalu sulit untuk anda lakukan sendiri di rumah dan justru takut akan memperparah kerusakan Anda bisa langsung membawanya ke bengkel Dokter Mobil Indonesia. Karena bengkel dokter mobil ini adalah bengkel yang sudah profesional dan ahli di bidang kelistrikan dan juga masalah mobil.

Sebagai bengkel mobil yang sudah terpercaya dan ternama, bengkel ini tentunya memiliki pekerjaan yang sudah profesional dan ahli di bidangnya. Anda bisa membawa mobil anda ke sini untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Sebagai bengkel mobil yang sudah berpengalaman dalam bidang servis mobil, tentu saja mobil anda tidak akan mengalami salah penanganan. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat. Dan anda juga bisa langsung reservasikan mobil anda di link berikut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 7822

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
100% potongan-500-ribu

AC mobil butuh diservis? 🔧 Tapi dompet sedang kritis? Dokter Mobil hadir bawa promo HEMAT 500 ribu 💸 hubungi CS sekarang! 👇👇👇👇👇