📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Beberapa Penyebab Alarm Mobil Bunyi Terus

alarm mobil

Masalah alarm mobil rusak memang tak jarang dialami oleh para pemilik kendaraan. Namun sampai saat ini penyebab alarm kendaraan yang rusak tak banyak diketahui. Oleh sebab itu, berikut telah kami rangkum penjelasan lengkap mengenai beberapa faktor penyebab alarm mobil yang rusak hingga bunyi terus di bawah ini.

Mengapa Alarm Mobil Bunyi Terus?

alarm mobil

Ada beberapa alasan alarm error atau terus berbunyi, termasuk sensor yang salah, baterai atau listrik lemah, masalah kabel, korsleting listrik pada mobil, kunci yang rusak, atau bisa juga dari pintu yang tertutup secara tidak rata. Meskipun komponen listrik pada alarm mobil atau reset ECU dapat memperbaiki sebagian besar masalah, yang lain mungkin memerlukan layanan profesional.

Menentukan faktor apa yang memicu alarm mobil bunyi terus sebelum waktunya akan membantu memutuskan tindakan yang tepat untuk menghentikannya secara permanen. Berikut adalah alasan umum mengapa alarm mobil bunyi terus:

  • Fob kunci tidak berfungsi
  • Sensor kait kap rusak
  • Sambungan kait kap mesin buruk
  • Sensor kunci pintu rusak
  • Tingkat baterai rendah
  • Terminal listrik atau baterai yang terkorosi/berkarat
  • Koneksi sensor yang lemah atau terlalu sensitif
  • Masalah sirkuit atau kabel yang terputus
  • Modul kontrol bermasalah
  • Sistem alarm yang tidak terpasang dengan baik

Selain beberapa faktor alarm mobil rusak yang ada di daftar, ingatlah masih ada beberapa kesalahan yang umum dilakukan tanpa sadar hingga dapat membuat alarm mobil rusak. Jadi, sebelum Anda mulai melihat beberapa faktor di atas, pastikan untuk menyingkirkan penyebab yang jelas terlebih dahulu.

Alasan Mengapa Alarm Mobil Bunyi Terus

  1. Remot Kunci Mobil Tidak Berfungsi

Remot kunci adalah komponen pengontrol kecil yang digunakan dalam sistem entri tanpa kunci. Perangkat kecil ini berisi pemancar listrik radio jarak pendek yang mengirimkan sinyal berbeda ke unit penerima di dalam mobil Anda. Saat berfungsi dengan baik, pengontrol ini akan mengunci atau membuka kunci pintu dan memulai pengapian mesin mobil Anda dengan mudah dengan menekan tombol. Tetapi ketika komponen ini rusak, maka ia tidak akan dapat mengirim sinyal dengan benar ke unit penerima di dalam kendaraan Anda, sehingga alarm error tanpa alasan yang jelas.

  1. Sensor Kunci Pintu Rusak

Sensor kunci pintu adalah faktor lain yang dapat menyebabkan alarm error. Sensor ini biasanya memiliki dua kabel, yaitu sirkuit terbuka dan tertutup dan umumnya dipasang di dalam aktuator kunci pintu. Karena pengaturannya, sensor kunci pintu biasanya diharapkan tetap dapat bekerja selama cuaca hujan bahkan ketika air merembes melalui konektor aktuator kunci pintu. Kabel internalnya juga akhirnya akan mengalami penurunan fungsi sebagai akibat dari operasi normal. Untuk merek dan model kendaraan tertentu, braket kabel pelepas pada aktuator retan terhadap kerusakan.

  1. Tingkat Aki Rendah

Alarm mobil rusak dengan berbunyi secara acak di tengah malam dan mengakibatkan aki mobil mati keesokan paginya adalah indikator pasti bahwa ada sesuatu yang salah dengan aki mobil Anda, dalam kata lain korsleting listrik pada mobil. Tidak hanya aki yang buruk, tetapi juga penyebab utama di balik alarm kendaraab. Mungkin tidak diketahui oleh beberapa pemilik kendaraan, salah satu fungsi utama alarm mobil adalah untuk memperingatkan pengemudi tentang tingkat aki yang rendah. Oleh karena itu, menyalakan mesin dengan aki yang sekarat akan langsung mematikan alarm mobil Anda.

Jadi, lain kali jika alarm error saat Anda menghidupkan mesin, jangan panik. Keluarkan voltmeter Anda dan periksa voltasenya. Jika pembacaan menunjukkan kurang dari 12.6V (atau apa pun yang ditentukan oleh manual pemilik Anda), maka Anda mungkin perlu menyentak aki Anda atau menggantinya sepenuhnya.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Dibaca Juga: Beberapa Penyebab Dari Alarm Mobil Tidak Berfungsi 

  1. Terminal Baterai Terkorosi atau Berkarat

Tingkat baterai yang rendah adalah satu hal yang membuat alarm mobil Anda mati, sementara terminal baterai yang terkorosi adalah hal lain. Dalam skenario kedua ini, baterai belum tentu hampir habis. Tetapi karena karat yang terbentuk pada terminal, baterai tidak dapat memberikan daya yang cukup ke bagian mobil yang berbeda. Sistem alarm kendaraan Anda kemudian menafsirkan ini sebagai kondisi baterai rendah dan akibatnya menyalakan alarm untuk memberi Anda peringatan. Hal inilah yang sering disangka sebagai korsleting listrik pada mobil.

Selain kelembaban dan garam, pengisian baterai mobil yang tidak benar dapat menyebabkan karat atau korosi. Ketika baterai kurang terisi, korosi terbentuk pada terminal baterai negatif. Sebaliknya, baterai yang diisi daya berlebih akan terlihat karat pada terminal positif baterai. Anda dapat membersihkan tiang dan terminal baterai yang terkorosi menggunakan bahan pembersih baterai kelas komersial dan sikat kawat, selama hanya ada sedikit korosi. Tetapi jika kedua terminal baterai sangat berkarat (dengan korosi menggerogoti logam), maka disarankan untuk mengganti seluruh baterai sebelum timbul masalah korsleting listrik pada mobil.

  1. Koneksi Sensor Lemah atau Terlalu Sensitif

Mobil yang berbeda memiliki tipe sensor kejut dan gerakan yang berbeda pula. Mobil yang lebih tua, misalnya, biasanya hanya memiliki dua jenis sensor, yaitu sensor pintu dan sensor kejut. Kendaraan yang lebih baru akan memiliki lebih banyak jenis sensor. Jenis sensor yang lebih lama akan memiliki pengaturan tetap, sedangkan jenis yang lebih baru mungkin dapat disesuaikan. Demikian pula, sensitivitas sensor tergantung pada memiliki pabrik atau sistem alarm aftermarket.

Terlepas dari jumlah atau sensitivitas sensor kendaraan Anda, hal yang tetap tidak berubah adalah sensor tersebut terhubung satu sama lain. Sensor pintu, sensor kejut, sensor mikrofon, sensor jarak, sensor pemecah kaca, dan sensor kemiringan – meskipun hanya salah satunya yang terpicu, alarm mobil Anda pasti akan berbunyi. Karena sensor ini memberi makan baterai utama, sangat penting untuk memeriksa apakah ada sambungan listrik yang solid di semuanya. Jika Anda tidak yakin tentang apa yang harus dicari, bawa mobil Anda ke bengkel tepercaya untuk memeriksa alarm mobil Anda secara profesional.

  1. Sirkuit Terputus atau Masalah Kabel

Masih terkait dengan sensor yang terlalu sensitif, kabel adalah hal lain yang perlu Anda perhatikan ketika alarm mobil Anda terus berbunyi. Terkadang, bukan baterai, sensor, atau remot kunci mobil  Anda yang salah, melainkan bagian dari kabel listrik Anda yang terhubung ke komponen ini mungkin rusak atau terputus.

Cara yang pasti untuk menentukan apakah ini masalah Anda adalah dengan mencari gejala yang menyertainya. Jika lampu depan Anda berkedip atau klakson Anda berbunyi bersamaan dengan jeritan alarm mobil Anda yang terus-menerus, Anda mungkin menghadapi masalah kabel. Jika tidak, pemicu alarm mobil Anda mungkin berasal dari tempat lain.

Cara Mengatasi Masalah Alarm Mobil yang Terus Bunyi dengan Mendapatkan Layanan Pengecekan dan Servis Komponen Kelistrikan Mobil di Bengkel Terpercaya

Seperti yang kita ketahui, alarm adalah salah satu komponen kendaraan yang terhubung dengan sistem kelistrikan. Oleh sebab itu apabila sistem kelistrikan kendaraan mengalami masalah, tak jarang komponen alarm akan terkena dampaknya juga. Oleh sebb itu apabila Anda mendapatkan masalah pada alarm mobil, sepertyi alarm yang terus berbunyi, sangat disarankan untuk langsung memeriksakan kendaraan Anda ke bengkel terpercaya seperti DOMO ELECTRIC dari Dokter Mobil.

Sesuai dengan namanya, DOMO ELECTRIC merupakan bengkel mobil yang menyediakan ragam jenis layanan pengecekan, dan perbaikan berbagai masalah kelistrikan pada kendaraan Anda. Proses pemeriksaan dan perbaikan di bengkel DOMO ELECTRIC semuanya dikerjakan oleh para profesional dan menggunakan alat serta bahan yang sudah sesuai standar, sehingga dijamin kualitasnya akan sangat memuaskan.

Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai masalah alarm mobil yang terus berbunyi mulai dari penyebab hingga cara menanganinya. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menangani masalah alarm mobil yang terus berbunyi,dan cara yang paling efektif adalah dengan memeriksakan kendaraan di bengkel terpercaya seperti DOMO ELECTRIC. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat. Dan anda juga bisa langsung reservasikan mobil anda di link berikut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8922

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
100% potongan-500-ribu

AC mobil butuh diservis? 🔧 Tapi dompet sedang kritis? Dokter Mobil hadir bawa promo HEMAT 500 ribu 💸 hubungi CS sekarang! 👇👇👇👇👇