📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab Aki Tekor dan Cara Mengatasinya

aki tekor

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Apa mobil Anda sering mengalami permasalahan aki tekor? Aki tekor menjadi salah satu permasalahan kendaraan yang sangat mengganggu, Karena terkadang terjadi tanpa kita sadari.

Mobil akan sulit dihidupkan jika aki bermasalah. Bahkan kadang tidak mengenal tempat, mobil dapat tersendat beberapa saat hingga kemudian berhenti mendadak. Kondisi ini akan sangat berbahaya untuk pengendara. Sehingga perlu  tindakan antisipasi terlebih dahulu untuk menghindari kondisi tidak menentu ini. Artikel ini akan memberikan informasi kepada Anda mengenai aki tekor ini, simak beberapa penyebab aki rusak dengan beberapa cara penyelesaiannya yang mudah dilakukan.

Penyebab Aki Tekor

penyebab aki tekor

Kerusakan aki memang bukan perkara yang dapat diremehkan. Semua kendaraan dapat dinyalakan dan berjalan jika aki menyala dan bekerja sebagaimana mestinya. Namun kerusakan aki juga perlu Anda ketahui untuk mengantisipasi aki rusak atau aki tekor ini. Simak beberapa penyebab aki rusak selengkapnya di bawah ini.

  1. Mobil Tidak Pernah Dihidupkan

Penyebab aki rusak dapat berasal dari mesin dalam kendaraan yang didiamkan terlalu lama. Setiap kendaraan dilengkapi dengan mesin yang membuatnya bergerak dan bekerja optimal. Jika kendaraan terlalu lama dibiarkan dingin dan tidak dipakai, maka kualitas aki dan mesinnya menurun.

Kondisi ini muncul ketika aliran listrik dalam kendaraan tidak ada dalam kurun waktu yang lama. Tegangan listrik ini sangat penting untuk menjaga mesin tetap hangat  sehingga bekerja dengan baik. Namun jika aliran ini tidak ada, maka akan menyulitkan mesin bekerja. Sebelum memulai berkendara, pasti pengendara menghidupkan mesin dalam beberapa saat dulu, untuk menghangarkan mesin dan memacu aliran listrik muncul dari sana.

Kerusakan aki dapat dipicu dari mesin yang tidak pernah dihangatkan atau tidak adanya aliran listrik dalam waktu yang lama. Kondisi ini membuat aki akan bekeja ekstra untuk memicu aliran listrik ada didalam mesin. Kondisi ini yang terkadang membuat aki kesulitan dalam mengangkat aliran listrik dan berakibat pada sulitnya mesin nyala.

  1. Menghidupkan AC saat Mobil Mati

Tindakan ini mungkin sepele dan tanpa sadar seringkai kita lakukan ketika bepergian. Dalam keadaan panas, kita akan cenderung menyalakan AC atau pendingin mobil untuk menyejukkan suhu. Bahkan ketika mobil sedang dalam keadaan mati seringkali AC tetap menyala.

Tanpa kita sadari jika tindakan ini cukup berakibat buruk pada kondisi mobil, terutama kesehatan Aki mobil. Kesalahan ini akan membuat umur operasional Aki habis dalam waktu cepat. Aki akan habis lebih cepat ketika digunakan untuk AC dalam keadaan mobil mati. Jadi Anda dapat menuggu mobil nyala ketika menginginkan AC atau pendingin ini nyala.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Baca Juga: Menyalakan AC Mobil Tanpa Menyalakan Mesin, Apakah Aman?

  1. Terlalu Banyak Aksesoris Mobil

Penyebab aki tekor yang terkadang tanpa kita sadari adalah pemberian terlalu banyak aksesoris yang menggunakan listrik dari dalam mobil. Aksesoris ini dapat berupa tambahan pendingin, tambahan lampu hias, tambahan pengeras suara, atau beberapa perangkat elektronik tambahan aksesoris lainnya. Sebenarnya tambahan aksesoris ini tidak akan menghabiskan banyak masa aktif aki jika tidak berlebihan.

Penambahan aksesoris ini membuat aki bekerja lebih besar. Perlu diketahui bahwa semakin banyak aksesoris akan membuat mobil lebih banyak menggunakan aki dalam menjalankannya. Hal ini berakibat kerja aki akan semakin besar dan keras dibandingkan pada kondisi normal. Berbeda lagi jika aksesoris ini menggunakan sumber daya tersendiri, seperti baterai.

Masalah aki bukan perkara yang bisa kita sepelekan dengan begitu saja.  Aki menjadi salah satu pembangkit dan sumber daya yang akan menggerakkan aliran listrik dalam kendaraan. Aki yang rusak tiba-tiba akan menjadi masalah besar, terlebih jika menghalangi kita untuk beraktivitas. Sehingga perlu menjaga dan merawat aki ini dengan baik.

Cara Mengatasi Aki Tekor

Bagaimana cara mengatasi aki tekor? Terkadang pertanyaan itu penting untuk dimengerti pengendara baik yang baru saja masuk di dalam dunia otomotif maupun yang sudah lama. Aki tekor menjadi salah satu permasalahan yang sangat menganggu.

Anda dapat mengalami kerugian waktu, tenaga, bahkan biaya jika kita mengalami aki tekor sewaktu-waktu. Mobil dapat tidak nyala, walaupun bensin masih ada. Bahkan kemungkinan mobil bisa tidak dapat berjalan kembali ketika aki sudah tidak bisa dijalankan. Penting untuk semua pengendara mengerti penyebab dan cara mengatasi aki tekor ini. Oleh karena itu, berikut ini beberapa hal yang dapat Anda perbuat jika aki mengalami kerusakan:

  1. Mengatasi Aki Tekor pada Mobil Transmisi Otomatis

Aki tekor dapat diatasi dengan menggantinya pada aki normal dan juga kabel khusus jumper aki. Sebelumnya Anda perlu menyiapkan aki cadangan pada mobil Anda untuk mengatasi kondisi ini.

Jika tidak memungkinkan adanya aki cadangan, Anda dapat meminta mobil lain yang menyediakan atau memiliki aki yang masih dalam keadaan baik dan normal untuk Anda pergunakan dalam proses jumper ini. Caranya begitu mudah untuk melakukan proses ini.

Pertama-tama Anda perlu mencari mobil yang memiliki aki baik didalamnya. Pastikan jika kedua mobil tengah berada pada kondisi gigi P atau parkir. Ini berguna untuk memastikan tidak ada mesin ataupun aliran listrik yang masih bersarang di dalamnya. Kedua, mulai hidupkan mesin yang akan menjadi ‘donor’ aki. Ini berarti mobil Anda dapat Anda nyalakan lebih dulu. Bersamaan dengan itu, Anda perlu juga untuk menghubungkan kedua aki dengan kabel jumper yang sudah ada. Pastikan juga untuk memasang di terminal aki sesuai kutubnya dan seluruh piranti elektronik dalam mobil menerima donor aki tersebut.

  1. Mengatasi Aki Tekor pada Mobil Transmisi Manual

Kondisi berbeda jika mengalami masalah aki tekor pada mobil transisi manual, Anda dapat menerapkan cara mengatasi aki tekor dengan menggunakan metoder jumper aki. Namun ada cara lain yang dianggap lebih mudah, yaitu dorongan.

Cara alternatif ini lumrah dilakukan pengemudi jika mengalami kerusakan aki biasanya menjadi cara pertama dilakukan. Langkah-langkahnya juga tidak rumit, pertama perlu memposisikan transmisi mobil ke kondisi gigi 3 atau 4. Kedua injak penuh pedal kopling mobil Anda. Bersamaan dengan itu, harus ada beberapa orang yang mendorong mobil beberapa meter, mungkin sekitar 5-10 meter.

Jika sudah mencapai jarak yang sesuai, pedal dilepaskan pelah-pelan. Cara alternatif ini akan berhasil jika mobil tetap hidup dalam waktu lebih dari 20 menit kedepan. Sebenarnya cara dorong tadi menjadi tanda agar aki kembali terisi dalam mesin.

Akhir Kata

Demikian beberapa catatan yang perlu anda ketahui terlebih dahulu ketika berkendara. Terutama jika Anda hendak berkendara sendirian dalam jarak jauh. Beberapa kondisi perlu diperhatikan, karena masalah pada mobil atau kendaraan akan begitu mudah terjadi.

Namun, Anda tak perlu kebingungan untuk mengatasi permasalahan aki tekor pada mobil ini. Dokter Mobil hadir dengan layanan terbaru untuk mengatasi permasalahan kelistrikan mobil, seperti aki tekor, dengan DOMO Electric. Tak banyak bengkel yang menyediakan layanan perbaikan kelistrikan mobil, karena permasalahan kelistrikan mobil memang cukup  rumit untuk ditangani. Namun di Dokter Mobil, permasalahan kelistrikan mobil dapat teratasi hingga ke sumber permasalahan karena dibekali dengan peralatan berteknologi tinggi serta ditangani oleh teknisi yang telah ahli.

Untuk memperbaiki masalah kelistrikan mobil, seperti aki tekor, segera lakukan reservasi di Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan Dokter Mobil dan diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1037

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *