📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Sekring Mobil Putus, Kenali Ciri dan Solusinya

Sekring mobil putus

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Sekring mobil putus dapat terjadi kapan saja, bahkan saat Anda sedang menjalankan mobil sekaligus. Sekring merupakan komponen elektronik pada mobil yang berfungsi untuk mencegah arus pendek listrik penyebab korsleting listrik. Mobil yang Anda gunakan cukup lama kemungkinan besar akan menyebabkan sekring putus.

Tentu saja, sekring yang putus tidak hanya menyebabkan masalah kelistrikan mobil kecil seperti lampu interior tidak berfungsi, audio mobil tidak dapat digunakan, lampu tidak dapat dinyalakan, dan pengontrol suhu tidak berfungsi dengan baik. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, sekering mobil dapat menyebabkan mobil tidak dapat menyala.

Sekring mobil putus tentunya menunjukan terdapat sistem elektronik mobil yang tidak berfungsi sehingga pengemudi perlu memperhatikan jika sekring pada mobil akan mati dari tanda-tanda yang ditunjukkan. Selain itu, apa saja yang menyebabkan sekring mobil putus? Berikut informasi yang dirangkum untuk Anda untuk sekring mobil yang putus.

Memahami Sekring Mobil Putus

Sekring mobil putus

Sekring pada mobil sama halnya dengan sekring yang terdapat di rumah. Sekring pada mobil dirancang untuk melindungi komponen elektronik mobil Anda dari lonjakan listrik secara tiba-tiba. Sehingga dapat dikatakan jika sekring listrik pada mobil berfungsi untuk menahan daya listrik yang cukup untuk menjalankan apapun yang terhubung dengan sirkuit. Jika terdapat arus listrik berlebih yang masuk melalui rangkaian, maka sekring akan meleleh sehingga perlu memutus dan menghentikan aliran listrik. Hal ini bertujuan untuk melindungi komponen hilir yang rapuh seperti stereo dan komputer mesin.

  • Mengetahui Letak Sekring

Sekring utama pada mobil secara umum terletak di bagian bawah kap. Pada mobil modern, biasanya sekring memiliki plastik sebagai penutup untuk pelindung. Untuk mengakses bagian sekring, Anda hanya perlu melepas penutupnya. Pada bagian dalam penutup sekring terdapat diagram yang akan memberitahu Anda setiap komponen yang terhubung dengan sekring dan berapa arus listrik yang harus dinilai untuk setiap sekring. Selain itu, juga terdapat kotak sekring sekunder di bagian dalam  seperti menemukan kotak sekring di belakang bagian trim dasbor di dekat lubang kaki pengemudi. Sebaiknya periksa sekring secara berkala agar tetap dalam kondisi stabil.

  • Mengetahui Sekring yang Rusak

Saat Anda menjalankan kendaraan dan mengalami komponen elektronik yang tiba-tiba berhenti bekerja, coba periksa kondisi sekring. Beberapa mobil dilengkapi dengan penarik sekring yang dapat disimpan di dalam kotak sekring. Gunakan diagram kotak sekring untuk menemukan komponen yang terkait dengan sekring yang tidak berfungsi. Caranya cukup dilakukan dengan mengambil sekring dengan pinset dan ditarik. Jika terdapat filamen logam di dalamnya dan kondisi utuh dan sekring belum putus. Kemungkinan terdapat masalah pada komponen sendiri yang tidak berfungsi. Namun, jika sekring meleleh dan terdapat celah yang terbentuk pada sekring, maka rangkaian listrik menjadi tidak lengkap. Oleh karena itu, untuk memulihkan sirkuit listrik ini Anda perlu mengganti sekring yang putus dengan sekring baru dengan dimensi dan arus listrik yang sama.

  • Masalah Penyebab Sekring Mobil Putus

Jika terdapat masalah yang cukup serius pada mobil, kemungkinan terdapat masalah serius pada rangkaian kabel atau sistem mobil. Tentunya hal ini merupakan masalah serius, sehingga Anda tidak dapat mendiagnosis masalah mobil Anda secara mandiri tetapi memerlukan tenaga mekanik profesional untuk menangani sekring yang bermasalah.

Sudah diketahui jika mobil yang digunakan menggunakan sekring, jika mobil mengalami masalah kelistrikan bisa jadi disebabkan karena sekring telah memanas, meleleh dan dapat mengganggu aliran listrik pada mobil. Bahkan, sekring mobil yang putus juga dapat menyebabkan masalah yang lebih besar seperti konsleting listrik.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Tidak hanya itu, sekring listrik juga dapat putus ketika seseorang mengganti sekring yang rusak dengan arus listrik yang lebih tinggi. Secara umum, arus listrik hanya 15, 20, dan 30 amp. Mengganti sekring yang berbeda dari yang sebelumnya digunakan akan mengakibatkan sekring putus. Bahkan dapat menyebabkan masalah kelistrikan mobil yang lebih parah karena dapat menyebabkan kabel meleleh. Sebaliknya mengganti sekring amp mobil yang lebih tinggi dengan salah satu ampere yang rendah, tidak akan memberi daya pada komponen listrik lainnya.

Dibaca Juga: Masalah Kelistrikan Mobil Mati Total dan Cara Mengatasinya

Tanda Sekring Mobil Putus

Sekring mobil putus memiliki ciri-ciri yang dapat Anda ketahui dengan mudah seperti permukaan sekring yang berubah menghitam dan lainnya? Apa saja yang menyebabkan sekring mobil putus? Berikut cirinya

  • Permukaan sekring menghitam

Warna hitam pada sekring dapat disebabkan karena terdapat komponen di dalam sekring yang terbakar. Hal ini merupakan indikasi adanya arus pendek listrik dalam aliran listrik sehingga menyebabkan konsleting.

Untuk menghindari kerusakan lainnya, memutuskan kawat pada sekring merupakan langkah aman ketika terjadi arus listrik yang berlebihan. Hal ini berguna untuk memutus hubungan arus pendek listrik yang terputus sehingga memunculkan bekas hitam pada permukaan sekring.

Lain halnya dengan sekring jenis pisau, plastik penutup sekring juga akan ikut meleleh karena panas yang berlebih. Oleh karena itu pada bagian dalam akan menimbulkan warna hitam.

  • Kawat sekring mobil putus

Selanjutnya, kawat yang putus akibat arus pendek listrik kadang tidak menimbulkan bekas hitam di permukaan sekring. Oleh karena itu, caranya dapat diketahui dari kawat sekring mobil putus. Jika terdapat beberapa komponen elektrik mati, hal ini juga dapat dijadikan indikasi jika sekring mobil putus. Oleh karena itu, sebaiknya untuk mengecek kondisi sekring pada komponen elektrik mobil untuk memastikan jika terdapat sekring yang putus.

Solusi untuk Sekring Mobil Putus

Jika mobil Anda sudah menunjukan ciri-ciri sekring putus, ada baiknya untuk segera mengganti sekring sehingga tidak akan menyebabkan konsleting listrik yang lebih parah. Perlu diketahui jika sekring mobil merupakan komponen yang rawan putus sehingga untuk memilih sekring sebaiknya dilakukan dengan cara yang tepat. Tidak hanya itu, sekring mobil putus juga dapat disebabkan karena komponen yang tidak sesuai dengan spesifikasi sekring mobil yaitu ampere dan dimensi yang tepat.

Dimensi sekring yang tidak cocok akan menyebabkan kelonggaran sehingga sekring mudah panas dan meleleh. Oleh karena itu, sekring tidak boleh kelebihan atau kekurangan dimensi ukuran karena dapat menyebabkan kelonggaran. Selain dimensi, kapasitas ampere sekring juga harus diperhatikan agar sistem kelistrikan mobil tetap stabil. Sehingga ada baiknya untuk tidak memilih sekring mobil yang kapasitas ampere jauh dari ketentuan.

Penutup:

Mengganti sekring mobil putus di bengkel Domo electric. Mengganti sekring baru dapat memperbaiki masalah sekring mobil putus untuk sementara, tetapi masalah di tempat lain dalam sistem dapat menyebabkan seringnya lonjakan arus dan korsleting yang akan menyebabkan sekring baru putus juga. Jika terdapat kabel yang bergesekan dengan cara yang salah tentu saja hal ini akan menyebabkan komponen listrik yang rusak atau aksesori yang tidak terpasang dengan benar.

Jika Anda sudah menemukan sekring baru dan menggantinya tetapi tidak bertahan lama Itu berarti sudah waktunya untuk meminta bantuan dari tenaga profesional di bengkel favorit Anda. Anda dapat mengganti sekring mobil putus Anda di bengkel Domo Electric yang profesional dalam mengatasi masalah kelistrikan mobil Anda untuk selamanya seperti solusi untuk sekring mobil putus. Tidak perlu khawatir terhadap harga sebab bengkel mobil Domo Electric memiliki berbagai penawaran harga yang menarik dan pelayanan yang baik. Segera reservasi untuk memperbaiki sekring mobil Anda hanya di bengkel Domo Electric. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8922

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *