📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Penyebab dan Solusi Ketika Kelistrikan Mobil Mati Total

kelistrikan mobil mati total

Temukan penyebab umum dan solusi praktis saat menghadapi masalah kelistrikan mobil mati total. Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatasi masalah ini dengan efektif.

Apakah Anda mengalami kelistrikan mobil mati total dan mencari solusi yang tepat? Memahami penyebab umum dan langkah-langkah untuk mengatasi masalah ini dapat membantu Anda kembali ke jalan dengan cepat. Mari kita bahas lebih lanjut.

Apa yang Menyebabkan Kelistrikan Mobil Mati Total?

Kelistrikan mobil yang mati total dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari masalah pada baterai hingga kerusakan pada sistem kelistrikan kendaraan.

Berikut adalah beberapa penyebab umum yang perlu Anda perhatikan:

  1. Baterai Mati atau Lemah: Salah satu penyebab paling umum adalah baterai mobil yang mati atau lemah. Ini bisa disebabkan oleh usia baterai yang tua, korsleting, atau penggunaan aksesori yang berlebihan tanpa mesin menyala.
  2. Kabel Kelistrikan Rusak: Kabel kelistrikan yang aus atau rusak juga dapat menyebabkan kelistrikan mobil mati total. Ini bisa terjadi akibat korosi, kelembaban, atau kerusakan fisik.
  3. Fusible Link atau Sekering Putus: Jika fusible link atau sekering pada sistem kelistrikan putus, itu dapat menyebabkan mati total pada beberapa atau semua komponen listrik mobil.
  4. Alternator Rusak: Alternator yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan baterai tidak terisi dengan benar, yang akhirnya mengakibatkan kelistrikan mobil mati total.

Langkah-langkah Mengatasi Kelistrikan Mobil Mati Total

Setelah Anda mengidentifikasi penyebabnya, langkah-langkah berikut dapat membantu Anda mengatasi masalah kelistrikan mobil yang mati total:

  1. Periksa Baterai: Mulailah dengan memeriksa kondisi baterai Anda. Pastikan baterai dalam kondisi baik dan memiliki muatan yang cukup. Bersihkan terminal baterai dari korosi dan pastikan koneksi kabelnya kencang.
  2. Periksa Kabel Kelistrikan: Periksa semua kabel kelistrikan untuk tanda-tanda kerusakan atau keausan. Ganti kabel yang rusak dan pastikan semua koneksi kencang dan bersih.
  3. Periksa Fusible Link dan Sekering: Periksa fusible link dan sekering untuk melihat apakah ada yang putus atau terbakar. Ganti yang rusak dengan yang baru dengan rating yang sesuai.
  4. Periksa Alternator: Terakhir, periksa kinerja alternator Anda. Pastikan alternator mengisi baterai dengan benar saat mesin berjalan.

Kesimpulan

Kelistrikan mobil yang mati total bisa menjadi masalah yang membingungkan, tetapi dengan pemahaman yang tepat tentang penyebabnya dan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memperbaiki kendaraan Anda dengan cepat dan efisien.

Pastikan untuk memeriksa secara teratur kondisi kelistrikan mobil Anda dan segera menangani masalah yang muncul untuk mencegah kerusakan yang lebih serius di masa depan.

Jika Anda menghadapi kesulitan atau memerlukan bantuan tambahan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mekanik yang terampil dan berpengalaman.

Gangguan Yang Disebabkan Oleh Kelistrikan Mobil Mati Total

Kelistrikan mobil mati total, masalah kelistrikan pada mobil juga menjadi salah satu masalah yang sangat menyebalkan bagi pengguna mobil selain masalah rem mobil tidak pakem ataupun AC mobil yang macet.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Wajar saja kalo banyak pengguna mobil yang kesal karena ternyata masalah pada kelistrikan mobil mati total juga akan berdampak pada beberapa fungsi dari komponen lain seperti lampu, AC mobil, starter, dan masalah lainnya.

Maka dari itu, Anda sebagai pemilik mobil, wajib untuk melakukan perbaikan atau pengecekan secara rutin agar semua komponen bisa berfungsi normal. Pelajari penyebab kelistrikan mobil mati total dan bagaimana cara mengatasinya.

kelistrikan mobil mati total

Beberapa gangguan atau masalah yang dapat timbul karena kelistrikan mobil mati total sangat beragam bahkan jika salah-salah bisa mengakibatkan mobil konslet dan terbakar.

Gangguan tersebut bisa terjadi dikarenakan arus listrik tidak stabil dari berbagai komponen seperti instalasi audio mobil yang sembarangan adanya kabel yang terkelupas atau bahkan putus juga menjadi penyebab kegagalan sistem kelistrikan mobil.

Penyebab Kelistrikan Mobil Mati Total

Sebagai pemilik mobil sebaiknya Anda mengetahui akan hal ini agar saat terjadi, Anda bisa langsung mencari tahu sumber masalah dan cepat untuk memperbaikinya.

Paling tidak, Anda sudah tahu apa dan kenapa sistem kelistrikan mobil mati total. Penyebab kelistrikan mobil mati total adalah sebagai berikut

  1. Aki mobil aus dan kabel berkarat

Komponen yang satu ini mempunyai peranan vital sebagai sumber dan juga pemasok aliran listrik pada mobil. Dikarenakan berperan sebagai pemasok arus listrik, maka jika aki bermasalah pasti bagian lain juga ikut mengalami masalah.

Kerusakan yang umum terjadi pada aki mobil adalah aki yang sudah aus karena jarang mengganti atau melakukan pengisian ulang air aki. Mengecek air aki juga sangat mudah dilakukan.

Untuk mengecek air aki, lihatlah lampu indikator yang ada pada dashboard mobil. Jika aki masih normal, maka lampu indikator akan menunjukkan warna biru.

Namun sebaliknya jika lampu indikator di dashboard mobil berwarna merah, itu tandanya terdapat masalah.

Selain aki mobil yang dapat menyebabkan kelistrikan mobil mati total, kabel aki yang sudah berkarat juga bisa jadi penyebab kelistrikan mobil mati total juga.

Korosi ini membuat aliran listrik dari aki akan terganggu dan bagian yang dialirinya tidak dapat berfungsi dengan maksimal.

Mengatasi masalah pada kabel aki juga mudah yaitu cukup dengan membersihkan terminal pada aki. Jika ternyata korosinya parah, sangat disarankan untuk segera menggantinya.

  1. Alternator bermasalah

Penyebab kelistrikan mobil mati total selanjutnya adalah pada bagian alternator yang bermasalah.

Sering kali masalah pada alternator ini diabaikan oleh sebagian pemilik mobil padahal masalah pada alternator ini sering menyebabkan kelistrikan mobil mati total.

Gangguan yang terjadi pada alternator antara lain:

  1. Tercium bau terbakar
  2. Timbul suara bising
  3. Lampu sorot meredup
  4. Lampu indikator pada dashboard menyala

Dan masih banyak lagi gangguan lain yang disebabkan karena masalah pada alternator ini.

  1. Gulungan tembaga putus

Putusnya gulungan tembaga cukup sulit dideteksi tanpa adanya peralatan khusus. Gejala kerusakan ini sangat dapat memengaruhi komponen yang bergantung pada sistem kelistrikan secara keseluruhan. Alhasil, audio dan cahaya lampu mobil bisa mengalami penurunan kualitas.

  1. Arang atau brush habis

Arang yang sudah habis bisa berdampak pada kinerja alternator khususnya bagian medan magnet pada alternator sehingga aliran listrik untuk komponen lain juga akan terganggu atau bahkan tidak tersalurkan.

Masalah ini disebabkan oleh penggunaan yang berlebihan. Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah mengganti komponen ini dengan yang baru.

  1. Voltage regulator mengalami gangguan

Penyebab kelistrikan mobil mati total selanjutnya adalah voltage regulator yang bermasalah. Bagian ini hanya akan mengalami gangguan atau masalah kinerja jika aki kendaraan dan alternator bermasalah.

Masalah pada voltage regulator ini bisa dikenali dengan mudah. Gejala pada saat voltage regulator mengalami masalah adalah sekering putus dan bohlam lampu mati.

Cara Mengatasi Listrik Mobil Yang Mati Total

Di bawah ini adalah cara untuk mengatasi kelistrikan mobil mati total atau lampu indikator bermasalah.

  1. Periksa kondisi aki mobil

Cara untuk mengatasi kelistrikan mobil mati total yang pertama adalah dengan memeriksa kondisi aki mobil.

Anda bisa membuka kap mobil dan perhatikan apakah ada baut yang longgar atau bahkan menjepit kutub aki.

Jika Anda menemukan baut yang longgar, maka kencangkan baut tersebut agar tetap menempel pada kutub aki dengan baik.

Saat Anda melihat ada kotoran kutub aki, maka itu juga harus Anda bersihkan lalu pasang kembali.

  1. Periksa sekring

Letak dan penyebutan lampu check engine pada setiap mobil sangat beragam. Saat lampu mobil Anda mati total, maka periksalah sekring apa menyebabkan lampu indikator mati.

Jika ada masalah yang terdapat pada sekring dan Anda tidak punya Engine Control Unit (ECU), jangan ragu untuk meminjam dari mobil lain untuk mengetahui apakah check engine masih bisa menyala atau tidak.

  1. Periksa kondisi kabel

Penyebab lampu indikator mobil mati bisa dilakukan dengan memeriksa kabel yang mempunyai kaitan erat dengan sistem kelistrikan.

Kondisi kabel yang kurang bagus atau bahkan sudah putus juga pasti akan mengganggu suplai listrik.

Jika Anda tidak terlalu tahu tentang seluk beluk kabel dan kelistrikan pada mobil, alangkah baiknya Anda serahkan masalah tersebut kepada ahlinya untuk segera ditangani.

Biaya Memperbaiki Kelistrikan Mobil Yang Mati Total

Sistem kelistrikan mobil yang berantakan juga bisa menyebabkan mobil terbakar.

Biasanya bersumber dari pemasangan sistem kelistrikan yang sembarangan, kualitas kabel yang kurang bagus dan instalasi audio berantakan.

Masalah tersebut bisa Anda atasi dengan membawa mobil Anda ke Bengkel Dokter Mobil terdekat.

Masalah kelistrikan bisa jadi karena soket yang sudah pada lapuk, kerusakan di switch seperti switch fan dan switch temperatur, dan masalah lainnya.

Tips Untuk Mencegah Listrik Mobil Mati Total

Masalah kelistrikan mobil mati total bisa diminimalisir atau dihindari dengan melakukan perawatan. Berikut tips untuk mencegah masalah kelistrikan yang bisa kamu lakukan.

  1. Perhatikan kondisi kabel serta soketnya

Tips untuk mencegah kelistrikan mati total yang pertama adalah dengan memperhatikan kabel kelistrikan pada area ruang mesin, terutama pada kabel aki.

Kabel yang terkelupas atau sobek sangat berpotensi untuk memutus arus listrik sehingga membuat mobil bisa terbakar. Sedangkan soket yang kotor atau longgar juga akan mengganggu kerja sistem kelistrikan pada mobil.

Jangan lupa untuk membersihkan soket yang kotor agar tidak berkarat dan berkerak serta mengencangkan soketnya agar tidak terjadi loncatan bunga api yang menjadi penyebab kebakaran.

  1. Rutin merawat aki mobil

Tips yang kedua untuk adalah rutin memeriksa dan membersihkan aki, termasuk pada kabelnya yang sering berkarat.

Sebaiknya cek aki mobil dan juga kabelnya secara berkala. Periksa juga level cairan untuk aki basah jangan sampai berada di bawah level minimal karena bisa akan membuat sel aki menjadi cepat rusak dan tidak bisa menyimpan daya listrik.

Airnya pun tidak boleh diisi melebihi batas level atas karena saat aki panas, air itu bisa menyembur keluar bersamaan uap yang bersifat korosif.

Dibaca Juga: Perbaikan Sistem Kelistrikan Mobil Dengan Detail

  1. Berhati-hati saat memodifikasi sistem kelistrikan

Satu kesalahan yang terjadi pada satu titik sistem kelistrikan akan menyebabkan dampak besar pada sistem kelistrikan secara keseluruhan karena semua kabel pada sistem kelistrikan saling terhubung satu sama lain.

  1. Servis mobil secara rutin

Tips paling mudah untuk menghindari masalah listrik mobil mati total adalah dengan servis mobil secara rutin. Bawa saja ke Dokter Mobil!

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form