📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Perbaikan Sistem Kelistrikan Mobil Dengan Detail

Perbaikan sistem kelistrikan mobil

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Perbaikan sistem kelistrikan mobil, mobil memiliki beberapa komponen yang saling berhubungan antara komponen satu dengan yang lain. Bukan hanya pada mesin, namun perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan mobilmerupakan cara jitu untuk menjaga performa kendaraan Anda tetap maksimal.

Perbaikan Sistem Kelistrikan Mobil

Perbaikan sistem kelistrikan mobil

Dibandingkan perawatan mesin, pengecekan dan perbaikan sistem kelistrikan mobil sering kali dilupakan setelah melakukan perjalanan jauh. Kelistrikan mobil yang tidak terawat seperti kabel terkelupas juga soket yang kotor akan mengakibatkan beberapa hal seperti komponen lain yang kehilangan fungsi ataupun fungsinya kurang maksimal dan lebih parahnya lagi apabila kabel terkelupas akan dapat mengakibatkan korsleting dan ada kemungkinan mobil bisa terbakar.

Merawat Mobil Sangat Diperlukan

Tindakan untuk melakukan perawatan dan juga perbaikan sistem kelistrikan mobil memang sangat diperlukan, karena pada komponen elektrikal satu dengan yang lain berhubungan jika ada masalah pada satu komponen saja maka dampaknya akan menyebar pada fungsi komponen lain yang menjadi kurang maksimal dan pada komponen elektrikal juga sangat rentan untuk terkena arus pendek atau konslet yang dapat mengakibatkan mobil bisa terbakar.

Cara Merawat Sistem Kelistrikan Mobil

Untuk merawat dan melakukan perbaikan sistem kelistrikan mobil secara keseluruhan ada beberapa cara lain yang perlu diperhatikan untuk merawat sistem kelistrikan yang dapat Anda lakukan seperti berikut ini

  1. Perhatikan Kondisi Kabel dan Soket Pada Kendaraan

Perhatikan kondisi kabel-kabel yang ada beserta soketnya. Pertama, Anda bisa memulai dari kabel busi, kabel distributor dan lanjut pada kabel-kabel lainnya.

Lapisan kabel atau selongsong kabel yang terkelupas atau mungkin sobek sangat mungkin berpotensi menghasilkan hubungan arus pendek atau biasa disebut korsleting hingga mengakibatkan mobil secara tiba-tiba bisa terbakar.

Sementara itu, kondisi soket yang kotor atau mungkin kondisi soket yang longgar akan mengganggu kinerja pengapian atau bisa juga mengganggu fungsi dari komponen lain.

Maka dari itu perhatikan selalu kondisi kabel dan soket pada kendaraan Anda agar terhindar dari bahaya yang akan menghampiri jika tidak segera melakukan perbaikan sistem kelistrikan mobil Anda.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Bersihkan soket distributor pada kendaraan Anda jika soket tersebut terlihat kotor dengan menggunakan cairan penetran agar tidak terjadi penumpukan karat yang akan lebih sulit untuk dibersihkan. Setelah itu, jangan lupa untuk mengencangkan soket distributor kembali untuk mencegah potensi loncatan bunga api yang dapat menyalakan api dan akan memungkinkan mobil bisa terbakar.

Pahami sistem kelistrikan mobil juga perbaikan sistem kelistrikan mobil agar saat berkendara menjadi semakin aman dan nyaman karena tidak waswas akan hal yang tidak diinginkan.

  1. Hindari kebocoran cairan

Kebocoran cairan pelumas atau oli kendaraan akan bisa langsung mempengaruhi sistem kerja kelistrikan pada kendaraan Anda.

Perbaikan sistem kelistrikan mobil pada bagian kelistrikan mesin juga dapat Anda lakukan agar terhindar dari rembesan cairan pelumas dan juga cairan lain karena dari rembesan tersebut juga akan menimbulkan korosif dan bisa mengakibatkan korsleting. Terlebih, periksalah kondisi komponen pengapian agar selalu terhindar dari air apabila berkendara pada saat musim hujan. Usahakan untuk tidak menerobos genangan air yang akan membuat air tersebut masuk ke ruang bakar mesin dan akan membasahi komponen pengapian seperti kabel dan soket.

  1. Rawat aki secara teratur

Secara berkala dan juga rutin, periksa dan bersihkanlah aki mobil serta kabel pada aki. Korosi akan dapat menumpuk di bagian kabel aki Anda. Maka sebaiknya, periksa aki kendaraan dan juga kabel dari aki tersebut secara berkala kurang lebih sebulan sekali untuk memastikan tidak ada penumpukan korosi. Berikut adalah cara membersihkan kutub dan kabel pada aki kendaraan:

  1. Lepaskan kabel aki dari kutub aki pada kendaraan.
  2. Bersihkan kutub aki dan ujung kabel menggunakan cairan pembersih dan juga sikat kawat.
  3. Bilas kabel aki dan bersihkan dari cairan yang masih menempel. Pastikan kabel aki bebas dari cairan ketika akan dipasang kembali.
  4. Hubungkan kembali kabel aki sesuai dengan kutub aki usahakan pasang bagian sisi positif terlebih dahulu.

Untuk menghindari korosi yang dapat mengakibatkan penurunan kualitas aki, lakukan perawatan berkala. Perawatan pada aki kendaraan termasuk juga perbaikan sistem kelistrikan mobil dikarenakan aki kendaraan merupakan bagian vital dari sistem kelistrikan yang menyuplai arus listrik ke semua bagian.

Selain itu, jika aki mobil Anda sudah mendekati usia 4 hingga 5 tahun, alangkah baiknya jika diperiksa untuk mengetahui apakah aki kendaraan harus diganti atau masih bisa dipertahankan karena kualitas yang masih baik. Masa umur aki kendaraan biasanya hanya bertahan 4-5 tahun, bahkan bisa lebih pendek apabila perawatan aki kendaraan tidak sempurna.

Dibaca Juga: Beberapa Fakta dan Informasi Seputar Perawatan Kelistrikan Mobil

Perhatikan Modifikasi Kelistrikan

Karena semua kabel dan juga sistem kelistrikan pada kendaraan saling terhubung satu sama lain, kesalahan pada satu titik saja tentu akan menimbulkan dampak besar pada seluruh sistem kelistrikan pada kendaraan. Tidak ada salahnya jika Anda ingin melakukan modifikasi kendaraan yang berhubungan dengan kelistrikan mobil, seperti penambahan audio dan video atau bahkan penambahan lampu kendaraan. Akan tetapi Anda harus memastikan untuk melakukan pengerjaan penambahan aksesoris tersebut dengan teliti dan hati-hati.

Meskipun akan menambah semarak mobil, akan tetapi jangan modifikasi kelistrikan mobil dengan sembarangan atau asal-asalan jika Anda tidak ingin kejadian yang tidak Anda inginkan terjadi. Lakukan modifikasi dan juga perbaikan sistem kelistrikan mobil Anda dengan hati-hati juga teliti agar tidak ada kesalahan saat instalasi modifikasi tersebut.

Selain itu juga, jangan asal pasang aksesoris pengapian yang mungkin bisa berakibat fatal terhadap sistem kelistrikan pada mesin dan juga pada kendaraan Anda. Jika ingin melakukan perubahan atau modifikasi pada kendaraan Anda, maka jangan ragu untuk mendatangi bengkel modifikasi terpercaya di dekat Anda supaya modifikasi tersebut dapat dilakukan dengan detail dan akan memperhatikan semua bagian pada sistem kelistrikan kendaraan dan akan mengurangi risiko kegagalan pada sistem kelistrikan kendaraan Anda.

Yang terpenting dari pada merawat dan melakukan perbaikan sistem kelistrikan mobil adalah perawatan secara berkala dan juga rutin dengan memperhatikan kerusakan atau masalah sekecil apa pun sebelum masalah tersebut bertambah besar yang akhirnya bisa merugikan Anda sendiri. Karena sistem kelistrikan kendaraan sangat erat kaitannya dengan korsleting yang akan mengakibatkan kebakaran, perawatan pada sistem kelistrikan kendaraan juga diharapkan lebih hati-hati dan detail juga dilakukan dengan teliti untuk seluruh komponen pada sistem kelistrikan kendaraan Anda.

Kesimpulan

Jadi, apalagi yang Anda tunggu? Ada pepatah mengatakan jika lebih baik mencegah daripada mengobati. Karena itu lebih baik Anda harus mengetahui berbagai masalah yang mungkin akan terjadi pada mobil kesayangan Anda. Untuk itu pembahasan tentang perbaikan sistem kelistrikan mobil sangat penting untuk Anda ketahui dan juga perbaikan sistem kelistrikan mobil Anda juga sangat penting dan perlu untuk Anda lakukan agar performa kendaraan juga fungsi dari segala komponen yang terpasang akan bekerja lebih maksimal tanpa ada kendala.

Kunjungi Bengkel Dokter Mobil Terdekat!

Segera lakukan pemeriksaan dan perbaikan sistem kelistrikan mobil di Bengkel Dokter Mobil yang saat ini kami mempunyai produk terbaik yaitu Domo Electric untuk solusi dari setiap masalah perbaikan sistem kelistrikan mobil Anda. Demikian sampai di sini pembahasan kali ini, sampai jumpa pada pembahasan berikutnya, selamat beraktivitas kembali. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8902

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *