📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Tanda Kerusakan Alternator Mobil Yang Perlu Diwaspadai

kerusakan alternator

kerusakan alternator mobil adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Pasalnya, alternator adalah bagian dari komponen mobil yang mengambil peran besar dalam performa mobil. Sayangnya, kebanyakan orang hanya peduli terhadap aki mobil karena dianggap sebagai komponen yang paling penting. Meskipun benar, tetapi setiap komponen mobil selalu bekerja secara bersamaan dan berkaitan satu sama lain seperti halnya aki dan alternator.

Keadaan alternator yang baik tentu akan membuat aki menjadi bekerja secara maksimal. Oleh karenanya, kita juga perlu memperhatikan kerusakan alternator mobil yang bisa saja terjadi kapanpun. Kerusakan alternator ini juga tidak terjadi secara tiba-tiba sebenarnya, ada beberapa ciri atau tanda yang mengindikasikan bahwa alternator mengalami gangguan. Berikut adalah beberapa tanda jelas yang perlu diperhatikan untuk menghindarkan alternator mengalami kerusakan.

Tanda Kerusakan Alternator Mobil Biasanya Mengeluarkan Bau Terbakar

kerusakan alternator

Tanda kerusakan yang pertama dari alternator adalah adanya bau seperti terbakar. Alternator adalah salah satu bagian yang cukup penting dalam mobil. Komponen yang satu ini memiliki peran sebagai pembangkit kelistrikan pada mobil. Dengan perannya ini, alternator memiliki peran yang sangat erat terkait berjalan atau tidaknya sebuah aki mobil.

Karena itu, apabila terjadi masalah seperti aki yang tidak mau bekerja dengan maksimal, bagian dinamo adalah salah satu bagian yang perlu Anda cek. Karena alternator memang memiliki peran di bagian kelistrikan mobil sebagai pengisi setrum aki pada saat aki mulai bekerja. Ciri kerusakan yang ditunjukkan oleh alternator dengan munculnya bau terbakar ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu faktor yang bisa menjadi penyebabnya adalah aki yang tidak mau bekerja sesuai dengan perintah yang seharusnya dan di saat yang bersamaan mesin mobil bekerja dengan terlalu berat.

Alternator Mobil Yang Mengeluarkan Suara

Tanda kerusakan alternator mobil yang selanjutnya adalah adanya suara yang dikeluarkan oleh alternator. Suara yang dikeluarkan ini biasanya berbentuk seperti suara decitan. Masalah mesin adalah salah satu hal yang pastinya sangat mengganggu bagi para pengendara mobil. Terlebih lagi jika gangguan tersebut menyebabkan munculnya suara-suara yang mengganggu.

Oleh karenanya, Anda harus lebih peka terhadap tanda dari kerusakan alternator mobil ini. Suara decitan yang ditimbulkan oleh mesin mobil ini biasanya disebabkan karena adanya komponen mobil yang terpelanting. Hal ini akan semakin memburuk apabila dibiarkan dan tidak segera ditangani dengan baik. Untuk menghindari terjadinya kerusakan yang jauh lebih parah, sebaiknya segera bawa mobil Anda ke bengkel seperti di bengkel dokter mobil.

Lampu Indikator Mobil Menyala Jadi Tanda Kerusakan Alternator Mobil

Setelah mengetahui tentang dua tanda kerusakan di atas, tanda selanjutnya yang jauh lebih spesifik adalah menyalanya lampu indikator yang terdapat di dashboard mobil. Menyalanya lampu indikator ini adalah salah satu tanda kerusakan alternator mobil yang paling jelas. Hal ini dikarenakan lampu indikator ini memang langsung merujuk kepada komponen alternator. Apabila Anda mengalami hal ini, maka segeralah untuk membawa mobil Anda ke bengkel spesialis mobil seperti di dokter mobil agar mobil Anda bisa ditangani dengan tepat.

Hal ini dikarenakan dengan membawanya ke bengkel yang terpercaya, akan bisa menghindarkan dari adanya salah prediksi dan penanganan. Terlebih banyak orang yang menganggap bahwa kerusakan yang terjadi pada alternator mobil adalah hal yang sama seperti kerusakan pada aki mobil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Kerusakan Alternator Mobil Akan Berdampak Pada Kondisi Baetrai Mobil

Banyak sumber yang mengatakan bahwa kerusakan yang terjadi pada alternator mobil akan langsung berpengaruh kepada kondisi dari baterai mobil. Dan kebanyakan hal ini memang benar, tetapi pada poin ini Anda juga perlu memahami apakah kerusakan tersebut terjadi pada kegagalan alternator atau murni karena adanya masalah pada alternator. Hal ini dikarenakan cirinya juga hampir sama sehingga Anda harus lebih teliti. Untuk mengetahui apakah masalah ini terjadi karena adanya masalah pada alternator atau murni pada baterai, hal yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan kondisi jumper baterai mobil pada saat dinyalakan.

Setelah itu coba lepas kabel jumper, apabila kendaraan tetap hidup artinya terdapat masalah pada baterai. Jika mobil Anda mati secara perlahan maka ada kerusakan alternator mobil yang terjadi. Jika sudah jelas permasalahannya terdapat pada alternator, segera bawa mobil Anda untuk melakukan servis di bengkel. Pastikan untuk membawa mobil Anda ke bengkel yang memang sudah terpercaya untuk menghindari adalah salah penanganan yang membuat kerusakan mesin mobil menjadi lebih parah.

Aki Mobil Tidak Berfungsi

Tanda dari kerusakan alternator mobil yang selanjutnya adalah tidak berfungsinya alternator mobil. Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan jika alternator mobil adalah salah satu bagian penting dari mobil karena berperan dalam pembangkitan listrik. Karena menjadi komponen yang berperan dalam listrik mobil, komponen ini tentunya langsung terhubung dengan aki. Sehingga, apabila terjadi masalah pada alternator, aki akan menjadi bagian yang paling berdampak.

Tetapi masalahnya, terkadang ada prediksi yang tidak tepat terkait masalah ini. Kegagalan dari fungsi dinamo ampere mobil sering kali dikatakan sebagai kerusakan aki mobil. Akhirnya, bengkel akan menyarankan untuk menggantikan aki padahal yang sebenarnya adalah terjadinya kerusakan alternator mobil. Sehingga, apabila Anda mengalami permasalahan yang serupa, sebaiknya periksa dengan teliti kerusakan yang terjadi agar tidak ada kesalahan penanganan.

Dibaca Juga: Masalah Kelistrikan Mobil Mati Total dan Cara Mengatasinya

Adanya Pasokan Listrik Yang Berlebihan Pada Mobil

Tanda kerusakan alternator mobil yang selanjutnya adalah terdapat pada Kelistrikan mobil. Seperti yang sudah berulang kali dijelaskan bahwa alternator adalah salah satu komponen terpenting pada mobil yang berperan di bagian kelistrikan mobil. Sehingga, apabila terjadi masalah pada alternator, kelistrikan mobil juga jelas akan ikut terganggu. Tandanya biasanya adalah terjadinya pasokan listrik yang terlalu berlebihan.

Seperti yang diketahui bahwa tegangan normal dari mobil yang harus diterima adalah 15 volt dan tidak bisa lebih ataupun kurang. Sehingga, apabila terjadi tegangan yang berlebihan terdapat kemungkinan besar jika telah terjadi kerusakan alternator mobil. Kerusakan yang terjadi pada alternator mobil tentunya juga tidak boleh dibiarkan begitu saja dan harus segera dilakukan perbaikan. Hal ini karena kerusakan yang terjadi pada alternator bisa saja menyebabkan kerusakan lainnya pada mobil yang lebih parah dan membahayakan baik pengendara maupun pihak lainnya.

Untuk mengatasi hal itu maka hal yang perlu Anda lakukan jelas adalah membawa mobil Anda ke bengkel mobil yang terpercaya. Salah satu bengkel mobil terpercaya dan berpengalaman tersebut adalah bengkel dokter mobil Indonesia. Bengkel dokter mobil adalah salah satu bengkel yang memang sudah terpercaya dan ahli di bidang servis mobil dan juga kelistrikan. Selain itu,saat ini bengkel mobil juga sudah mengeluarkan produk baru yang bisa menjadi solusi untuk semua permasalahan mobil yaitu Domo Elektrik.

Domo Elektrik ini adalah produk terbaru dari bengkel dokter mobil yang dipercaya bisa mengatasi semua permasalahan yang terjadi pada mesin mobil. Di bengkel dokter mobil mereka selalu melakukan pemeriksaan secara intensif dan teliti sebelum memutuskan apa yang menjadi penyebab dari kerusakan yang dialami mobil Anda. Dengan demikian, bisa dipastikan jika kerusakan mobil Anda akan bisa benar-benar ditangani dengan tepat karena teridentifikasi dengan jelas. Itulah artikel terkait kerusakan pada alternator mobil yang bisa saya jelaskan.Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda dan bisa memberikan manfaat. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8566

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya