📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Voltage Regulator Bermasalah? Ini Cara Mengatasinya!

Voltage regulator bermasalah

Apakah voltage regulator mobil Anda bermasalah? Pelajari tanda-tanda kerusakan voltage regulator dan cara mengatasinya dengan panduan lengkap kami.

Apakah Anda mengalami masalah dengan voltage regulator mobil Anda? Jangan khawatir, kami hadir dengan panduan lengkap untuk membantu Anda mengidentifikasi dan mengatasi masalah voltage regulator secara efektif.

Tanda-tanda Kerusakan Voltage Regulator

1. Lampu Indikator Sistem Pengisian Menyala

Salah satu tanda utama bahwa voltage regulator Anda mungkin bermasalah adalah ketika lampu indikator sistem pengisian menyala di dashboard. Ini menandakan bahwa sistem pengisian tidak berfungsi dengan baik dan voltage regulator bisa menjadi penyebabnya.

2. Tegangan Listrik Tidak Stabil

Jika Anda melihat tegangan listrik yang tidak stabil pada meter volt di dashboard atau peralatan listrik di mobil mulai berperilaku tidak teratur, ini bisa menjadi indikasi bahwa voltage regulator mengalami masalah.

3. Baterai Sering Kehabisan Daya

Voltage regulator yang bermasalah dapat menyebabkan baterai mobil Anda sering kehabisan daya atau sulit untuk diisi ulang. Jika Anda sering mengalami masalah ini, voltage regulator mungkin perlu diperiksa.

Cara Mengatasi Masalah Voltage Regulator

1. Periksa Koneksi dan Ground

Langkah pertama dalam mengatasi masalah voltage regulator adalah memeriksa koneksi dan ground untuk memastikan tidak ada kotoran atau korosi yang mengganggu aliran listrik.

2. Periksa Tegangan Output

Gunakan multimeter untuk memeriksa tegangan output dari voltage regulator. Jika tegangan tidak sesuai dengan spesifikasi pabrik, voltage regulator mungkin perlu diganti.

3. Ganti Voltage Regulator

Jika setelah pemeriksaan terperinci Anda menemukan bahwa voltage regulator benar-benar bermasalah, langkah terbaik adalah menggantinya dengan yang baru untuk memastikan sistem pengisian mobil berfungsi dengan baik.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengidentifikasi dan mengatasi masalah voltage regulator mobil Anda dengan efektif.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Pastikan untuk melakukan perawatan teratur dan memperhatikan tanda-tanda kerusakan untuk mencegah masalah lebih lanjut di masa depan.

Tanda Masalah Voltage Regulator Bermasalah

Voltage regulator bermasalah, mobil rawan mengalami masalah kelistrikan. Perlu Anda ketahui, sistem kelistrikan mobil merupakan bagian vital dalam kendaraan sebab akan menunjang kendaraan saat dijalankan seperti saat menyalakan mesin.

Mengalirkan bahan bakar, hingga menyalakan perangkat elektronik pada mobil lainnya seperti sistem audio, lampu wiper, dan lainnya seperti power outlet.

Seperti sistem lainnya, kelistrikan mobil dapat terganggu sewaktu-waktu karena digunakan setiap hari atau Anda jarang melakukan perawatan pada mobil.

Tentu saja, hal ini akan mengganggu jika hanya dibiarkan karena akan merusak beberapa perangkat elektronik lainnya.

Voltage regulator bermasalah

Salah satu sistem kelistrikan mobil yang rawan mengalami kerusakan adalah voltage regulator. Voltage regulator merupakan salah satu bagian dari sistem kelistrikan mobil yang berfungsi untuk mengatur sistem kerja magnet di bagian rotor coil.

Voltage regulator bermasalah tentunya dapat membuat mobil yang Anda kendarai  terasa aneh. Oleh karena itu, apa saja fungsi voltage regulator dan tanda jika voltage regulator bermasalah?

Berikut informasi yang dirangkum untuk Anda

  • Kenali Fungsi Regulator

Regulator mobil berfungsi untuk mengatur output tegangan agar listrik tetap stabil. Caranya dengan mengatur besarnya arus yang mengalir ke rotor coil.

Tidak hanya besar kecil arus ke rotor coil, tetapi regulator juga berfungsi untuk mengatur kuat lemah medan magnet yang terdapat di rotor coil.

Oleh karena itu, stabilitas listrik pada mesin dijaga oleh regulator mesin, bahkan jika terdapat mesin yang tidak stabil seperti kondisi putaran mesin yang naik turun.

  • Voltage Regulator pada Mobil

Voltage regulator merupakan salah satu komponen yang terdapat pada regulator mobil, selain voltage regulator juga terdapat voltage relay.

Lalu bagaimana fungsi voltage regulator pada mobil? Voltage regulator pada mobil berfungsi untuk mengatur sistem kerja magnetik di bagian rotor coil dengan cara kerja mengatur arus yang masuk ke rotor coil.

Rotor coil merupakan kumparan yang berputar untuk menyediakan medan magnet di dalam alternator mesin mobil.

Dengan mengatur arus yang masuk ke rotor coir, tegangan output alternator dapat tetap konsisten dengan ketahanan rotor mencapai kurang lebih 100 Ohm.

Setiap kumparan voltage regulator memiliki titik kontak yang dapat menyalurkan arus menuju bagian kumparan rotor.

Terdapat resistor pada bagian regulator untuk menghubungan terminal IG dan terminal F untuk kembali ke bagian regulator.

  • Voltage Regulator Bermasalah

Seperti yang sudah dijelaskan, pada sistem kelistrikan mobil alternator berfungsi untuk menghasilkan tegangan listrik sementara regulator berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik.

Caranya dengan mengatur besar kecilnya arus yang mengalir ke rotor coil untuk mengatur medan magnet di rotor coil.

Arus dan tegangan listrik pada mobil harus stabil karena akan berpengaruh terhadap keawetan komponen mesin terutama aki mobil.

Perlu diketahui jika regulator pada sistem kelistrikan mobil memiliki fungsi untuk menjaga performa kendaraan agar tetap baik dan stabil meski kondisi putaran mesin yang senantiasa naik-turun.

Voltage relay dan voltage regulator berfungsi untuk mengatur sistem kerja magnetik rotor coil. Kerusakan pada voltage regulator timbul karena aki atau alternator mobil yang bermasalah.

Gejala ini dapat diketahui saat sekering dan bohlam lampu sering mati dan putus. Hal ini harus diwaspadai oleh pemilik kendaraan apalagi jika gejala ini sering muncul sebab ini merupakan tanda kerusakan sistem listrik yang akan lebih fatal.

Voltage Regulator Bermasalah

Saat voltage regulator bermasalah, maka dapat diketahui dari tanda-tanda yang terdapat pada mobil misalnya:

  • Lampu indikator pada aki menyala saat mobil dihidupkan. Nyala lampu indikator pada mobil menandakan jika adanya masalah dalam mengalirkan arus listrik secara maksimal.
  • Aki mobil tidak kuat untuk menyalakan mobil, aki yang kekurangan daya untuk menyalakan mobil dapat menjadi pertanda jika tegangan output voltage regulator sudah berkurang.
  • Overcast atau overcharge. Selanjutnya, adanya kelebihan pasokan listrik akan membuat alternator atau sistem kelistrikan pada mobil bermasalah. Sehingga suplai listrik tidak boleh berlebih. Untuk meyakinkan voltage regulator bermasalah di kendaraan Anda, maka sebaiknya Anda melakukan pengecekan terhadap kondisi mobil Anda di bengkel atau tenaga professional.

Gejala yang Timbul Akibat Voltage Regulator Bermasalah

Voltage regulator bermasalah merupakan kegagalan kerja sistem yang dapat berakibat fatal jika dibiarkan.

Voltage regulator bermasalah juga cukup mudah didiagnosis. Nah untuk mengetahui voltage regulator bermasalah dapat diketahui dari:

  • Output tegangan yang tinggi

Baterai mobil biasa diperkirakan mengeluarkan sekitar 12,6 volt saat mobil berjalan, saat mobil dijalankan voltage berukuran sekitar 2 volt lebih tinggi.

Jika tegangan output berukuran 16 volt atau lebih, maka kemungkinan tegangan regulator rusak. Tegangan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai komponen kelistrikan.

Namun yang paling umum adalah bohlam lampu depan dan lampu belakang yang akan padam sebelum waktunya

  • Penurunan performa mesin mobil

Jika voltage regulator bermasalah, dapat menyebabkan masalah pada komponen lainnya seperti pompa bahan bakar, sistem pengapian, atau bagian lainnya yang memerlukan tegangan listrik tidak berfungsi dengan benar. Contohnya mesin sputtering, idle kasar, dan kurangnya akselerasi mobil.

  • Kluster instrumen pada mobil tidak berfungsi pada mobil.

Seperti komponen listrik lainnya, cluster instrument memerlukan tegangan untuk menampilkan informasi yang dibutuhkan saat mengemudi. Voltage regulator dengan tegangan buruk dapat menyebabkan cluster instrument tidak berfungsi.

  • Lampu redup atau berkedip

Voltage regulator bermasalah juga dapat diketahui dari lampu mobil yang sering berkedip dan akhirnya meredup. Kemungkinan lampu yang redup dapat juga terjadi karena masalah aki tetapi bisa jadi voltage regulator yang bermasalah.

Kerusakan Voltage Regulator Mobil

Penyebab Kerusakan:

  • Beban berlebih: Penggunaan aksesoris mobil yang berlebihan dapat membebani voltage regulator.
  • Korosi dan kotoran: Korosi dan kotoran pada terminal dan kabel dapat mengganggu aliran arus listrik.
  • Kerusakan komponen internal: Kerusakan dioda, transistor, atau IC regulator dapat menyebabkan kegagalan voltage regulator.
  • Usia dan kondisi aki: Aki yang lemah atau soak dapat menyebabkan voltage regulator bekerja lebih keras dan meningkatkan risiko kerusakan.

Langkah Pencegahan:

  • Hindari penggunaan aksesoris berlebihan: Gunakan aksesoris secukupnya dan sesuai dengan spesifikasi mobil.
  • Periksa terminal dan kabel secara rutin: Pastikan terminal dan kabel bebas dari korosi dan kotoran.
  • Gunakan aki yang berkualitas: Gunakan aki yang sesuai dengan spesifikasi mobil dan lakukan perawatan aki secara rutin.
  • Periksa voltage regulator secara berkala: Lakukan pemeriksaan voltage regulator di bengkel terpercaya.

Pemeriksaan Lebih Mendalam:

  • Pengujian tegangan: Gunakan multimeter untuk mengukur tegangan output voltage regulator.
  • Pengujian beban: Lakukan pengujian dengan memberikan beban pada voltage regulator dan amati perubahan tegangan output.
  • Pemeriksaan visual: Periksa kondisi fisik voltage regulator dan perhatikan tanda-tanda kerusakan seperti kebocoran, overheating, atau perubahan warna.
  • Penggunaan alat diagnostik: Gunakan alat diagnostik khusus untuk memeriksa kode error yang terkait dengan voltage regulator.

Catatan:

  • Sebaiknya serahkan pemeriksaan dan perbaikan voltage regulator kepada teknisi yang berpengalaman di bengkel terpercaya.
  • Penggunaan alat yang tidak tepat atau langkah yang salah dapat membahayakan dan memperparah kerusakan.

Dibaca Juga: Penyebab Sistem Kelistrikan Pada Mobil atau Sekring Cepat Putus!

Mengganti Voltage Regulator Bermasalah

Jika sudah mengetahui voltage regulator Anda bermasalah dan melihat tandanya, ada baiknya untuk Anda segera mengganti dengan voltage regulator yang baru.

Biaya yang dikeluarkan untuk mengganti voltage regulator sangat beragam tergantung dengan kondisi dan kerusakan.

Namun, karena voltage regulator terdapat di dalam alternator, harga yang ditawarkan untuk mengganti voltage regulator akan cukup mahal.

Kemungkinan mengganti voltage regulator pada mobil yang bermasalah Anda akan membayar lebih banyak jika pergi ke bengkel resmi.

Oleh karena itu, sebaiknya mengganti voltage regulator yang bermasalah dilakukan oleh bengkel resmi atau bengkel yang sudah terpercaya mengingat secara keseluruhan biaya dalam mengganti voltage regulator akan cukup mahal. Apalagi jika ditambah dengan kerusakan listrik lainnya atau terdapat kabel yang terbakar.

Mengidentifikasi Kerusakan Voltage Regulator Mobil

1. Pengujian Voltage Regulator

Berikut adalah beberapa langkah untuk menguji voltage regulator mobil:

a. Periksa Tegangan Baterai

  • Gunakan multimeter untuk mengukur tegangan baterai dengan mesin mati. Tegangan ideal baterai mobil adalah sekitar 12,6 volt.
  • Nyalakan mesin mobil dan ukur kembali tegangan baterai. Tegangan ideal saat mesin hidup adalah sekitar 14 volt.
  • Jika tegangan baterai di bawah 12,6 volt saat mesin mati atau di atas 14 volt saat mesin hidup, regulator tegangan mungkin bermasalah.

b. Periksa Lampu Indikator Baterai

  • Lampu indikator baterai di dashboard mobil biasanya berwarna merah.
  • Saat mesin dihidupkan, lampu indikator baterai harus mati.
  • Jika lampu indikator baterai tetap menyala setelah mesin dihidupkan, ini bisa menandakan masalah dengan regulator tegangan.

c. Periksa Gejala Lain

  • Perhatikan apakah lampu mobil redup atau berkedip saat mesin hidup.
  • Perhatikan apakah ada suara dengungan atau whining dari alternator.
  • Jika Anda merasakan gejala-gejala ini, regulator tegangan mungkin bermasalah.

2. Faktor Lain yang Menyebabkan Kerusakan Voltage Regulator

Selain beban berlebihan dan korosi, berikut adalah beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan kerusakan voltage regulator mobil:

  • Suhu tinggi: Paparan suhu tinggi yang berkepanjangan dapat merusak komponen internal regulator tegangan.
  • Getaran: Getaran yang berlebihan dari mesin mobil dapat menyebabkan kerusakan fisik pada regulator tegangan.
  • Kualitas suku cadang: Penggunaan suku cadang berkualitas rendah dapat meningkatkan risiko kerusakan regulator tegangan.

3. Pencegahan Kerusakan Voltage Regulator

Berikut adalah beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan pada voltage regulator mobil:

  • Pastikan sistem kelistrikan mobil dalam kondisi baik. Periksa kabel dan terminal baterai secara berkala untuk memastikan tidak ada kerusakan atau korosi.
  • Hindari memasang aksesoris mobil yang berlebihan. Beban berlebihan pada sistem kelistrikan mobil dapat merusak regulator tegangan.
  • Jaga kebersihan alternator dan regulator tegangan. Debu dan kotoran dapat menyebabkan overheating dan kerusakan pada regulator tegangan.
  • Gunakan suku cadang berkualitas tinggi saat melakukan servis atau mengganti regulator tegangan.

Dengan melakukan langkah-langkah pencegahan ini, Anda dapat membantu memperpanjang usia regulator tegangan mobil dan memastikan sistem kelistrikan mobil Anda berfungsi dengan baik.

Catatan:

  • Jika Anda tidak yakin dengan cara menguji atau memperbaiki voltage regulator mobil, sebaiknya bawa mobil Anda ke bengkel terpercaya untuk mendapatkan bantuan profesional.
  • Penggunaan alat dan bahan yang tepat sangat penting saat melakukan pengujian dan perbaikan voltage regulator mobil. Pastikan Anda mengikuti semua langkah dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada sistem kelistrikan mobil.

Penutup

Domo Electric, solusi masalah listrik mobil Anda. Setelah mengetahui masalah kelistrikan seperti voltage regulator Anda yang bermasalah.

Ada baiknya untuk Anda melakukan servis mobil, serta melakukan perawatan secara rutin mengingat tidak ada masalah kelistrikan mobil yang dapat dibiarkan begitu saja karena akan menyebabkan masalah lebih fatal seperti mesin mobil yang mati total.

Bahkan masalah kecil dapat menyebabkan konsleting pada mobil. Demikian, Anda dapat melakukan servis atau perawatan kelistrikan mobil Anda di bengkel mobil Domo Electric.

Bengkel ini merupakan spesialis dalam memecahkan masalah pada sistem kelistrikan mobil Anda. Tidak perlu meragukan kualitas pelayanan dan perbaikan sebab semua dikerjakan oleh mekanik yang profesional.

Oleh karena itu, segera cek kondisi sistem kelistrikan mobil Anda dan reservasi sekarang hanya di bengkel Domo Electric.

Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form