📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Pentingnya Mencuci Ruang Mesin Mobil untuk Performa yang Selalu Optimal

Pentingnya Mencuci Ruang Mesin Mobil

Mobil menjadi kendaraan yang paling sering digunakan untuk berbagai aktivitas harian, mulai dari perjalanan ke kantor, belanja, hingga perjalanan jarak jauh.

Maka, sangat penting untuk menjaga mobil agar selalu dalam kondisi yang baik dan siap untuk digunakan.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah mencuci ruang mesin mobil secara teratur.

Mencuci ruang mesin mobil menjadi salah satu cara untuk menjaga kondisi mesin agar selalu prima dan performa mobil tetap optimal.

Dalam artikel ini, kita akan membahas pentingnya mencuci ruang mesin mobil dan beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mencuci ruang mesin mobil.

Alasan Pentingnya Mencuci Ruang Mesin Mobil

Mencuci ruang mesin mobil ternyata memiliki sumbangsing yang sangat vital bagi performa dan kelancaran mobil saat digunakan, lho.

Inilah mengapa mencuci ruang mesin pada mobil penting untuk dilakukan:

  1. Mencegah Kerusakan pada Mesin Mobil

Ketika kotoran menempel pada bagian mesin mobil, hal ini dapat mengganggu aliran udara yang diperlukan untuk pendinginan mesin mobil.

Akibatnya, mesin mobil akan menjadi panas dan terkadang dapat merusak beberapa komponen mesin.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Selain itu, kotoran yang menumpuk pada mesin juga dapat menimbulkan korosi dan membuat mesin mobil menjadi cepat aus.

Oleh karena itu, mencuci ruang mesin mobil secara teratur dapat membantu mencegah kerusakan pada mesin mobil dan memperpanjang usia mesin.

  1. Meningkatkan Efisiensi Konsumsi Bahan Bakar

Mobil yang memiliki ruang mesin yang kotor dan terdapat banyak debu dan kotoran di dalamnya akan mengalami penurunan performa.

Performa mesin mobil yang buruk akan mengakibatkan konsumsi bahan bakar menjadi tidak efisien, sehingga mobil akan lebih boros dalam pemakaian bahan bakar.

Dengan mencuci ruang mesin mobil secara teratur, maka kinerja mesin akan lebih optimal dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.

Hal ini dapat membantu pengguna mobil menghemat biaya bahan bakar dan juga menjaga kebersihan lingkungan dengan mengurangi emisi gas buang yang dihasilkan oleh mobil yang lebih boros.

  1. Meningkatkan Performa Mobil

Kotoran dan minyak bekas yang menempel pada bagian mesin mobil dapat mengganggu performa mobil.

Kotoran tersebut dapat menyumbat aliran udara pada mesin, yang dapat mengakibatkan mesin mobil menjadi panas dan mengalami penurunan performa.

Dengan mencuci ruang mesin mobil secara teratur, maka kotoran dan minyak bekas yang menempel pada bagian mesin dapat dibersihkan.

Hal ini akan membantu meningkatkan performa mesin mobil dan membuat pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman dan aman.

  1. Menjaga Keamanan dan Kesehatan

Kotoran pada mesin mobil tidak hanya dapat mengganggu performa mobil, namun juga dapat mempengaruhi keamanan dan kesehatan pengendara.

Kotoran yang menempel pada mesin dapat mengeluarkan gas beracun yang dapat membahayakan kesehatan pengendara.

Selain itu, debu dan kotoran yang menumpuk pada mesin juga dapat menjadi sarang hewan dan serangga yang dapat mempengaruhi kenyamanan berkendara.

Dengan mencuci ruang mesin mobil secara teratur, maka pengendara mobil dapat menjaga keamanan dan kesehatannya saat berkendara.

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mencuci Ruang Mesin Mobil

Sebelum mulai melakukan pencucian ruang mesin mobil, pastikan Anda melakukan persiapan yang tepat agar proses pengerjaannya bisa dilakukan dengan benar dan memberikan hasil yang memuaskan, diantaranya sebagai berikut.

  1. Menutupi Bagian-Bagian Mesin yang Tidak Boleh Terkena Air

Bagian-bagian mesin yang rentan terhadap air seperti koil, filter udara, dan busi harus ditutupi dengan rapat.

Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan pada mesin saat mencuci ruang mesin mobil. Jika bagian mesin yang rentan terkena air terkena air pada saat pencucian, maka hal ini dapat membuat mesin mobil rusak.

Selain itu, air yang menumpuk pada bagian mesin yang rentan terkena air juga dapat memicu korosi dan membuat mesin mobil menjadi cepat aus.

Oleh karena itu, sebaiknya tutup bagian mesin yang rentan terkena air dengan rapat menggunakan kain atau plastik sebelum mencuci ruang mesin mobil.

  1. Memastikan Mesin dalam Kondisi Dingin

Sebelum mencuci ruang mesin mobil, pastikan mesin dalam kondisi dingin. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan pada mesin saat proses pencucian.

Jika mesin dalam kondisi panas saat proses pencucian, maka air yang terkena mesin akan menguap dengan cepat dan membuat sisa-sisa kotoran sulit untuk dihilangkan.

Selain itu, suhu yang tinggi juga dapat membuat air menjadi lebih panas dan mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil.

Oleh karena itu, pastikan mesin mobil sudah dingin selama beberapa jam sebelum mencuci ruang mesin mobil.

  1. Memilih Produk Pembersih yang Sesuai

Pilih produk pembersih yang aman dan sesuai dengan jenis mesin mobil Anda. Banyak produk pembersih yang beredar di pasaran, pilihlah yang sudah teruji kualitasnya dan aman untuk mesin mobil.

Selain itu, pastikan produk pembersih yang dipilih juga dapat membersihkan kotoran yang menempel pada bagian mesin dengan mudah tanpa merusak bagian mesin mobil.

Produk pembersih yang baik juga sebaiknya tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya sehingga tidak berdampak buruk pada kesehatan pengguna mobil.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Pembersih Kerak Mesin Untuk Mobil Anda

Perawatan Setelah Mencuci Ruang Mesin Mobil

Pastikan pula untuk memperhatikan beberapa hal setelah melakukan pencucian ruang mesin mobil, hal ini bertujuan agar hasil pengerjaannya bisa memberikan hasil yang prima.

  1. Membersihkan Sisa Air atau Kotoran yang Masih Menempel

Setelah mencuci ruang mesin mobil, pastikan tidak ada sisa air atau kotoran yang masih menempel pada bagian mesin.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mesin mobil akibat air yang menumpuk di dalam mesin.

Sisa air atau kotoran yang masih menempel juga dapat mengganggu kinerja mesin mobil dan membuat mobil tidak optimal dalam penggunaannya.

Oleh karena itu, pastikan bagian mesin sudah kering dan tidak ada sisa air atau kotoran yang menempel.

  1. Memastikan Tidak Ada Bagian Mesin yang Terkena Air atau Basah

Setelah mencuci ruang mesin mobil, pastikan tidak ada bagian mesin yang terkena air atau basah. Hal ini penting untuk mencegah kerusakan pada mesin mobil akibat air yang masih menempel pada bagian mesin.

Jika ada bagian mesin yang masih terkena air atau basah, segera keringkan dengan lap atau tisu kering agar tidak ada air yang menumpuk di dalam mesin.

Hal ini akan membantu menjaga mesin agar tetap dalam kondisi yang optimal.

  1. Menghidupkan Mesin Selama Beberapa Menit untuk Mengeringkan Sisa Air

Setelah mencuci ruang mesin mobil, hidupkan mesin selama beberapa menit untuk mengeringkan sisa air yang mungkin masih ada.

Hal ini juga membantu menjaga mesin agar tetap dalam kondisi yang optimal.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa mesin mobil dalam kondisi dingin sebelum menghidupkan mesin agar tidak terjadi kerusakan akibat suhu yang tinggi.

  1. Mengganti Oli Mesin Mobil

Setelah mencuci ruang mesin mobil, sebaiknya melakukan penggantian oli mesin mobil.

Oli mesin yang digunakan dalam mesin mobil mengandung kotoran dan partikel-partikel kecil yang berasal dari sisa pembakaran mesin.

Oleh karena itu, penggantian oli mesin mobil secara teratur dapat membantu menjaga kinerja mesin mobil agar tetap optimal dan mencegah terjadinya kerusakan pada mesin mobil.

  1. Membersihkan Bagian Luar Mobil

Setelah mencuci ruang mesin mobil, sebaiknya juga membersihkan bagian luar mobil. Hal ini dilakukan untuk menjaga tampilan mobil agar tetap terawat dan bersih.

Membersihkan bagian luar mobil juga dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan pada cat mobil akibat kotoran dan debu yang menempel pada mobil.

Layanan Pencucian Ruang Mesin Mobil Terpercaya dengan Tune Up Jet Clean di Dokter Mobil

Melakukan pencucian ruang mesin secara pribadi dirasa riskan, karena bisa menyebabkan kerusakan total pada mesin jika ditangani dengan tidak tepat.

Agar lebih aman, Anda dapat menggunakan layanan pencucian ruang mesin mobil terpercaya dengan tune up Jet Clean di Dokter Mobil.

Layanan ini merupakan salah satu layanan terbaik di Indonesia yang menggunakan teknologi Jet Clean untuk membersihkan ruang mesin mobil secara menyeluruh dan aman untuk mesin mobil.

Dalam layanan ini, terdapat beberapa langkah yang dilakukan untuk mencuci ruang mesin mobil secara optimal, antara lain:

  1. Membuka Bagian-Bagian Mesin yang Tertutup

Bagian-bagian mesin yang tertutup akan dibuka untuk membersihkan bagian mesin secara menyeluruh dan optimal.

  1. Membersihkan Bagian Mesin dengan Teknologi Jet Clean

Teknologi jet clean akan digunakan untuk membersihkan bagian mesin mobil secara menyeluruh dan optimal.

Teknologi jet clean juga aman untuk mesin mobil karena tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya.

  1. Memeriksa Bagian-Bagian Mesin yang Rentan Terhadap Kerusakan

Setelah pencucian selesai, teknisi akan memeriksa bagian-bagian mesin yang rentan terhadap kerusakan untuk memastikan tidak ada kerusakan yang terjadi akibat proses pencucian.

  1. Mengganti Oli Mesin Mobil

Setelah proses pencucian selesai, oli mesin mobil juga akan diganti dengan oli mesin yang baru untuk menjaga kinerja mesin mobil agar tetap optimal.

  1. Menggunakan Teknologi Berstandar Internasional

Layanan pencucian ruang mesin mobil terpercaya dengan tune up jet clean di Dokter Mobil menggunakan teknologi berstandar internasional untuk menjaga kualitas dan keamanan layanan.

Pertanyaan Seputar Jet Clean Dokter Mobil

Jet Clean adalah membersihkan seluruh bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, seperti piston, valve dan intake, injector, throttle body, catalytic converter dan EGR untuk mobil bermesin diesel.
Untuk harga yang dibanderol terkait layanan Jet Clean di Dokter Mobil, anda bisa langsung menghubungi kontak CS Dokter Mobil. CS kami akan senang hati untuk menjelaskan berbagai pertanyaan Anda seputar layanan Jet Clean ini.
Jet Clean bertujuan untuk mengembalikan performa mobil lama anda seperti baru kembali. Proses Jet Clean merupakan pembersihan kerak karbon sisa dari pembakaran, di beberapa komponen yang terhubung ruang bakar hingga saluran Injector. Karena kerak karbon yang menumpuk merupakan penyebab dari tenaga mobil berkurang, mengelitik, dan boros.
Tune up di bengkel-bengkel lain juga turut serta melakukan proses pergantian oli. Proses pergantian oli secara konvensional ini umumnya masih menyisakan sisa oli di pompa oli dan dinding mesin hingga mencapai 900 ml! Dokter Mobil memiliki cara mutakhir untuk mengganti oli agar lebih maksimal, yakni Cuci Darah. Cuci Darah merupakan metode penggantian oli mesin dengan cara dirontokkan sisa oli dan disedot hingga oli terkuras dengan bersih. Untuk performa yang lebih memuaskan untuk mobil kesayangan Anda, disarankan untuk mencoba layanan Jet Clean serta Cuci Darah di Dokter Mobil.

Penutup

Mencuci ruang mesin mobil secara teratur adalah suatu hal yang sangat penting untuk menjaga kinerja mesin mobil agar tetap optimal dan mencegah kerusakan pada mesin mobil.

Dengan melakukan pencucian ruang mesin mobil secara teratur, maka mobil akan lebih hemat bahan bakar, tampilan mobil lebih terawat, dan pengendara mobil dapat merasa lebih nyaman dan aman saat berkendara.

Oleh karena itu, sebaiknya mencuci ruang mesin mobil menjadi bagian dari perawatan rutin mobil Anda untuk menjaga kondisi mesin agar selalu prima dan performa mobil tetap optimal dengan percayakan pada layanan pencucian mesin terpercaya hanya dengan tune up Jet Clean dari Dokter Mobil.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Ayla vs Agya

Ayla vs Agya: Mana yang Lebih Unggul?

Ayla vs Agya: Mana yang Lebih Unggul? Pelajari perbedaan antara Daihatsu Ayla dan Toyota Agya untuk membuat keputusan yang tepat. Bandingkan fitur, kinerja, dan harga untuk

Rincian Harga Isi Freon AC Mobil Terios

Rincian Harga Isi Freon AC Mobil Terios

AC mobil merupakan salah satu fitur utama yang memberikan kenyamanan dalam berkendara, terutama di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Tidak terkecuali juga mobil Daihatsu

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!