Artikel

pembersih kerak mesin

3 Rekomendasi Pembersih Kerak Mesin Untuk Mobil Anda

3 Rekomendasi Pembersih Kerak Mesin Untuk Mobil Anda! – Hal yang jarang diperhatikan oleh pemilik mobil kebanyakan adalah pembersih kerak mesin mobilnya. Berbeda dengan tampilan luar yang selalu dijaga dan dirawat kebersihannya. Padahal, kebersihan kerak mesin mobil jauh lebih penting untuk menjaga performa kendaraan dan menghindari berbagai resiko yang mungkin terjadi pada mesin mobil kesayangan Anda.

Anda pasti tidak menginginkan jika mobil yang Anda beli dengan harga yang tidak murah cepat mengalami kerusakan dan malahan berdampak buruk bagi Anda dan keluarga. Untuk itu pembersih kerak mesin sangat penting Anda lakukan untuk mobil dan kenyamanan Anda.

Tapi sebelum jauh kita membahas tentang pembersih kerak mesin, sebaiknya cari tahu dulu apa sih kerak mesin itu?

pembersih kerak mesin

Apa itu Kerak Mesin dan Penyebabnya?

Kerak mesin adalah semacam jeroan yang ada pada tangki bahan bakar mesin kendaraan yang dapat membuat tarikan mesin menjadi kurang bertenaga. Munculnya kerak mesin ini dipengaruhi oleh kurangnya pasokan udara ke mesin bakar kendaraan.

Kurangnya udara yang masuk membuat bahan bakar tidak terbakar dengan habis. Kerak mesin yang dibiarkan secara terus menerus akan menumpuk dan menyebabkan masalah pada mesin mobil Anda. Kerak yang banyak bisa membuat pembakaran jadi tidak sempurna.

Selain itu, zat dalam bahan bakar yang digunakan juga mempengaruhi munculknya kerak pada mesin. Bahan bakar yang memiliki zat aditif detergency jauh lebih baik untuk terhindar dari kerak mobil.

Untuk itu Anda perlu menggunakan pembersih kerak mesin.

Baca Juga : Pentingnya Carbon Cleaner Mobil Beserta Tips Memilihnya

Kenapa Harus Menggunakan Pembersih Kerak Mesin?

Pembersihan kerak mesin harus dilakukan untuk menjaga dan mengembalikan performa mesin jadi lebih baik. Kerak pada mesin harus dibersihkan dengan cara dan tindakan yang benar agar kerak dan kotorannya keluar semua.

Kerak mesin tidak bisa dkeluarkan begitu saja, oleh karenanya dibutuhkan pembersih kerak mesin yang ampuh dan benar-benar membersihkan.

Cara Membersihkan Kerak Mesin Mobil

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan kerak mesin, yaitu dengan menggunakan produk cairan khusus yang beredar banyak di pasaran, atau Anda bisa menggunakan bahan yang lebih murah seperti pertamax.

Pertamax memiliki zat aditif detergency yang ada pada Pertamax bisa membersihkan kerak karbon yang menempel di mesin. Seperti yang kita ketahui, kerak karbon itu muncul karena beroktan rendah, atau premium sangat cepat menghasilkan penumpukkan karbon di ruang bakar, termasuk saluran masuk.

Bahan bakar yang tidak menggandung zat aditif detergency penjagaga kemurnian bahan bakar akan lebih berpeluang menimbulkan kerak pada mesin.

3 Jenis Pembersih kerak mesin

Sekarang mari kita cari tahu cara pembersih kerak mesin dengan 3 jenis bahan ini.

  1. Engine Degreaser

Pembersih kerak mesin yang pertama adalah Engine Degreaser, bahan dibuat dengan bahan yaitu solvent, namun perbedaannya sedikit lebih kasar. Alasannya karena bahan ini memang khusus untuk membersihkan bagian luar dari kotoran seperti daki ataupun karat.

Hebatnya lagi, dengan formula khusus, Engine Degreaser dapat mengikat dan juga melarutkan kotoran yang membandel.

  1. Engine Kondisioner

Pembersih kerak mesin selanjutnya adalah Engine Kondisioner. Sama seperti bahan yang digunakan engine degraser, pembersih kerak Engine Kondisioner ini menggunakan bahan violant yang berbentuk foam atau busa yang dapat digunakan secara berkala.

Fungsinya sama dengan pembersih kerak lainnya yaitu membantu membersihkan bagian paling penting di dalam mesin kendaraan, yaitu bagian ruang bakar baik mobil maupun motor.

Cara penggunaannya sendiri cukup mudah, dengan menyemprot ke bagian dalam ruang bakar melalui busi.

  1. Engine Flush

Berbeda dari 2 pembersih kerak mesin di atas, untuk jenis pembersih kerak yang ke tiga ini berbentuk seperti deterjen yang dapat membersihkan kotoran yang berada dijalur oli mesin maupunkarter mesin. Fungsinya pun sebagai pembersih bagian tersebut dan caranya pun sedikit berbeda.

Caranya cukup dengan memasukan pembersih kerak ke dalam mesin kendaraan melalui saluran lubang oli, kemudian nyalakan mesin kurang lebih 15 menit dan buang pembersih tersebut melalui saluran pembuangan oli mesin.

Engine Flush dapat membantu Anda membersihkan karbon dari sisa pembakaran yang terletak di ring piston yang membandel.

Mungkin banyak di antara Anda yang masih kesulitan untuk membersihkan kerak mesin mobil Anda. Dan mungkin juga belum mengetahui jenis-jenis pembersih kerak mesin mana yang ampuh untuk mengatasi masalah kerak pada mesin.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin mendapatkan solusi pembersihan kerak mesin mobil dan kerak-kerak oli bisa langsung datang di lokasi bengkel mobil terdekat Dokter Mobil di daerah Anda.

Layanan Pembersih Kerak Bengkel Mobil Dokter

Bengkel Dokter Mobil memiliki jasa pembersih kerak mesin mobil Anda hingga Kembali performanya menjadi lebih baik lagi. Anda bisa mendatangi bengkel terdekat dan menyampaikan masalah kerak mesin yang dihadapi untuk diberikan solusi terbaiknya.

Selain itu Ada banyak Anda juga bisa meminta layanan tune-up dan service ac mobil di setiap bengkel dokter mobil dengan kualitas terbaik dan teknisi yang handa.

Tunggu apalagi, reservasi sekarang degan menghubungi Cs Dokter Mobil di daerah Anda. Semoga Bermanfaat

 

 

 

 

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Latest Posts

Persamaan Dokter Manusia Dan Dokter Mobil? Cari Tahu Disini Yuk Biar Gak Bingung
Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak Yang Harus Anda Hindari!
Perbedaan Mobil Manual Dan Matic
Komponen Mesin Mobil Yang Perlu Anda Ketahui!
Jenis Jenis Mobil Honda yang Ada di Indonesia