📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

3 Rekomendasi Pembersih Kerak Mesin Untuk Mobil Anda

pembersih kerak mesin

3 Rekomendasi Pembersih Kerak Mesin Untuk Mobil Anda! – Hal yang jarang diperhatikan oleh pemilik mobil kebanyakan adalah adanya kerak mesin mobilnya. Berbeda dengan tampilan luar yang selalu dijaga dan dirawat kebersihannya.

Kebersihan mesin mobil jauh lebih penting untuk menjaga performa kendaraan dan menghindari berbagai resiko yang mungkin terjadi pada mesin mobil kesayangan Anda.

Anda pasti tidak ingin jika mobil yang Anda beli dengan harga yang tidak murah cepat mengalami kerusakan dan malahan berdampak buruk bagi Anda dan keluarga, bukan?

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah kerak pada mesin mobil, Anda harus mengetahui apa pembersih kerak mesin mobil yang dapat menjaga kesehatan mesin mobil anda dengan baik. Akan tetapi sebelum itu, kita membahas tentang apa sih kerak mesin itu?

pembersih kerak mesin

Apa itu Kerak Mesin dan Penyebabnya?

Kerak mesin adalah semacam jeroan yang ada pada tangki bahan bakar mesin kendaraan yang dapat membuat tarikan mesin menjadi kurang bertenaga. Munculnya kerak mesin ini dipengaruhi oleh kurangnya pasokan udara ke mesin bakar kendaraan.

Kurangnya udara yang masuk membuat bahan bakar tidak terbakar dengan habis. Kerak mesin yang dibiarkan secara terus menerus akan menumpuk dan menyebabkan masalah pada mesin mobil Anda. Kerak yang banyak bisa membuat pembakaran jadi tidak sempurna.

Selain itu, zat dalam bahan bakar yang digunakan juga mempengaruhi munculknya kerak pada mesin. Bahan bakar yang memiliki zat aditif detergency jauh lebih baik untuk terhindar dari kerak mobil.

Nah, untuk mengatasi kerak-kerak yang mungkin muncul pada mesin mobil Anda, ada baiknya anda melakukan cegahan dan pembersihan dengan menggunakan pembersih kerak mesin.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Namun jangan sampai salah memilih atau membeli pembersih kerak, karena setiap pembersih memiliki kualitas berbeda, dan pastikan anda hanya menggunakan pembersih kerak mobil terbaik.

Baca Juga : Pentingnya Carbon Cleaner Mobil Beserta Tips Memilihnya

3 Rekomendasi Pembersih Kerak Mesin Terbaik

Ada tiga rekomendari pembersih kerak mesin yang sudah terbukti terbaik dan dijamin mesin anda bersih dari kerak. Ketiga pembersih ini bisa anda temukan di pasaran dan dapat diaplikasikan dengan mudah.

Selain itu, ketiganya juga banyak digunakan oleh bengkel atau layanan service mobil besar di Indonesia. Penasaran apa saja ketiga rekomendasi pembersih kerak pada mesin berikut ini? Yuk simak rekomendasinya!

  1. Engine Degreaser

Pembersih kerak mesin yang pertama adalah Engine Degreaser, bahan dibuat dengan bahan yaitu solvent, namun perbedaannya sedikit lebih kasar. Alasannya karena bahan ini memang khusus untuk membersihkan bagian luar dari kotoran seperti daki ataupun karat.

Hebatnya lagi, dengan formula khusus, Engine Degreaser dapat mengikat dan juga melarutkan kotoran yang membandel.

  1. Engine Kondisioner

Pembersih kerak mesin selanjutnya adalah Engine Kondisioner. Sama seperti bahan yang digunakan engine degraser, pembersih kerak Engine Kondisioner ini menggunakan bahan violant yang berbentuk foam atau busa yang dapat digunakan secara berkala.

Fungsinya sama dengan pembersih kerak lainnya yaitu membantu membersihkan bagian paling penting di dalam mesin kendaraan, yaitu bagian ruang bakar baik mobil maupun motor. Cara penggunaannya sendiri cukup mudah, dengan menyemprot ke bagian dalam ruang bakar melalui busi.

  1. Engine Flush

Berbeda dari 2 pembersih kerak mesin di atas, untuk jenis pembersih kerak yang ke tiga ini berbentuk seperti deterjen yang dapat membersihkan kotoran yang berada dijalur oli mesin maupunkarter mesin. Fungsinya pun sebagai pembersih bagian tersebut dan caranya pun sedikit berbeda.

Caranya cukup dengan memasukan pembersih kerak ke dalam mesin kendaraan melalui saluran lubang oli, kemudian nyalakan mesin kurang lebih 15 menit dan buang pembersih tersebut melalui saluran pembuangan oli mesin. Engine Flush dapat membantu Anda membersihkan karbon dari sisa pembakaran yang terletak di ring piston yang membandel.

Itulah tiga rekomendasi pembersih kerak mesin yang bisa anda pilih untuk kebersihan mesin mobil.  Ketiga pembersih tersebut terbukti ampuh untuk mengatasi masalah kerak-kerak membandel yang ada di mesin.

Silahkan pilih salah satu dari ketiga rekomendasi tersebut. Atau kalau memang anda masih belum bisa memutuskan ingin membeli atau menggunakan pembersih yang mana, disarankan untuk pergi ke Dokter Mobil.

Layanan Dokter Mobil menyediakan pembersihan kerak yang menempel pada mesin dengan sangat baik. Ada banyak cabang tersebar di Jakarta dan Indonesia yang bisa Anda kunjungi. Apapun jenis kerak, Dokter Mobil bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan benar dan pasti beres.

Kenapa Harus Menggunakan Pembersih Kerak Mesin?

Pembersihan kerak pada mesin harus dilakukan untuk menjaga dan mengembalikan performa mesin jadi lebih baik. Kerak pada mesin harus dibersihkan dengan cara dan tindakan yang benar agar kerak dan kotorannya keluar semua.

Kerak mesin tidak bisa dkeluarkan begitu saja, oleh karenanya seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa anda membutuhkan pembersih kerak mesin terbaik yang sudah terbukti benar-benar ampuh dapat merontokan semua kerak yang ada dan dapat mencegah timbulnya kerak baru pada mesin mobil anda.

Cara Membersihkan Kerak Mesin Mobil

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan kerak mesin, yaitu dengan menggunakan produk cairan khusus yang beredar banyak di pasaran, atau Anda bisa menggunakan bahan yang lebih murah seperti pertamax.

Pertamax memiliki zat aditif detergency yang ada pada Pertamax bisa membersihkan kerak karbon yang menempel di mesin. Seperti yang kita ketahui, kerak karbon itu muncul karena beroktan rendah, atau premium sangat cepat menghasilkan penumpukkan karbon di ruang bakar, termasuk saluran masuk.

Bahan bakar yang tidak menggandung zat aditif detergency penjagaga kemurnian bahan bakar akan lebih berpeluang menimbulkan kerak pada mesin.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form