Artikel

Cara Mengemudi Mobil Manual

Bagaimana Cara Mengemudi Mobil Manual? Ini 5 Tipsnya

Bagaimana Cara Mengemudi Mobil Manual? – Pada kesempatan kali ini dokter mobil akan berbagi tentang bagaimana cara mengemudi mobil secara manaul. Untuk Anda yang saat ini baru belajar dan ingin tahu cara mengemudi mobil manual sendiri, bisa simak artikel ini hingga kelar yah!

Cara Mengemudi Mobil Manual
Cara Mengemudi Mobil Manual

Cara mengemudi mobil manual yang baik dan benar serta aman dicari banyak orang yang hendak belajar mengendarai mobil.  Mobil menjadi sarana transportasi yang nyaman bagi manusia. Namun selama dalam perjalanan mereka berharap dapat mengendarai mobil dengan lancar, nyaman dan aman. Bagi mereka yang baru belajar menyetir mobil maka cara belajar menyetir mobil manual perlu dipelajari terlebih dahulu.

Cara menyetir mobil manual perlu dilakukan hati-hati. Cara mengemudikan mobil manual hampir sama dengan cara mengemudi mobil matic yakni memerlukan latihan yang banyak untuk menguasainya dengan baik.

Bagi anda yang ingin belajar stir mobil manual maka terlebih dahulu mesti  mempunyai tekad yang sangat kuat untuk bisa cara menguasai mengemudi mobil manual. Yang dilakukan dengan cara praktek latihan dan terus berusaha sampai bisa.

Mengemudikan mobil manual yang aman, baik dan lancar memang tidak semudah apa yang diucapkan. Namun siapapun anda pastinya jika mau belajar dan berusaha serta mempunyai tekad kuat pastinya siapapun bisa mengendarai mobil manual secara nyaman dan aman.

Namun dalam  belajar cara mengemudikan mobil manual perlu kehati-hatian dan banyak latihan. Sebagaimana yang sering dialami oleh orang yang baru belajar stir mobil manual pastinya akan mengalami banyak tantangan dan kesalahan hingga mobil berjalan pada arah tak benar.

Namun seiring banyak latihan pastinya suatu hari nanti anda akan sanggup mengendarai mobil manual secara nyaman, benar, aman dan tanpa kesalahan. Contohnya mampu melakukan pindah gigi secara baik tanpa kepanikan.

Baca Juga : Langkah dan Cara Mengemudi Livina Matic Agar Kuat Nanjak

5 Cara Mengemudi Mobil Manual

Cara Mengemudi Mobil Manual

Berikut ini cara mengemudi mobil manual secara baik dan benar serta aman dan nyaman, antara lain:

1.Memahami terlebih dahulu aneka fitur yang terdapat di dalam mobil beserta fungsinya.

Misalkan stir, pedal rem, kopling, pedal gas, dan lain-lain. Jangan pernah mengemudikan mobil manual tanpa mengetahui dan memahami fitur-fitur yang terdapat di dalam mobil beserta fungsinya. Jika anda tetap melakukannya akibatnya fatal sekali.

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, jangan pernah melakukan kesalahan dalam menginjak rem atau gas.  Jika anda melakukannya resiko sangat besar. Misalkan bisa terjadi tabrakan kecelakaan. Misalkan anda hendak berhenti tapi justru menginjak pedal gas.

Kemudian pahami juga fitur pelengkap lainnnya disamping fitur utama seperti tombol klakson,tombol  lampu sign, dll. Dan yang tak kalah penting adalah memahami bagaimana cara melakukan pindah gigi pada bagian persnelling.

2.Belajar stir mobil manual merupakan pintu awal untuk bisa mengemudikan mobil manual secara aman dan nyaman.

Biasakanlah untuk mencari cara mengemudi mobil manual secara aman, nyaman dan tenang. Karena hal itu akan membantu anda menguasai cara mengemudi mobil manual secara aman dan nyaman selama di atas jalan raya dalam menempuh perjalanan dekat maupun jauh.

Untuk bisa tahu cara mengemudikan mobil manual secara aman dan nyaman dimulai dari posisi menyetir pastikan dalam posisi duduk yang aman, nyaman dan benar. Pastikan anda dalam posisi duduk yang nyaman di depan stir mobil. Sehingga mengemudikan mobil menjadi sangat aman dan nyaman.

Dengan melakukan posisi duduk yang nyaman itu dijamin selama anda mengemudikan mobil manual akan semakin aman, nyaman dan lancar selama dalam perjalanan jauh maupun pendek.

Cara mengemudikan mobil manual yang nyaman ini, beberapa orang mencoba menganggap remeh persoalan ini sehingga membuat mobil tak nyaman dikendarai.

Oleh sebab itu, tips belajar mobil manual untuk wanita dan pria yang utama adalah sebelum memulai mengemudikan mobil pastikan posisi duduk sudah senyaman mungkin. Posisi tubuh ataupun kursi jok mobil yang perlu diatur agar disesuaikan senyaman mungkin.

Dengan posisi duduk yang nyaman nantinya anda akan sangat mudah untuk menjangkau semua fitur yang terdapat di dalam mobil seperti menginjak pedal rem ataupun gas. Posisi duduk yang nyaman berarti anda sangat nyaman sewaktu-waktu jika harus melakukan sesuatu misalkan menginjak rem, atau gas maupun kopling sesuai kebutuhan.

3.Mengetahui dan memahami sekali letak fitur-fitur utama dan tambahan yang terdapat di dalam mobil.

Seperti  ada fitur utama dan ada fitur tambahan. Untuk fitur utama harus dikuasai dan dipahami secara baik. Contoh fitur utama pada mobil manual adalah pedal-pedal yang terdapat di dalam mobil. Seperti pedal gas, pedal rem, dan pedal kopling. Kemudian memahami tempatnya masing-masing dan harus diingat agar jangan sampai salah menginjak.

Letak pedal gas terdapat di bagian kanan. Sedangkan letak pedal rem terdapat di bagian tengah. Adapun pedal kopling terdapat di bagian kiri. Dengan mengetahui posisi letak dan fungsinya masing-masing akan memudahkan bagi anda untuk mengendarai mobil manual secara baik dan benar serta aman dan nyaman khususnya bagi pemula.

Untuk bagian kopling mobil juga harus diperhatikan yang memiliki fungsi sebagai pemutus sekaligus penyambung antara putaran mesin dengan putaran roda yang berkaitan.

Kemudian manfaat kopling mobil juga untuk melakukan pemindahan gigi sekaligus mengurangi atau menambah jumlah gigi di dalam transmisi. Pendek kata, penambahan atau pengurangan jumlah gigi hanya dapat dilakukan dengan menginjak pedal kopling mobil.

4.Menyalakan mobil

Sesudah mengetahui dan memahami semua fitur yang terdapat di dalam mobil terutama fitur utama yang mudah dijangkau berikutnya dari cara mengemudi mobil manual adalah memulai praktek dengan cara menyalakan mobil dan mesin mobil manual.

Tahapan paling dasar bagi mereka yang baru belajar cara stir mobil manual adalah belajar cara menghidupkan mobil dan mesin mobil manual terlebih dahulu.

Kemudian dilanjutkan dengan belajar cara melakukan perpindahan gigi pada tuas sampai ke netral. Pada posisi netral maka tuas persnelling dapat digerak ke arah kanan dan kiri secara bebas.

Berikutnya adalah menghidupkan mobil menggunakan kunci mobil  dengan cara distarter sambil injak pedal kopling full. Pada saat mesin mobil sudah menyala, kemudian lepaskan injakan pada pedal kopling, sedangkan tuas dalam transmisi netral. Kemudan menginjak kopling secara full.

5.Menjalankan mobil manual dengan penuh kehati-hatian

Terakhir cara mengemudi mobil manual adalah dengan  menjalankan mobil manual dengan sangat hati-hati. Apalkagi bagi anda yang masih pemula dalam tahapan belajar cara menyetir mobil manual. Lihat kiri dan kanan jalan serta melihat pandangan mata lurus ke jalan agar mobil berjalan di atas jalan yang benar.

Setelah mobil manual sudah menyala maka langkah selanjutnya dengan menginjak kopling lalu melakukan memasukan persnelling  menuju gigi satu. Perlahan-lahan lepaskan pedal kopling dan secara bersamaan lakukan penginjakan pada pedal gas secara pelan-pelan sedikit demi sedikit.

Setelah mampu melepas kopling dan bersamaaan itu bisa meningkatkan gas sehingga akselerasi mobil sudah semakin bagus maka selanjutnya adalah melakukan pemindahan gigi ke tingkatan gigi lebih besar.

Namun dalam cara mengemudi mobil manual itu pastikan kondisi mobil berfungsi secara baik. Jika mobil mengalami kerusakan pada beberapa komponen seperti kerusakan pada mesin mobil atau AC mobil dan fitur serta bagian lainnya maka dapat diperbaiki di bengkel mobil setempat.

Dokter Mobil (doktermobil.com)  adalah pilihan yang tepat untuk memperbaiki segala kerusakan pada bagian mobil manual anda. Sehingga anda bisa nyaman dan fokus dalam belajar cara mengemudi mobil manual.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 46845

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Latest Posts

Persamaan Dokter Manusia Dan Dokter Mobil? Cari Tahu Disini Yuk Biar Gak Bingung
Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak Yang Harus Anda Hindari!
Perbedaan Mobil Manual Dan Matic
Komponen Mesin Mobil Yang Perlu Anda Ketahui!
Jenis Jenis Mobil Honda yang Ada di Indonesia