📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

8 Masalah AC Mobil BMW yang Sering Ditemui, Wajib Tau!

8 Masalah AC Mobil BMW yang Sering Ditemui, Wajib Tau!

Mempunyai mobil BMW memang menjadi impian banyak orang. Namun, memiliki mobil mewah seperti BMW juga memerlukan biaya perawatan yang tinggi. Salah satu bagian mobil BMW yang sering mengalami masalah adalah AC-nya. Ada 8 masalah AC mobil BMW yang sering ditemui dan perlu diketahui oleh pemilik mobil BMW.

Masalah AC mobil BMW ini tidak hanya akan membuat penggunaan mobil menjadi tidak nyaman, namun juga dapat menimbulkan biaya perbaikan yang cukup besar. Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil BMW untuk mengetahui masalah AC yang sering ditemui agar dapat segera menanganinya dan menghindari biaya perbaikan yang mahal.

8 Masalah AC Mobil BMW yang Sering Ditemui

Sebagai mobil mewah yang populer, mobil BMW menawarkan berbagai fitur dan kenyamanan yang memanjakan penggunanya. Namun, AC mobil BMW seringkali mengalami masalah yang membuat penggunaan mobil menjadi tidak nyaman. Ada delapan masalah AC mobil BMW yang sering ditemui dan harus diketahui oleh pemilik mobil BMW.

1. Kerusakan Kompresor

Salah satu masalah AC mobil BMW yang sering terjadi adalah kerusakan pada kompresor. Kompresor adalah komponen utama dari sistem AC mobil yang berfungsi untuk menekan refrigeran sehingga dapat bergerak ke seluruh sistem AC.

Jika kompresor mengalami kerusakan, maka AC mobil BMW tidak akan dapat menghasilkan udara dingin yang optimal. Beberapa penyebab kerusakan kompresor di antaranya adalah kurangnya pelumasan atau kelembaban di dalam sistem AC. Untuk menghindari kerusakan pada kompresor, pemilik mobil BMW disarankan untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan rutin pada sistem AC dan memeriksa pelumasan secara berkala.

2. Kebocoran Refrigeran

Kebocoran refrigeran adalah masalah AC mobil BMW yang sering ditemui. Refrigeran adalah zat pendingin yang penting untuk menjaga kinerja AC mobil BMW. Jika terjadi kebocoran pada sistem AC, maka refrigeran akan keluar dari sistem dan mengakibatkan AC tidak dapat berfungsi dengan baik.

Beberapa penyebab kebocoran refrigeran di antaranya adalah adanya retak atau kerusakan pada pipa AC, karet O-ring yang aus atau rusak, atau tekanan yang terlalu tinggi pada sistem AC. Untuk menghindari kebocoran refrigeran, pemilik mobil BMW disarankan untuk memeriksa sistem AC secara berkala dan melakukan perbaikan pada kerusakan atau retak yang terjadi pada pipa atau karet O-ring.

3. Kerusakan pada Sistem Evaporator

Sistem evaporator pada AC mobil BMW berfungsi untuk menghilangkan kelembaban dari udara di dalam mobil. Jika terjadi kerusakan pada sistem evaporator, maka AC tidak akan dapat menghasilkan udara dingin yang optimal.

Beberapa penyebab kerusakan pada sistem evaporator adalah adanya kerusakan pada blower atau filter AC, kotoran yang menumpuk di dalam sistem AC, atau adanya bahan kimia yang bocor ke dalam sistem AC. Untuk menghindari kerusakan pada sistem evaporator, pemilik mobil BMW disarankan untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan pada sistem AC secara rutin.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

4. Masalah pada Sistem Kontrol AC

Masalah AC mobil BMW selanjutnya adalah terjadi pada sistem kontrol AC mobil. Sistem kontrol AC pada mobil BMW berfungsi untuk mengatur suhu dan kecepatan kipas AC. Jika terjadi masalah pada sistem kontrol AC, maka suhu dan kecepatan kipas tidak dapat diatur dengan baik. Beberapa penyebab masalah pada sistem kontrol AC adalah adanya kerusakan pada saklar AC atau kegagalan pada sistem kontrol AC.

Untuk menghindari masalah pada sistem kontrol AC, pemilik mobil BMW disarankan untuk memeriksa sistem AC secara berkala dan melakukan perawatan rutin pada sistem kontrol AC.

5. Masalah pada Kipas AC

Kipas AC pada mobil BMW berfungsi untuk menghembuskan udara dingin ke dalam kabin mobil. Jika terjadi masalah AC mobil BMW pada bagian kipas AC, maka udara dingin tidak dapat terdistribusi dengan baik ke seluruh bagian kabin mobil.

Beberapa penyebab masalah pada kipas AC adalah kerusakan pada motor kipas atau adanya kotoran atau debu yang menumpuk di dalam kipas AC. Untuk menghindari masalah pada kipas AC, pemilik mobil BMW disarankan untuk memeriksa kipas AC secara berkala dan membersihkannya secara rutin.

6. Kegagalan pada Sistem Sensor AC

Sistem sensor AC pada mobil BMW berfungsi untuk mengukur suhu udara di dalam kabin mobil dan mengirimkan sinyal ke sistem kontrol AC untuk mengatur suhu dan kecepatan kipas AC. Jika terjadi kegagalan pada sistem sensor AC, maka sistem kontrol AC tidak akan dapat berfungsi dengan baik.

Beberapa penyebab kegagalan pada sistem sensor AC adalah kerusakan pada kabel atau kegagalan pada sensor AC. Untuk menghindari kegagalan pada sistem sensor AC, pemilik mobil BMW disarankan untuk memeriksa sensor AC secara berkala dan melakukan perawatan rutin pada kabel atau sensor AC.

7. Masalah pada Sistem Tekanan AC

Sistem tekanan AC pada mobil BMW berfungsi untuk menjaga tekanan refrigeran yang tepat dalam sistem AC. Jika terjadi masalah AC mobil BMW pada sistem tekanan AC, maka AC tidak akan dapat menghasilkan udara dingin yang optimal.

Beberapa penyebab masalah pada sistem tekanan AC adalah adanya kebocoran pada sistem AC atau kerusakan pada katup ekspansi. Untuk menghindari masalah pada sistem tekanan AC, pemilik mobil BMW disarankan untuk memeriksa sistem AC secara berkala dan melakukan perbaikan pada kerusakan atau kebocoran yang terjadi.

8. Masalah pada Sistem Kondensor

Sistem kondensor pada mobil BMW berfungsi untuk mengeluarkan panas dari refrigeran yang mengalir melalui sistem AC. Jika terjadi masalah AC mobil BMW pada sistem kondensor, maka panas tidak akan dapat dihilangkan dari refrigeran dengan baik.

Beberapa penyebab masalah pada sistem kondensor adalah kerusakan pada fan kondensor atau kotoran yang menumpuk di dalam sistem kondensor. Untuk menghindari masalah pada sistem kondensor, pemilik mobil BMW disarankan untuk memeriksa kondensor secara berkala dan membersihkannya secara rutin.

BACA JUGA: 5 Perawatan Mobil BMW Bekas, Ternyata Murah?

Masalah AC mobil BMW dapat terjadi karena berbagai faktor seperti kelembaban, tekanan yang terlalu tinggi, atau kotoran yang menumpuk di dalam sistem AC. Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil BMW untuk memeriksa sistem AC secara berkala dan melakukan perawatan rutin pada sistem AC agar dapat menghindari biaya perbaikan yang mahal.

Dengan memahami dan mengetahui masalah AC yang sering ditemui pada mobil BMW, pemilik mobil BMW dapat melakukan tindakan pencegahan yang tepat dan memperpanjang umur AC mobil.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Cara Kerja Throttle Body Mobil

Mengulik Cara Kerja Throttle Body Mobil

Ingin mengetahui bagaimana cara kerja throttle body mobil agar bisa merawat mobil lebih tepat dan menjaga performa mobil selalu optimal? Artikel ini adalah pilihan tepat

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!