New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Gejala yang Menjadi Ciri-Ciri Radiator Mobil Bocor

Inilah 5 Ciri-Ciri Radiator Mobil Bocor serta Solusinya !

Pemilik mobil wajib tahu Inilah 5 Ciri-Ciri Radiator Mobil Bocor serta Solusinya. Dengan demikian, resiko overheating dapat dicegah atau diminimalisir.

Namun sobat perlu tahu apa saja ciri-ciri radiator mobil bocor? Dan bagaimana mengatasinya? Yuk simak ulasan ini;

Ciri-Ciri Radiator Mobil Bocor

1. Tutup Radiator Lemah

Tutup Radiator yang Lemah Bisa Menyebabkan Bocornya Air Coolant
Tidak jarang diketahui oleh si pengguna mobil, ciri-ciri radiator mobil bocor ialah tutup radiator umumnya telah dilengkapi pengait serta sebuah katup didalamnya. Tentu peranan katup sangat penting untuk mencegah kebocoran pada air radiator pada saat mesin dalam keadaan panas.

Lihat Juga: Tutup Radiator yang Handal

Salah satu penyebab air radiator berkurang adalah karena tekanan tutup yang terdapat pada radiator yang sudah melemah. Sebaiknya, sobat perlu mengganti tutup radiator dengan yang baru jika kondisi karet pada bagian tutup sudah lemah, rapuh, atau rusak.

2. Pengikat Selang Radiator

Check Kondisi Selang Radiator
Penyebab lainnya ialah karena pengikat selang air radiator tidak terkait dengan sempurna, maka akan menyebabkan radiator mobil bocor serta membuat keadaan air radiator selalu berkurang. Jika sudah terdeteksi kebocoran pada bagian ini, maka sobat bisa kencangkan baut pengikat selang tersebut. Namun, jika memang pengikat selang sudah mengalami kerusakan, sebaiknya sobat wajib mengganti pengikat selang dengan yang baru.

3. Selang Radiator

Pastikan Selang Radiator dalam Keadaan Baik
Kebocoran lainnya juga bisa didebabkan oleh selang radiator tersebut. Untuk mengeceknya cukup mudah, sobat  dapat memperhatikan alur selang tersebut untuk memastikan kondisi selang air radiator. Apakah ada tanda-tanda air menetes dari salah satu bagian selang, jika iya, maka ganti dengan selang yang baru.

4. Kompresi Mesin

Kompresi Mesin Menjadi Indikator Kemungkinan Adanya Kebocoran Radiator Mobil
Radiator mobil bocor juga berkaitan dengan kebocoran kompresi mesin pada kendaraan sobat. Langkah pengecekannya juga cukup mudah, buka tutup radiator lalu masukkan air hingga penuh. Setelah itu, hidupkan mesin tanpa perlu menutup radiator. Jika terdapat gelembung yang tidak mau berhenti dan saat mesin digas air radiator terlihat menyembur keras keluar, maka ada indikasi mesin mengalami kebocoran kompresi.

5. Thermostat Rusak

Beda Thermostats Baru dan yang Rusak
Ciri terakhir ialah Thermostat pada mesin juga dapat menyebabkan air radiator tidak bersirkulasi dengan baik untuk menjaga temperatur mesin agar tetap stabil. Untuk melihat keadaan alat ini sedang mengalam kerusakan atau tidaknya,sobat bisa melihat perbedaan suhu yang sangat jauh pada bagian radiator tersebut.

Jika disisi kanan radiator terasa sangat panas, sementara disisi sebaliknya radiator terasa dingin. Jika sudah terjadi demikian, sobat perlu konsultasikan dengan mekanik kepercayaan sobat untuk melakukan pengecekan pada bagian ini.

Demikian ulasan perihal 5 Ciri-Ciri Radiator Mobil Bocor dan Solusinya. Jangan lupa check secara rutin ya sobat. Semoga bermanfaat DomoLovers..

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!