📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab Indikator Aki Nyala Dan Solusi Untuk Memperbaikinya

indikator aki nyala

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Indikator aki nyala memang memiliki beberapa penyebab, salah satu alasannya adalah dikarenakan pengisian daya yang tidak sesuai. Bagi beberapa orang, mungkin tanda dari kerusakan mobil adalah hal yang bisa diketahui dengan mudah. Tetapi, nyatanya tidak semua orang mengerti akan tanda yang diberikan tersebut. Kurangnya informasi yang dimiliki membuat terkadang beberapa orang panik saat mendapati indikator lampu mereka menyala.

Terkadang alasan dari lampu indikator yang menyala adalah dikarenakan aki mobil yang mengalami masalah. Tetapi, selain masalah yang terdapat pada aki, terdapat beberapa faktor lainnya yang mungkin bisa menjadi penyebab hal ini terjadi. Terutama, apabila masalah ini berkaitan dengan sistem kelistrikan mobil. Tetapi Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena berikut akan dibahas mengenai penyebab masalah pada lampu indikator dan juga solusinya.

Terjadi Kesalahan Pada Sistem Kelistrikan Mobil

indikator aki nyala

Penyebab pertama dari lampu indikator aki nyala adalah karena adanya masalah pada sistem kelistrikan mobil. Kita semua tahu, bahwasanya aki merupakan bagian yang sangat penting dalam sistem kelistrikan mobil. Sebagai tombak utama pada masalah kelistrikan, tentunya apabila terjadi masalah pada aki seperti aki eror atau bahkan sampai aki rusak, sudah pasti akan bisa mengganggu kinerja dari mesin dan komponen lain pada mobil. Masalah pada lampu indikator ini juga bisa disebabkan karena adanya masalah pada sistem pengisian arus listrik.

Biasanya, alasan mengapa lampu indikator ini menyala adalah karena dinamo alternator yang mengalami kekenduran dan juga Carbon brush yang aus. Karena terjadinya aus pada carbon brush, maka dinamo alternator menjadi gagal menghasilkan listrik dan membuat sistem kelistrikan mobil menjadi terganggu.

Penyebab Lampu Indikator Aki Nyala Karena Terjadinya Undercharged Dan Overcharged Pada Dinamo Alternator

Penyebab dari lampu indikator aki nyala selanjutnya selain terjadinya masalah pada sistem kelistrikan mobil yang disebabkan oleh aki rusak adalah pemberian daya yang kurang atau berlebih. Maksudnya adalah, kebutuhan listrik  pada mobil haruslah sesuai dengan suplai yang diminta. Kebutuhan listrik ini adalah hal yang paten, sehingga tidak bisa ditambah ataupun dikurangi. Pada sebuah mobil, terdapat sebuah komponen yang bernama alternator, fungsi dari komponen ini adalah untuk mengubah tenaga putaran menjadi energi listrik.

Biasanya, energi yang berhasil dikeluarkan oleh alternator adalah sebesar 13 volt hingga 15,2 volt. Apabila pasokan listrik yang didapatkan dari alternator berada pada angka dibawah ataupun di atas angka yang sudah ditentukan, dinamo akan mengalami yang dinamakan Undercharged ataupun Overcharged. Sehingga, hal ini tidak bisa dianggap sebagai hal sepele. Karena, apabila mobil dibiarkan dalam kondisi tersebut dalam waktu yang lama, mobil bisa saja mengalami mogok dan aki rusak, sehingga harus secepatnya ditangani sebelum terlambat.

Dibaca Juga: Penyebab Aki Mobil Tiba Tiba Tekor dan Cepat Sekali Habis

Akumulator Mobil Soak Bisa Sebabkan Konslet Listrik

Seperti yang diketahui bahwa listrik adalah bagian yang cukup penting dalam sistem kelistrikan mobil. Sehingga apabila terjadi konslet listrik, banyak komponen yang juga akan mengalami masalah. Salah satunya seperti kondisi dari pengisian daya yang tidak pada akumulator. Pengisian yang tidak sesuai ini akan bisa menyebabkan akumulator menjadi soak dan terjadilah konslet listrik.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Tanda yang diberikan biasanya adalah lampu indikator yang terus menyala, padahal biasanya lampu ini akan mati saat mesin sudah dijalankan. Yang menunjukkan bahwa pengisian listrik berhasil dan tidak terjadi masalah pada aki mobil. Apabila lampu indikator pada aki ini tetap menyala dan kemudian mati setelah mesin hidup, Anda tetap dianjurkan untuk mengecek komponen mobil terutama pada bagian kelistrikan mobil karena itu adalah hal utama.

Kabel Aki Mobil Berkarat Atau Longgar

Penyebab indikator aki nyala yang selanjutnya tetap tidak jauh-jauh dari masalah aki mobil. Setelah masalah yang terjadi pada sistem listrik mobil, sistem pengisian, hingga konslet listrik, kini penyebab selanjutnya adalah pada aki yang berkarat ataupun longgar. Apabila Anda sudah mengecek semua komponen pada mobil, tetapi tidak menemukan masalah pada komponen tersebut, hal terakhir yang bisa menjadi penyebab adalah pada aki ini. Kemungkinan besar yang terjadi adalah kabel aki yang berkarat ataupun longgar, biasanya kabel yang berkarat ini juga bisa menyebabkan sel baterai yang terdapat dalam aki rusak.

Sehingga untuk mengetahui masalah secara pastinya, akan lebih baik apabila Anda membawanya ke bengkel dokter mobil Indonesia. Hal ini dikarenakan bengkel Dokter Mobil adalah salah satu tempat servis Kelistrikan mobil yang sudah terpercaya dan profesional. Sehingga dengan membawanya ke bengkel ini, mobil Anda bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat dan tidak mendapatkan dampak buruk.

Solusi Untuk Mengatasi Lampu Indikator Aki Nyala

Setelah mengetahui tentang penyebab dari lampu indikator aki nyala , tentunya Anda juga mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa solusi yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi lampu indikator aki menyala. Dalam hal ini, akan terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  • Cara pertama, indikator aki nyala bisa disebabkan karena adanya masalah pada dinamo alternator. Apabila komponen ini mengalami aus, maka solusinya adalah Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Karena Dinamo Alternator yang sudah Soak jika tidak segera diganti bisa menyebabkan adanya konslet listrik.
  • Cara mengatasi indikator aki nyala selanjutnya adalah cobalah sering melakukan pengecekan pada aki secara rutin dan berkala. Hal ini dikarenakan, aki adalah bagian yang cukup krusial dalam mesin mobil, sehingga apabila terjadi masalah seperti aki eror, tentu akan bisa mempengaruhi lampu indikator ini. Aki juga memiliki batas usia dalam pemakainya, sehingga perlu dilakukan perawatan dan juga penggantian untuk membuat aki tetap bekerja secara maksimal. Untuk melakukan pengecekan pada volume aki Anda bisa melakukan pengecekannya dengan menggunakan aki basah.
  • Selain merawat aki, hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah penyimpanan listrik yang terdapat pada aki mobil. Untuk merawat penyimpanan listrik ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah rajin memanaskan mobil setidaknya 15 menit setiap seminggu sekali atau 10 hari sekali. Mobil yang jarang dipakai dan tidak pernah dipanaskan akan mengurangi pasokan listrik yang terdapat pada akinya sekitar 3% dari pasokan yang seharusnya. Selain memanaskan mobil di garasi, akan lebih baik untuk membawanya berkeliling sebentar guna tetap memasok pengisian listrik pada aki agar terhindar dari aki eror.
  • Solusi indikator aki nyala berikutnya adalah dengan mengecek aki apabila mengalami Undercharged ataupun Overcharged. Ada dua cara untuk mengetahui masalah ini, pertama apabila aku mengeluarkan panas yang berlebih ataupun tutup aki mengeluarkan air mengartikan bahwa aki mengalami Overcharged. Sedangkan apabila aki tidak panas, justru aki mengalami Undercharged, untuk mengatasi Undercharged ini, Anda perlu mematikan semua beban listrik terlebih dahulu.

Dengan tetap menjaga kondisi kesehatan dari aki, maka kinerja aki akan bisa menjadi lebih optimal dan tetap prima. Dengan hal itu, maka diharapkan bahwa kondisi aki yang optimal bisa mengatasi masalah indikator aki nyala.

Servis Rutin Di Bengkel Dokter Mobil

Selain rajin melakukan pengecekan pada indikator aki nyala dan juga komponen mobil, hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah melakukan servis rutin untuk menjaga mobil tetap bekerja optimal. Selain itu, pada beberapa kasus terkait masalah aki tidak bisa semuanya ditangani sendiri dan perlu meminta bantuan dari ahli. Sehingga, ada baiknya Anda juga rutin melakukan servis ke bengkel mobil yang sudah profesional seperti bengkel dokter mobil. Disini Anda bisa berdiskusi terkait permasalahan mobil yang Anda alami agar bisa ditangani dengan tepat. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat. Dan anda juga bisa langsung reservasikan mobil anda di link berikut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8922

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *