📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Beberapa Cara Memperbaiki Power Audio Mobil Yang Bisa Anda  Lakukan 

Cara memperbaiki power audio mobil

Cara memperbaiki power audio mobil sebenarnya adalah salah satu hal dasar tentang mobil yang perlu kita ketahui. Hal ini disebabkan, power audio mobil adalah salah satu komponen yang memang mudah mengalami masalah. Penyebab dari masalah power audio yang umum terjadi ini juga cukup beragam . Sehingga cara memperbaiki power audio mobil juga perlu menggunakan beberapa cara.

Power audio adalah salah satu komponen yang cukup penting pada mobil. Power audio pada mobil memiliki kegunaan untuk memperkuat sinyal masukan yang diperoleh dari head unit pada saat kita berkendara. Memiliki berbagai faktor yang bisa menyebabkan kerusakan, power audio terkadang juga bisa mengalami mati total. Penyebabnya antara lain adalah karena salahnya pemasaran konektor dari power suplai yang terdapat di mobil, penyebab lainnya bisa berasal dari sekring utama yang rusak, hingga pemasangan konektor dari power suplai yang kurang rapat.

Cara Memperbaiki Power Audio Mobil Dengan Memeriksa Kondisi Amplifier

Cara memperbaiki power audio mobil

Cara memperbaiki power audio mobil yang pertama perlu Anda  lakukan adalah dengan memeriksa kondisi dari amplifier mobil. Apabila kondisi dari amplifier mobil terasa terlalu panas pada saat disentuh, maka hal itu bisa dikarenakan kurangnya aliran udara pada amplifier ataupun terdapat komponen yang tidak cocok.

Solusi yang bisa dilakukan untuk masalah ini adalah dengan memindahkan amplifier mobil ke tempat lain yang memiliki aliran udara yang lebih banyak. Apabila masalah yang terjadi ini masih tetap berlanjut, maka Anda  bisa mengatasinya dengan memberikan pendingin pada amplifier mobil guna memperpanjang masa dari operasional mesin.

Lakukan Pengecekan Terhadap Kabel, Sekring, Dan Juga Terminal

Cara memperbaiki power audio mobil yang mati selanjutnya adalah dengan mengecek kabel, sekring, dan juga terminal mobil. Anda  harus selalu memperhatikan kebersihan dan juga keamanan dari setiap port yang terdapat di dalam amplifier. Karena port ini juga akan memiliki pengaruh terhadap power audio mobil Anda .

Pastikan jika semua bagian atau komponen yang disebutkan tadi tidak terguncang. Karena apabila kabel, sekring, juga terminal mengalami guncangan akan bisa menyebabkan ke konsletan terhadap power audio. Selain itu, Anda  juga harus rajin dalam membersihkan kotoran serta debu yang terdapat di dalam amplifier menggunakan kain kering.

Cara Memperbaiki Power Audio Mobil Dengan Memeriksa Tegangan Yang Terdapat Pada Kabel Listrik Amplifier

Hal selanjutnya yang perlu Anda  lakukan sebagai cara memperbaiki power audio mobil adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap tegangan yang ada pada kabel listrik. Untuk melakukan hal ini, biasanya Anda  memerlukan alat bantu pengukur yang bernama multimeter. Multimeter ini berguna untuk mengukur tegangan listrik yang terdapat pada amplifier. Anda  bisa menggunakan red probe yang terdapat pada multimeter untuk memeriksa tegangan yang terdapat pada setiap port amplifier.

Apabila tegangan yang terdapat pada amplifier kurang dari 11 volt pada saat mesin mati, ataupun kurang dari 12 pada saat mesin hidup, bisa dipastikan bahwa terdapat masalah pada kabel internal amplifier. Langkah yang diperlukan untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan membawanya ke tukang servis seperti dokter mobil untuk meminta bantuan dari para ahli yang lebih profesional. Hal ini tidak bisa dilakukan sendiri karena sudah berkaitan dengan masalah kelistrikan yang pastinya butuh tenaga profesional untuk menanganinya.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Memeriksa Ground Yang Terdapat Pada Mesin Mobil

Langkah yang perlu dilakukan untuk cara memperbaiki power audio mobil yang rusak selanjutnya adalah dengan memeriksa Ground mobil. Kerusakan pada power audio mobil ini bisa disebabkan karena tegangan yang cukup rendah pada amplifier sehingga menyebabkan bad grounding. Hal yang bisa menjadi tanda  adanya masalah tegangan ini adalah level dari baterai yang rendah. Sehingga untuk memastikannya, Anda  perlu menyentuh ujung hitam yang terdapat pada multimeter.

Apabila tegangannya lebih dari 0,1 volt, maka hal itu menAnda kan amplifier mulai memasuki mode protect yang dikarenakan bad grounding. Solusi yang paling mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan melepas kabel ground untuk dibersihkan. Setelahnya, pasang kembali kabel tersebut dengan erat agar kabel tidak terguncang.

Cara Memperbaiki Power Audio Mobil Dengan Cara Melepaskan Amplifier Dari Speaker

Cara memperbaiki power audio mobil selanjutnya adalah melepas sambungan speaker kemudian menghidupkan amplifier. Hal ini dikarenakan dengan melepas amplifier kita bisa melihat apakah amplifier telah memasuki mode protect. Apabila hasilnya normal, hal itu berarti masalahnya terdapat pada speaker yang menyebabkan amplifier mati untuk menghindari kerusakan yang mungkin bisa bertambah parah.

Sehingga, untuk memastikan apakah masalah benar-benar berasal dari speaker, Anda  perlu menggunakan multimeter dan mengecek port yang terdapat pada speaker. Dengan demikian Anda  bisa melihat apakah komponen ini benar bermasalah atau tidak. Apabila tegangannya berada di bawah 12 volt, maka sudah bisa dipastikan bahwa komponen ini bermasalah.

Langkah Terakhir Dengan Melepas Amplifier Dari Head Unit

Cara terakhir yang diperlukan untuk cara memperbaiki power audio mobil yang rusak adalah dengan melepas amplifier mobil dari head unitnya. Cara untuk melakukan pengecekannya juga sama, yaitu jika amplifier tetap bisa menyala dengan normal, hal ini menunjukkan masalahnya terdapat pada head unit. Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki power audio pada saat berada di mode protect memang cukup sulit.

Oleh karenanya, akan ada kalanya jika kondisi dari protect amplifier ini lebih baik ditangani langsung oleh teknisi yang sudah ahli dan profesional. Hal ini karena tidak semua cara memperbaiki power audio mobil bisa dilakukan sendiri. Selain bertujuan agar masalah bisa diselesaikan dengan benar dan tepat secara baik juga untuk menghindari kerusakan yang lebih parah dan membahayakan.

Tempat terpercaya dan profesional yang bisa Anda  percaya untuk setiap masalah kendaraan Anda  adalah di bengkel dokter mobil. Bengkel Dokter Mobil adalah salah satu bengkel besar dan terpercaya yang ada di Indonesia. Sebagai bengkel ahli mesin mobil dan kelistrikan yang ditangani oleh para ahli yang profesional. Semua masalah mobil Anda  akan bisa ditangani dengan tepat dan cepat disini. Tanpa takut terjadinya kesalahan penanganan, selain itu di bengkel dokter mobil mereka juga memberikan garansi pada setiap pelayanan yang diberikan.

Memiliki banyak pekerja yang sudah ahli serta profesional di bidangnya, bengkel mobil bisa menjadi tempat servis yang berkualitas dan dapat dipercaya. Disini, Anda  bukan hanya bisa melakukan servis mobil, tetapi juga bisa berdiskusi terkait permasalahan mobil yang sedang Anda  alami. Tapi, bagaimana bisa menemukan bengkel dokter mobil? Bengkel dokter mobil ini sudah ada di beberapa kota besar yang ada di Indonesia. Mereka sudah banyak tersebar, salah satunya adalah seperti di daerah Jakarta dan juga Surabaya. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat. Dan anda juga bisa langsung reservasikan mobil anda di link berikut.

Dibaca Juga: 20+ Daftar Cabang Bengkel Terdekat di Kota Anda 2022

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan terkait cara memperbaiki power audio mobil yang rusak, semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda  dalam mengatasi permasalah pada mobil. Hal yang paling penting yang perlu Anda  lakukan terkait permasalahan ini adalah jangan pernah mengabaikan kerusakan sekecil apapun yang mobil Anda  alami, dan rajinlah untuk memeriksa kondisi mobil Anda  serta membersihkannya.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!